HOW TO TRAIN YOUR DRAGON

HOW TO TRAIN YOUR DRAGON : PLAY A LITTLE PHYSICS, RIDE THE DRAGON AND RULE THE WORLD!

Just when you think the show is over dengan Avatar dan Alice In Wonderland, kini bersiaplah menuju Berk, sebuah pulau di dunia masa lalu yang dipenuhi perang tanding Vikings vs Dragons . Indonesia yang mendapat kehormatan untuk menikmati semacam sneak preview versi 3-Dnya setelah Rusia sebelum animasi terbaru Dreamworks ini dirilis worldwide tanggal 26 nanti sayangnya tak didukung dengan promosi melimpah seperti produksi-produksi Dreamworks sebelumnya, KungFu Panda, Madagascar atau Shrek. Antusiasme penonton pun tak terlihat memenuhi hall, termasuk di Medan dimana posternya saja tak terpampang di display. Hanya ada potongan kecil display gantungnya disana. Namun ada sedikit catatan, tak seperti biasanya dimana subtitle masih jadi kendala untuk menikmati tontonan 3-D, How To Train tampil dengan subtitle, yang kenyataannya jadi sedikit mengganggu kenikmatan menikmati visualnya secara keseluruhan. But I guess this is what everybody wants.

However, let’s get on with the plot. Animasi yang diadaptasi dari serangkaian novel tahun 2003 karya Cressida Cowell tentang petualangan putra kepala suku Viking bernama aneh, Hiccup (disuarakan Jay Baruchel), ini memulai kisahnya dari sekumpulan naga dalam berbagai subspesies yang kerap menyerang perkampungan Viking di pulau bernama Berk. Berbeda dengan Sang Ayah yang gagah perkasa, Stoick (Gerald Butler), Hiccup hanya punya ambisi besar namun tak dialiri darah brutal para viking. Hingga suatu ketika ia berhasil menembak jatuh seekor naga dari spesies Night Fury yang langka dan berbahaya dengan kanon pengikat, semuanya berubah. Hiccup yang selama ini diremehkan dalam Dragon Training oleh rekan seangkatannya, termasuk Astrid (America ‘Ugly Betty’ Fererra), cewek remaja pemberani, seketika menjadi bintang karena berhasil menjinakkan naga-naga tawanan yang dijadikan bahan latihan mereka. Persahabatannya dengan Toothless, naga terluka itulah yang membuat Hiccup bisa leluasa mengeksplorasi kelemahan naga-naga yang lain. Hiccup yang lebih memiliki otak encer ketimbang otot itu pun menyelamatkan Toothless dengan penemuan-penemuan fisikanya dan menjadi penunggang naga Viking pertama, hingga akhirnya memancing murka Sang Ayah bersama seluruh sukunya. Toothless kemudian ditangkap sebagai umpan para Viking untuk menyerbu sarang naga, dimana seekor ratu naga raksasa berkuasa atas naga-naga yang lain disana. Sekarang, dengan resiko apapun, Hiccup bersama Astrid dan para pendukungnya harus mengakhiri perang yang bisa mengancam kelangsungan generasi mereka.

Chris Sanders dan Dean DeBlois, dua sineas pentolan co-writer dan director franchise Disney, Lilo And Stitch, kini hijrah ke Dreamworks untuk membesut How To Train Your Dragon dengan efek animasi 3-D yang muncul sangat menakjubkan seolah menaiki rollercoaster raksasa berkecepatan tinggi dilengkapi visual yang luarbiasa sebagai eyecandy. Di tangan mereka, plot sederhana tadi dirangkai menjadi sebuah tontonan segala umur yang mengalir lancar, lucu, sekaligus seru. Tampilan Toothless dengan gerakan mata yang sangat berbicara seperti Wall-E walau keseluruhan tampangnya mirip seperti Pokemon creature itu merupakan satu nilai plus yang membangun chemistry kompak, lucu namun juga menyentuh dengan kecanggungan karakter Hiccup. Lantas inilah highlight sebenarnya. Sebut semuanya; ketakjuban kita saat menyaksikan Star Wars’ Pod Race, Avatar & Reign Of Fire’s Dragon Riots, Alien’s Freaky Monster’s Nest, Top Gun’s Dog Fight, Starship Troopers’ Spectacular Battleground, Gladiator’s Fastpaced Arena, hingga Superman or E.T.’s Romantic Flying Scene, semua seakan terulang lagi disini dalam metafora adegan berbeda dan membawa kita ke sebuah petualangan dan sensasi baru dunia animasi 3-D. So get yourself ready, fasten your seat and Ride On! Yii-Haaaaaa! (dan)

~ by danieldokter on May 22, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: