LEGEND OF THE FIST : THE RETURN OF CHEN ZHEN : MORE DONNIE YEN, PLEASE

LEGEND OF THE FIST : THE RETURN OF CHEN ZHEN

Sutradara : Andrew Lau

Produksi : Media Asia, 2010

Tampang yang kurang rupawan mungkin menjadi batu sandungan bagi seorang Donnie Yen untuk melejit dengan cepat di perfilman negaranya. Sempat unjuk gigi menunjukkan kebolehannya berbaku hantam lewat peran-peran antagonis dan peran sidekicknya dengan aktor-aktor yang lebih dikenal termasuk di Kungfu Master 2-nya Jet Li, sebagai tokoh utama di beberapa film aksi bioskop dan serial yang tak juga terlalu diingat, lantas hijrah ke Hollywood sebagai penata laga dan dalam peran-peran tak berarti di Blade 2 dan Highlander 4. Pasca itu, Donnie kembali ke HK dan tampil dalam Seven Swords dalam scene-scene fight berintensitas jauh lebih luarbiasa dari film-film sebelumnya, dan sejak itu, karirnya kembali melejit, termasuk menggoreskan karir legendarisnya dalam dua sekuel Ip Man. Tahun ini saja, Donnie sudah dijadwal tampil paling tidak dalam 5 film sekaligus.

Legend Of The Fist mengangkat kembali legenda pejuang Cina di tengah penjajahan Jepang, Chen Zhen, yang dulu sempat dipopulerkan oleh Bruce Lee di Fist Of Fury dan Jet Li di Fist Of Legend, yang masih murid tokoh legenda lain Huo Yan Jia, pelopor silat Wu-Jing yang diperankan Jet Li dalam Fearless. Dengan plot sedikit berbeda, Legend bergerak ke beberapa tahun setelah Chen Zhen (Donnie Yen) disangka mati tertembak tentara Jepang. Bersama mantan pasukannya saat perang di Eropa, Chen Zhen menyusun kekuatan baru di Shanghai melawan dominasi penjajah Jepang dibawah pimpinan Kolonel Chikaraishi (Kohata Ryuichi) di balik sosok pahlawan bertopeng ala The Green Hornet/Black Mask. Misinya menghentikan pembunuhan berdasar daftar nama rahasia yang dianggap melawan pemerintah Jepang tak berjalan semudah yang diharapkan dengan masuknya seorang penyanyi bar, Kiki (Shu Qi) ke dalam kehidupannya, sementara Chikaraishi ternyata menyimpan dendam pribadi pada Chen Zhen.

Diawali dengan opening scene yang sangat menghentak menunjukkan kemampuan laga Donnie dengan maksimal di tangan sutradara pembesut trilogi Infernal Affairs, Andrew Lau, plot Legend yang seolah tampil bak sebuah adaptasi komik superhero ala Batman dibalik sejarah penjajahan Jepang di Cina dan setting artistik Shanghai kuno sebenarnya sudah tampil benar-benar solid hingga ke paruh film. Karakter demi karakter yang dimunculkan juga bisa terhandle tanpa percuma, termasuk karakter polisi pengecut yang diperankan oleh Huang Bo, yang muncul sebagai scene stealer. Sayang, usaha Andrew menyempilkan serangkaian komedi, lovestory, hingga bagian-bagian untuk membuat Chen Zhen terlihat lebih manusiawi kemudian malah menjadi sebuah letdown yang menurunkan intensitas adegan laga dan atmosfer superhero Asia yang sudah dibangun mantap sejak awal. Klimaks yang mengembalikan pakemnya ke pertarungan legendaris Chen Zhen melawan puluhan algojo di dojo Jepang sebenarnya sudah bisa sedikit mengobati kekurangan itu, namun pacuan adrenalin yang sudah kian memuncak itu kembali diturunkan dengan adegan pertarungan satu lawan satu yang terasa kelewat singkat tanpa shot-shot yang benar-benar detil dan malah mencampuradukkan adegan flashback yang klise. Apa boleh buat, rangkaian dua film aksi modern Donnie, Sha Po Lang (SPL) dan Flashpoint ternyata masih tetap menjadi show of force terbaiknya yang belum bisa dikalahkan oleh film-film laga kuno Donnie yang lain. Tidak oleh Ip Man, dan tak juga yang satu ini. But for sure, that doesn’t mean we don’t want more of his bloody fists to come. (dan)

~ by danieldokter on September 25, 2010.

2 Responses to “LEGEND OF THE FIST : THE RETURN OF CHEN ZHEN : MORE DONNIE YEN, PLEASE”

  1. […] danieldokter пишет: Bersama mantan pasukannya saat perang di Eropa, Chen Zhen menyusun kekuatan baru di Shanghai melawan dominasi penjajah Jepang dibawah pimpinan Kolonel Chikaraishi (Kohata Ryuichi) di balik sosok pahlawan bertopeng ala The Green … […]

  2. mantap reviewnya kakak.. lanjutkan update reviewnya. Ditunggu review2 terbarunya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: