THE TWILIGHT SAGA : ECLIPSE

THE TWILIGHT SAGA : ECLIPSE

Sutradara : David Slade

Produksi : Summit Entertainment, 2010

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya atas kemenangan best picture di MTV Movie Awards untuk bagian kedua adaptasi novel bestseller yang sudah berkembang dengan sebutan ‘Saga’ demi menunjukkan ke-raksasa-annya di perolehan box office, penjualan novel dan animo fansnya. Jadi jangan coba menanyakannya – atau malah mencaci New Moon, sekuel kedua yang banyak dicaci dan dituding atas ikonik gay, hanya mempertontonkan cowok-cowok tegap bertelanjang dada, berwajah cantik, lebay atau apalah itu,  setelah kesuksesan film pertamanya yang justru banyak memperoleh pujian, kepada para twilighters atau twihards – sebutan untuk para fans fanatiknya. Sadari saja –suka atau tidak-, kalau franchise yang mengisahkan kisah cinta di tengah seteru dua kaum monster rekaan Stephanie Meyer ini, memang sudah berhasil menciptakan gelombang besar di dunia entertainment.

Menjelang kelulusan mereka, konflik cinta segitiga antara sang vampir, Edward Cullen (Robert Pattinson)-Bella Swan (Kristen Stewart) dan Jacob Black (Taylor Lautner), sang manusia srigala, masih terus memuncak, dan semakin dibuat runyam oleh ambisi Victoria (Bryce Dallas Howard), vampir wanita yang kini mengumpulkan sepasukan vampir-vampir baru menebar teror pembunuhan misterius untuk membalas dendam kematian kekasihnya dahulu di tangan Edward. Ditambah dengan campur tangan klan Volturi, klan vampir terkuat, keluarga Cullen terpaksa membuat kesepakatan untuk berkolaborasi dengan para werewolf atas desakan Jacob demi menyelamatkan Bella. Maka sekali lagi Bella harus dihadapkan pada pilihan hatinya, menerima lamaran Edward untuk menikahinya atau Jacob, sahabat sejak kecil yang mulai menyadarkan Bella atas perasaannya.

Porsi sutradara yang kini berpindah ke tangan David Slade, yang sebelumnya sudah membuktikan sentuhannya pada film bertema vampir, 30 Days Of Night, harus diakui sebagai penyelamatan yang berhasil terhadap kegagalan New Moon bagi penonton non twilighters tempo hari. Penerjemahan plot yang berjalan begitu perlahan dan mendayu-dayu di New Moon dialihkan Slade pada konflik-konflik yang berkembang cukup seru dengan sempalan adegan action dan komedi di tengah-tengah kompromisme kecemburuan Edward menghadapi serangan Jacob yang semakin mendominasi keseluruhan filmnya, tanpa menghilangkan plot dasar sebuah lovestory yang mengharu-biru itu. Akting dan ekspresi para pendukung utamanya juga tak lagi terlihat tanpa jiwa dan mati seperti di New Moon, terlebih pada peran antagonis utamanya, Victoria, yang kini diperankan Bryce Dallas Howard – yang jauh lebih punya nama dari pemeran sebelumnya, Rachelle Lefevre. Oke, buat sebagian penonton yang menganggap franchise ini sebagai sebuah roman picisan penuh dialog cheesy dan menyebalkan (toh sebagian dari mereka terus mengikutinya dengan ikut mengantri di gedung bioskop yang rata-rata penjualan karcisnya ludes terus dengan sukses), Twilight tetaplah Twilight. Tapi di tangan Slade, adaptasi ini sudah sukses memindahkan semua kekurangan New Moon ke sebuah teritori baru yang hadir dengan segudang potensi termasuk tampilan para werewolf yang tak lagi sekedar numpang lewat, sebagai menu wajib sebuah tontonan fantasi, bahkan ditimpali sebagian review kritikus terkenal sebagai instalmen terbaik dari tiga filmnya. Berlebihan atau tidak, I’m not a fans nor against it, tapi memang my personal dislike pada hype R-Patz dan Lautner, dengan tampilan satu tampang pucat berbibir merah dan lainnya jarang pakai baju tapi sama ‘menye2’ itu, membuat saya terpaksa mengalihkan perhatian saya seolah sedang menyaksikan pameran panggung glamrock era 90an, it is at least, untuk bisa menikmati sekuel heboh ini dengan sedikit lebih nyaman serta objektif J. (dan)

~ by danieldokter on June 30, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: