ACT OF VALOR : NAVY SEALS WITH THE REAL DEAL

ACT OF VALOR

Sutradara : Mike McCoy, Scott Waugh

Produksi : Bandito Brothers, Relativity Media, 2012

Di tengah mentoknya ide-ide pembuat film di Hollywood, sesekali, ide baru datang juga. Biarpun landasan dalam plotnya tak baru, inovasi-inovasi ini kadangkala terasa sangat menarik. Anda mungkin sudah mendengar dari promo-promonya, bahwa ‘Act Of Valor’, sebuah military action yang mampu mencuri perhatian di box office dalam peredarannya di AS, menjual aksi militer dari tim US Navy SEALs dan US Navy Special Warfare Combatant Crewmen mereka dengan pemeran-pemeran asli yang masih aktif bertugas. Namun ini bukanlah sebuah mockumentary dalam trend yang tengah marak sekarang, tapi digagas murni sebagai sebuah fiksi. Semua berawal dari kiprah duo produser-sutradara Mike McCoy & Scott Waugh yang membuat dokumenter tentang kesatuan itu, hingga akhirnya ide mereka membuat film aksi dengan supervisi langsung mendapat lampu hijau walaupun dengan beberapa persyaratan khusus.

Dari ‘Navy SEALs’ (1990) yang lebih berkelas hingga ke film-film kelas C seperti ‘US SEALs‘ yang entah sudah dibuat sampai sekuel  keberapa, inovasi ini memang belum pernah ada dalam skup film fiksi, dan gagasan Mike-Scott membuat adegan-adegan aksinya bisa dihadirkan dengan autentisitas lebih mulai dari persenjataan yang kabarnya menggunakan amunisi-amunisi asli, teknik operasi sampai peralatan berat lain dari boat sampai helikopter, hingga ke lokasi-lokasi yang menggunakan training camp asli mereka. So untuk itulah ‘Act Of Valor’ dibuat. Untuk menghadirkan adegan-adegan aksi yang autentik, dan bagi kesatuannya sendiri, ini merupakan media promosi perekrutan yang ampuh. Don’t mind the plot and the acting, berikut juga pesan perdamaian dan sebuah tribute bagi anggota mereka yang gugur di tragedi 9/11, yang sudah jelas bukan menu jualannya. Mereka memang tak disiapkan untuk jadi aktor, karena persyaratan dari petingginya sendiri sudah menarik garis batas jelas. Tak ada satupun pemeran utama yang merupakan marinir asli yang masih aktif bertugas ini yang namanya boleh dikreditkan dalam publikasi demi menjaga rahasia militer negaranya. Whoa!

Sebuah bom yang meledak di Filipina menewaskan ratusan anak-anak bersama dutabesar AS disana. Pelakunya, teroris Abu Shabal (Jason Cottle), kemudian berhasil melarikan diri menuju Ukraina. Sementara di Costa Rica, agen CIA Morales (Roselyn Sanchez) yang menyamar sebagai dokter bersama agen Walter Ross (Nestor Serrano) tengah menyelidiki penyeludup narkoba Mikhail ‘Christo’ Troykovich (Alex Veadov) yang dicurigai merupakan kontak Abu Shabal. Misi CIA yang tercium oleh Christo membuat Walter terbunuh dan Morales disiksa dan disekap di sebuah camp. Tujuh marinir dari Bandito Platoon pimpinan senior officer Miller kemudian diterjunkan untuk usaha penyelamatan. Dua anggotanya yang paling tangguh, Letnan Rorke dan Sersan Dave yang memimpin penyerbuan berhasil menyelamatkan Morales, namun misi mereka belum berakhir disini. Christo dan Abu Shabal ternyata tengah merancang misi jihad bom bunuh diri di AS dengan penggunaan rompi anti screening berisi peluru keramik dan peledak berkekuatan tinggi. Maka selagi Miller memburu Christo yang hendak melarikan diri bersama keluarganya di sebuah kapal pesiar pribadi, Rorke, Dave dan anggota lainnya berbagi tugas dari transaksi senjata di Somalia hingga bekerja sama dengan ‘Mexican Special Forces’ menghentikan Abu Shabal bersama 6 pembom bunuh diri yang hendak menyeberang lewat perbatasan Meksiko lewat bantuan sebuah kartel narkoba setempat yang sulit untuk ditembus. Darah, nyawa dan pengorbanan pun menjadi sebuah code of honor dalam tugas mereka menyelamatkan dunia, seperti penggalan sebuah puisi yang dibacakan lewat narasi Dave, ‘sing your death song, and die like a hero going home’. An act of valor.

Melanjutkan trend pembuatan film dengan kamera DSLR Canon EOS 5D Mark II yang sedang marak dan (kabarnya) sangat menghemat bujet produksi, ‘Act Of Valor’ hadir sesuai dengan janjinya. Adegan aksi operasi militer dengan autentisitas tinggi itu muncul dengan style shaky-cam yang intens dalam durasi nonstop meninggalkan sempalan dramatisasi plotnya yang terasa mentah dibalik akting amatir, karakterisasi seukuran jari dan klise-klise yang sulit dihindari dalam genre sejenis. Tapi memang ini merupakan dayatarik utama di tengah jualannya sebagai film aksi tentang heroisme dan promosi perekrutan US Navy yang semakin ditekankan lewat penggunaan narasi awal dan akhir yang cukup menyentuh dan sangat mungkin membuat penonton-penonton muda di negaranya ikut merasa tergerak. Paling tidak, penampilan marinir-marinir asli yang seolah tak lagi berakting dalam menu aksi utama itu benar-benar terlihat meyakinkan. Terlebih bila Anda benar-benar mengerti seluk-beluk militer, tampilan set dan sejumlah atribut militernya pun akan membuat feel itu tambah asyik lagi. Usaha penyelamatan yang digelar secara bertingkat menuju sebuah showdown ala ‘Black Hawk Down’ di tengah serbuan kartel narkoba Meksiko itu juga muncul seru dipenuhi pacuan adrenalin yang cukup eksplosif. So be it. Apapun alasannya, duo Mike McCoy dan Scott Waugh sudah bekerja sangat baik dalam menyajikan potret asli heroisme yang serasa membawa kita kembali ke style film-film aksi 80 hingga 90an yang tak punya tendensi sampingan untuk membuat penontonnya berpikir lebih. Sebuah eksekusi murni dan back to basic sesuai genre-nya yang bisa dinikmati dengan maksimal asalkan Anda tak datang dengan ekspektasi yang salah. Seperti tagline-nya, ‘Real Heroes, Real Tactics and Real Action’, this is Navy SEALs, with the real deal. (dan)

About these ads

~ by danieldokter on April 3, 2012.

2 Responses to “ACT OF VALOR : NAVY SEALS WITH THE REAL DEAL”

  1. [...] Act Of Valor [...]

  2. very good

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,275 other followers

%d bloggers like this: