CATS AND DOGS : THE REVENGE OF KITTY GALORE

CATS AND DOGS : THE REVENGE OF KITTY GALORE

Sutradara : Brad Peyton

Produksi : Village Roadshow Pictures, 2010

Tak banyak yang menempatkan ekspektasi tinggi ketika sebuah film keluarga dirilis tahun 2001 lalu. Cats And Dogs, nama film yang dipenuhi bintang-bintang terkenal termasuk Tobey Maguire, Alec Baldwin, hingga bintang legendaris Charlton Heston sebagai pengisi suaranya itu, ternyata berhasil mencetak pemasukan box office 200 juta dolar AS dengan konsep yang benar-benar fresh tentang pertikaian abadi anjing dan kucing, lengkap dengan balutan kisah spy dan gimmicknya hingga gadget ala James Bond. Dengan cukup pintar, Cats And Dogs mengisahkan kiprah anjing dan kucing peliharaan juga memiliki identitas rahasia sebagai agen rahasia dalam menjaga perdamaian binatang peliharaan terhadap dominasi manusia yang jadi majikan mereka. Jadi sebenarnya tak ada alasan untuk tak melanjutkan petualangan fabel modern ini ke sebuah sekuel, apalagi trend 3D yang menjamur sekarang terlihat pas sekali masuk ke dalamnya. Namun 9 tahun agaknya juga terlalu lama untuk mengharapkan feel yang sama tetap melekat di benak penontonnya.

Ketika Kitty Galore (disuarakan Bette Midler), mantan agen rahasia MEOWS, kumpulan agen-agen kucing, keluar jalur dan merencanakan kekacauan global lewat teknologi satelit mutakhir yang akan membuat semua anjing peliharaan menjadi berbahaya dan menyerang manusia, Lou (kini disuarakan Neil Patrick Harris) yang kini sudah menjadi pimpinan agen rahasia anjing, bersama mantan mentornya, Butch (kini disuarakan Nick Nolte) merekrut seekor anjing K-9 yang cekatan milik seorang polisi (Chris O’Donnell) namun susah diatur. Diggs (James Marsden), herder itu, kemudian bekerjasama dengan merpati Seamus (Katt Williams) dan kucing dari MEOWS, Catherine (Christina Applegate) dan Butch untuk meringkus dan menghentikan rencana jahat Kitty, kalau perlu dengan menelusuri sepak terjangnya dari Mr Tinkle (antagonis di film pertamanya ; Sean Hayes) yang kini dikurung bak Hannibal di penjara bersekuritas tinggi.

Lepas dari plot yang tak lagi terasa se-orisinal film pendahulunya berikut rentang waktu yang terlalu jauh sehingga rasa fresh itu keburu pupus, Revenge Of Kitty Galore sebenarnya masih hadir dengan cukup menarik, lengkap dengan semangatnya menghadirkan ensembel cast dan dubber yang rata-rata punya nama termasuk diva oldies Bette Midler dan mantan pemeran 007 Roger Moore untuk mengimbangi Charlton Heston di film pertamanya. Sayang efek 3D-nya yang hadir tak juga kelewat istimewa sehingga dijadikan sasaran empuk untuk menilai tak pada tempatnya. Jadi tak usah heran kalau kebanyakan review yang ada di berbagai media seakan melulu berisi komen negatif. Sekuel ini akhirnya menjadi satu lagi korban keganasan kritikus dan penonton kritis yang melupakan faktor fun akibat melulu dibombardir dengan plot dan penyampaian serius yang sedang jadi trend. Toh lagi, pada akhirnya, tema dan genre seperti ini memang hampir sepenuhnya dialamatkan bagi penonton belia, pencari hiburan serta penyuka pets seperti kucing dan anjing. Kalau Anda memang ada di golongan ini, tak ubahnya The Expendables dengan sasaran penikmat action, tak usah khawatir dengan fun factor-nya. Aksi spionase para anjing dan kucing ini akan tetap bisa memenuhi ekspektasi itu. (dan)

~ by danieldokter on September 1, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: