RED : ULTIMATELY EXPLOSIVE!!

RED

Sutradara : Robert Schwenke

Produksi : Summit Entertainment, 2010

Hey, Anda-anda yang kecewa atas penampilan Bruce Willis di Expendables hanya sebagai cameo kini bisa sedikit terobati dengan penampilannya disini, yang membawa serta ‘unlikely team’-nya sendiri. Diangkat dari komik terbitan DC karya Warren Ellis dan Cully Hamner, RED (singkatan dari Retired : Extremely Dangerous), menampilkan sebarisan jago-jago tua dalam barisan ensembel cast yang, meski namanya tak se-action aktor-aktor Expendables, namun muncul dalam racikan yang sama eksplosifnya. So, comics aren’t all about superheroes, dan ada pula pakem yang mirip dengan komik-komik aksi sebagaimana juga The Losers. Selain seru, juga penuh intrik untuk membangun plot komikal yang tak berjalan linear.

Hubungan jarak jauh yang dijalin seorang mantan agen CIA, Frank Moses (Willis) dengan Sarah (Mary Louise-Parker), mendadak kacau balau saat Moses menyadari dirinya disatroni oleh agen-agen CIA di bawah pimpinan agen Cooper (Karl Urban) yang berniat membunuhnya. Moses terpaksa membawa Sarah dalam pelariannya, sekaligus menyelidiki latarbelakang penyerangan ini sambil menyambangi rekan-rekan masa lalunya yang juga dicurigai terlibat di dalamnya. Ada Joe (Morgan Freeman) yang tengah dirawat di sebuah pusat rehabilitasi lansia akibat penyakitnya, Marvin (John Malkovich) yang obsesif-kompulsif, serta Victoria (Helen Mirren), sniper tua tangguh. Di bawah kejaran Cooper, mereka kembali mengeluarkan keahlian masing-masing untuk mengungkap konspirasi lama di lembaga intelijen itu, dan sasarannya juga tak main-main, menculik Wakil Presiden AS demi memancing targetnya keluar hidup-hidup!

Muncul tanpa promosi berlimpah seperti The Expendables, RED yang dimulai dengan atmosfer sedikit komedik langsung memberondong penontonnya dengan amunisi action modern yang terasa sangat komikal. Namun di balik plotnya yang penuh konspirasi itu, yang sebenarnya juga tak menawarkan suatur racikan baru dalam dunia adaptasi komik, adalah sebuah chemistry ampuh yang sangat menonjol diantara ensembel cast yang juga bukan aktor main-main ini. Ada Willis, Freeman, Malkovich, plus Mirren, Brit’s Oldflower yang kali ini menunjukkan ketangguhan luarbiasa dibalik tampilannya yang seperti biasa, elegan, sampai aktor-aktor oldcrack macam Richard Dreyfuss, Brian Cox hingga Ernest Borgnine yang lama tak muncul dan sudah sangat menua. Kekuatan chemistry itu masih lagi dipoles Robert Schwenke, sutradara yang sebenarnya belum pernah teruji menyajikan sebuah action seru, dengan adegan-adegan action yang luarbiasa menggelegar. Selagi Stallone dkk bermain-main dengan tampilan botox yang jelas untuk menghindari garis tua di wajah mereka, ensembel cast RED justru tampil apa adanya, dengan fisik termakan usia, namun di beberapa sisi terasa jauh lebih tangguh ketimbang serdadu-serdadu bayaran yang terkesan ‘no-brainer’ itu. Plus soundtrack yang sangat mendukung dan humor kental yang sama sekali tak jatuh ke status garing, inilah sebuah extravaganza yang menawarkan sebuah kesegaran baru dalam genre action. Seperti muntahan amunisi dan ledakan demi ledakan yang mengalir di sepanjang menitnya, RED is ULTIMATELY EXPLOSIVE! (dan)

~ by danieldokter on October 27, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: