IRON MAN 2

IRON MAN 2
Sutradara : Jon Favreau
Produksi : Marvel Ent & Paramount Pictures, 2010

Setelah lama ditunggu dengan banyak kabar perombakan kru inti, karakter superhero yang merupakan jawaban Marvel terhadap Batman dari pesaingnya, DC Comics ini, memperoleh sukses besar di tahun 2008 lalu. Di luar hype Dark Knight yang memunculkan standar baru film superhero ke wilayah yang lebih serius, gelap serta dewasa, sutradara mantan komedian Jon Favreau berhasil meracik formulanya dengan tetap mengedepankan faktor fun yang seru ala film superhero umumnya, serta setia pula pada pakem komik dan karakter aslinya. Maka seperti biasa, ekspektasi penonton pun menjulang tinggi pada sekuel yang menjadi pembuka summer blockbuster tahun ini. Peran sentral sang milyuner urakan namun jenius, tetap dibawakan oleh Robert Downey, Jr sebagai bagian dari proyek The Avengers tahun 2012 nanti dimana Marvel bakal menyatukan franchise superhero mereka ke dalam satu film.

Iron Man 2 masih melanjutkan film pertamanya, dimana Tony Stark (Downey) tetap tak segan mengklaim identitas superheronya dalam rangka menciptakan perdamaian dunia. Namun kesombongan Stark yang mulai kelimpungan atas efek samping palladium yang mulai menggerogoti kondisinya kali ini mendapat tantangan dari lawan bisnisnya, Justin Hammer (Sam Rockwell), yang bekerjasama dengan Ivan Vanko alias Whiplash (Mickey Rourke),jenius Rusia dengan dendam dua generasi yang mengadaptasi kekuatan palladium Iron Man dengan dua cambuk listrik yang sangat kuat. Belum lagi usaha agen-agen rahasia S.H.I.E.L.D pimpinan Nick Fury (Samuel L. Jackson) dengan agen Natalie Romanova aka Black Widow (Scarlett Johansson) yang disusupkan memata-matai Stark yang ingin ditarik ke satuan itu. Bersama sekretaris setianya, Pepper Potts (Gwyneth Paltrow) dan sang sahabat, Kolonel Rhodes (kali ini diperankan Don Cheadle menggantikan Terrence Howard yang digeser karena meminta honor lebih dari pemain lainnya), yang muncul mengambil alih kostum War Machine ciptaannya, Stark pun harus memutar otak lebih keras lagi dengan kejeniusan teknologi dan rahasia masa kecilnya untuk menghadapi Whiplash.

Seperti Downey yang selalu kelihatan terlalu asyik memasuki karakter-karakter nyeleneh yang hampir sama dengan karakter nyatanya seperti dalam Sherlock Holmes, Favreau kali ini memang terlihat sedikit keluar jalur dengan faktor fun yang kelewat berlebih dari sisi eksplorasi komediknya sampai-sampai ikut memerankan Happy, supir Stark dan menampilkan komedian lawas Garry Shandling. Walau tetap lucu dan menjadi scene-stealer, serta terlihat semakin menjelaskan karakter Stark yang memang urakan seperti di komiknya, mau tak mau sisi ini sedikit banyak mengurangi intensitas adegan-adegan aksi yang dihadirkan. Selain adegan klimaks yang berlangsung kelewat singkat plus adegan-adegan dibalik helmet yang sebenarnya juga ikut menurunkan tensinya, Don Cheadle juga kelihatan tak bisa menyaingi kharisma Howard serta chemistrynya dengan Downey di film sebelumnya. Apa boleh buat, sekuel yang ditunggu ini pun hanya menyisakan pameran efek yang tetap wah, interaksi Downey dengan Paltrow yang semakin kuat di sisi love-interest sang superhero, tampilan sekelebat karakter Black Widow Scarlett Johannson yang menghentak, serta faktor fun yang cukup eksplosif sebagai sebuah blockbuster musim panas. Oops, dan satu lagi, full soundtrack dari band metal 80an AC/DC yang sama menggelegarnya. Namun untuk sebuah sekuel yang lebih menjanjikan dari pendahulunya, mungkin kita harus bersabar menunggu penyatuan formasi tadi dalam The Avengers. Satu tips, mungkin jauh lebih enak untuk menyaksikan versi digitalnya dengan gambar dan sound yang lebih jernih namun hanya hadir di beberapa kota besar itu. O ya, dan jangan tinggalkan bioskop sebelum guliran end creditsnya berakhir (meski kebanyakan bioskop kita suka memotongnya) karena ada sedikit kejutan ala Marvel seperti biasanya disana. (dan)

~ by danieldokter on May 22, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: