AKU ATAU DIA? : A SEQUEL TO THE HILARIOUS INDONESIAN ROM-COM, HEARTBREAK.COM

AKU ATAU DIA?

Sutradara : Affandi Abdul Rachman

Produksi : One Star Productions, 2010

Ada yang bilang, membuat film action atau horror itu kerjaan mudah. Kalau action, cukup dengan ledakan, tembakan plus koreografi fighting memadai, sudah pasti seru, sementara di horror, cuma perlu make-up, kostum dan set yang menakut-nakuti, maka jadilah. Tentu tak sepenuhnya benar, namun benar juga kalau genre lainnya, komedi romantis, memerlukan kecermatan lebih dari sekedar itu. Ada faktor chemistry dan pas-tidaknya peran, yang bermain sebagai faktor utama kesuksesannya dibalik cerita yang sudah pasti penuh dengan proses ‘Boy Meets Girl’ yang klise. Nah, kalau rom-com itu masih ditambah lagi dengan permainan, yang belakangan ini semakin menjamur, sebuah ensembel cast, tapi bukan seperti Valentine’s Day atau He’s Just Not That Into You, melainkan karakter-karakter sampingan yang diperlukan untuk menambah unsur komedinya agar jadi seimbang dan utuh sebagai sebuah rom-com, wah, saya rasa itu jauh jadi lebih sulit. Namun disinilah kemampuan seorang Affandi Abdul Rachman, sutradara yang baru membesut dua film dengan kelebihan ekstra, Pencarian Terakhir dan part awal film ini, Heartbreak.com, terlihat semakin teruji. Seperti yang sudah pernah saya sebut sekilas di review Heartbreak, bahwa Affandi, memang tak asal-asalan menonjolkan gelar kelulusannya di luar negeri seperti, sebutlah, KK Dheeraj. Kalau dalam Heartbreak ia mengambil trik promosi viral marketing, kali ini, masih berhubungan juga dengan dunia maya, sebuah situs forum bertitel http://www.ceritamu.com diset untuk keperluan itu. Dan kecermatan itu juga semakin lengkap kala sebagian karakter dari film pertamanya kembali mengulang peran sukses mereka disini, plus Omesh yang begitu bersinar sebagai scenestealer di Heartbreak.com, dalam gelaran sebuah kasus baru yang harus dihadapi birojasa unik ala agen rahasia penuh dengan konspirasi ini.

Novi (Julie Estelle) yang tak bisa menerima keputusan kekasihnya yang sudah dipacarinya selama 4 tahun, Dafi (Rizky Hanggono) untuk putus dengan alasan meniti karirnya sebagai pengacara partner di sebuah firma hukum milik Amara (Aline Adita) , secara kebetulan menemukan solusi yang ditawarkan dari sebuah iklan. Heartbreak.com, birojasa pimpinan Elza (Sophie Navita) itu pun lantas mengatur siasat untuk menyatukan kembali Novi dengan Dafi. Dengan teamleader Rama (Fedi Nuril), mantan anggota mereka yang di-set menjadi kekasih baru Novi, plus bantuan kerabat Novi sendiri, Wawan (Omesh), Asep (Ringgo Agus Rachman) dan Teh Pipit (TJ), sebuah permainan baru pun dimulai, namun kebersamaan singkatnya dengan Novi agaknya membuat Rama mulai tak konsisten dengan tugasnya.

Oke, kalau dalam Heartbreak.com kemunculan tim yang beraksi bak Mission:Impossible ini cukup ditampilkan sekilas mewarnai plot lovestory yang dirangkai tiga peran utamanya, maka di sekuelnya kesempatan untuk menelusuri lebih luas sepak terjang mereka bisa sudah selayaknya mendapat porsi lebih besar tanpa harus mengorbankan twist cara kerja yang sudah digelar di Heartbreak.com, namun disini juga kecermatan Affandi sangat terlihat, karena porsi lovestory itu tak juga jadi blur, melainkan semakin kontras sebagai suatu sinergisme yang utuh, lengkap pula dengan banyolan over dari duet penuh chemistry Omesh-Ringgo yang juga semakin mendominasi porsi komedi sintingnya. It’s really been a while bagi seorang Ringgo untuk bisa tampil dengan lelucon fresh seperti di awal-awal karirnya, dan duetnya bersama Omesh ternyata bisa kembali membangkitkan kembali kelucuan itu ketimbang kombinasi-kombinasi terakhirnya dengan komedian lain. Disitulah letak kelebihan utama sekuel ini, dimana bukan lagi chemistry antar karakter yang mengambil peran itu, namun sebuah chemistry dari tiga bagian yang saling mendukung satu sama lain dengan begitu cemerlang, bahkan dari karakter-karakter sampingan seperti Ferdy (Edo Borne), Ade Ray (Yama Carlos), Phillipe (Alex Abbad), Marwoto (Ferdy Soelaiman) hingga The Brain (Lukman Sardi) yang kini tak lagi disimpan secara misterius, dimana semua karakternya tampil tak percuma dan sekedar lewat saja. Scoring dari Aghi Narotama dan Bemby Gusti yang belakangan semakin sering muncul di beberapa film kita yang cukup berkelas juga turut menambah sinergismenya. Lepas dari itu, pilihan ke sebuah eksekusi ending yang bagi sebagian penonton bisajadi seperti ‘not what everybody wants’ di satu sisi justru membuat ‘Aku Atau Dia’ terhindar dari plot dasar lovestory-nya yang memang tak bisa terhindar dari hal-hal klise, dan mungkin juga ada sedikit pesan moral tentang sebuah forgiveness yang ingin disampaikan disana. Apapun itu, Affandi sudah menunjukkan sebuah konsistensi sangat menonjol dalam menggarap sebuah sekuel yang sudah digelar film pertamanya secara penuh potensi. Sayang, lagi-lagi produk bagus yang jarang-jarang bisa kita dapatkan seperti ini, harus bersaing dengan sejumlah film sampah yang lebih menarik minat penonton kita kebanyakan lewat pameran dada-paha serta hantu-hantu murahan di teater-teater yang sama. Di pemutaran jam akhirnya di sebuah hall di Medan barusan, lagi-lagi saya (untung sekali ini dengan rombongan) menjadi satu-satunya kelompok penonton yang ada disana. Sebuah roadshow yang tak sekedar digratiskan sponsor mungkin sangat diperlukan untuk promosinya, sekaligus memberi edukasi terhadap arti tontonan yang benar-benar layak untuk penonton kita, atau mungkin juga perilisan DVD film pertamanya yang seharusnya tak disimpan kelewat lama agar paling tidak ada antusiasme penonton untuk menantikan sekuel ini . (dan)

~ by danieldokter on October 28, 2010.

3 Responses to “AKU ATAU DIA? : A SEQUEL TO THE HILARIOUS INDONESIAN ROM-COM, HEARTBREAK.COM”

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Ceritamu.Com, Daniel Irawan. Daniel Irawan said: AKU ATAU DIA : A SEQUEL TO THE HILARIOUS INDONESIAN ROM-COM, HEARTBREAK.COM: http://wp.me/pVV2A-4e […]

  2. Wonderful blog! I truly love how it? s easy on my eyes as well as the data are well written. I am wondering how I can be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your rss feed which need to do the trick! Have a nice day!

  3. PREDIKSI RABU 2 OKTOBER 2013

    ANGKA IKUT 79

    ANGKA MAIN 46

    SHIO MAIN 4,5

    ╔╦╦═╦═╗ ╔╦╦╗
    ║║║║║╚╣ ║║║║
    ║║║╔╬╗║ ╠╬╬╣
    ╚═╩╝╚═╝ ╚╩╩╝

    JIKA ADA WAKTU MAMPIR DULUH DI BAWAH INI

    http://togelkeramat.webs.com

    SALAM SUKSES DAN TENK’S YANG PUNNYA ROOM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: