DUE DATE : PLANES, ‘NO TRAINS’, AND AUTOMOBILES

DUE DATE

Sutradara : Todd Phillips

Produksi : Warner Bros & Legendary Pictures, 2010

Film yang menggali potensi dari ‘siapa sutradaranya?’ mungkin jarang-jarang bisa datang ke hadapan penonton ketimbang yang sekedar menjual bintangnya. Namun Todd Phillips sudah membuktikan namanya punya kualitas itu, untuk membuat orang-orang me-label filmnya dengan ‘Oh, ini filmnya Todd Phillips’, walaupun memasang bintang terkenal, sekalipun, tentu dengan kesuksesan luarbiasa ‘The Hangover’ yang berbujet mini namun diklaim kritikus sebagai salah satu komedi terlucu dan paling cerdas dekade ini, plus berhasil pula memenangkan beberapa ajang penghargaan termasuk Best Picture (Comedy or Musical) di Golden Globe yang bergengsi itu. Film lainnya? Ah, jangan sebut Starsky And Hutch yang annoying itu, namun Road Trip dan Old School sudah terbukti punya nafas lain ketimbang sekedar komedi nyeleneh yang penuh hura-hura belaka. Old School bahkan jadi salah satu momen kebesaran komedian-komedian ‘The Frat Pack’ di karir mereka. Oke, then let’s talk about potensi raksasa lain yang dimiliki Due Date, dengan bergabungnya mismatched cast yang sangat kuat; Robert Downey, Jr, aktor yang kelewat lama kelelep dan tenggelam karena ulahnya yang slenge’an di luar film dan kembali melambung lewat salah satu peran ter-pas di adaptasi Marvel’s Iron Man, serta komedian paling ngetop saat ini, Zach Galifianakis, yang juga terangkat berkat peran scenestealer-nya di Hangover. Downey, Jr yang sebenarnya punya potensi luarbiasa namun tak terlirik bersama teman-teman seperjuangannya di banyak teenmovies tahun 80an yang menempatkan dirinya hanya sebagai sidekick tak penting kemudian mencuat lewat Less Than Zero, dimana dirinya berlari jauh melampaui Andrew McCarthy yang dijual lebih besar disana. Setelah itu, ia bersinar lewat serangkaian rom-com yang masih dicari-cari hingga sekarang, Chances Are, Heart And Souls dan Only You, lantas tenggelam lagi bahkan ke film-film kelas B setelah namanya berjejer di nominasi Oscar lewat peran legendarisnya sebagai Charlie Chaplin. Baru setelah Iron Man-lah Downey kembali menunjukkan taringnya yang semakin kuat, dan keputusannya meninggalkan sebuah proyek besar, Cowboy And Aliens, demi Due Date, juga menunjukkan bahwa proyek ini, meski hanya berpredikat komedi dan punya nama sang istri di barisan produser, tak sekedar mainan tak berarti.

Peter Highman (Downey, Jr.) yang tengah mengejar kepulangannya dari Atlanta ke Los Angeles demi kelahiran bayi pertamanya dari sang istri, Sarah (Michelle Monaghan) sudah merasakan firasat tak enak ketika terus berpapasan dengan Ethan Tremblay (Galifianakis) sejak menginjak bandara. Kesialan itu lantas muncul bertubi-tubi akibat ulah Ethan yang juga berniat menuju LA buat sebuah audisi sambil membuang abu mendiang ayahnya di Grand Canyon, dan akhirnya menempatkan mereka berdua yang sama-sama berstatus no-fly list, bersama anjing peliharaan Ethan yang sama annoyingnya, dalam sebuah unlikely road trip yang ajaib.

Seperti The Hangover yang menjadi film ke-sekian yang bicara tentang sekelompok sahabat yang terjebak dalam kekacauan Vegas, which is absolutely not originally new, konsep yang diusung Due Date pun sebenarnya tak sepenuhnya baru. A mismatched buddy road movie yang kadar klasiknya sudah dicetak Steve Martin dan alm. John Candy dalam Planes, Trains & Automobiles di era 80an dulu. Premis permainan konfliknya yang menempatkan kesialan demi kesialan atas ulah sebuah karakter yang annoyingnya kelewatan juga bukan baru sekali muncul ke depan mata kita. Namun berbeda dengan Planes yang dibesut dengan atmosfer warmly friendship dan kelucuan konvensional holiday movies ala John Hughes itu, Due Date adalah filmnya Todd Phillips. Terkadang kejam, nyeleneh, namun di satu sisi juga bicara banyak tentang kebobrokan sistem dan gaya hidup yang sangat Amerika dalam permainan dialog komedik tingkat tinggi yang benar-benar mengocok perut. Kekuatan Phillips yang bisa jadi terasa segmental bagi sebagian penonton yang tak mengenal betul seluk-beluk sistem serta lifestyle Amerikanisme dan capek mengikuti dialog demi dialog yang menjadi kunci utama kelucuan dan bangunan chemistry diantara karakter-karakternya itu juga mungkin yang membuat tak semua penonton bisa menyukai karyanya yang penuh sentilan tadi. Coba saja tanyakan ke lapak-lapak atau rental terdekat disini tentang kuota penjualan film-filmnya kecuali Road Trip yang mungkin disempali komedi nyerempet pornografi, atau misalkanlah, The Hangover yang di kandangnya tersiar begitu fenomenal itu.  But once you get that idea serta terbiasa mengikuti sitcom yang sarat dialog untuk membangun kelucuannya, Due Date akan menjadi sajian yang sama spesialnya dengan The Hangover. Faktor ending juga ternyata menjadi masalah yang banyak diributkan para kritikus, dimana kerangka yang sudah dibangun begitu ekstrim lantas diakhiri kelewat terburu-buru oleh Phillips. Namun tak usah khawatir, chemistry Downey, Jr dan Galifianakis yang luarbiasa menarik dengan komedi yang benar-benar mengocok perut bila Anda bisa sungguh-sungguh fokus mengikuti semua dialognya, sudah menjadi kekuatan yang besar untuk Due Date. Dan tentang semua pengulangannya, ah, rasanya disitu justru jadi basis kekuatan Todd Phillips di film-filmnya, sebagai suatu kreatifitas baru dari cara bertutur terhadap banyak karya yang sudah hadir sebelumnya. And I’m really quite sure dalam waktu dekat bakal banyak yang terinspirasi lewat tema seperti ini, entah film Korea yang membelokkan endingnya ke arah tragis dimana sang tokoh ternyata harus mengejar kelahiran bayinya karena mengidap penyakit terminal, atau bisajadi yang lainnya. For a while, sebelum kita menyaksikan Cowboy And Aliens yang akhirnya jatuh ke tangan Daniel Craig itu, seorang Robert Downey, Jr. rasanya punya alasan kuat untuk memilih Due Date ke dalam daftar proyeknya. (dan)

~ by danieldokter on December 9, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: