THE TOURIST : A MATCH ‘NOT’ MADE IN HEAVEN

THE TOURIST

Sutradara : Florian Henckel von Donnersmarck

Produksi : Spyglass Ent, Studio Canal & Relativity Media, 2010

Johnny Depp and Angelina Jolie. It’s like a ‘match made in heaven’, but in the movie, of course. Menyatukan dua bintang over the A-list dalam sebuah film memang bukan masalah gampang, apalagi sekelas Depp dan Jolie. Thus, ekspektasi tinggi yang melambung saat mendengar pre-produksinya pun jadi hal yang sangat wajar. Dan bagi yang benar-benar penikmat film, ada satu bonus lagi dari kolaborasi ini. Sang sutradara asal Jerman, yang aslinya bernama lengkap ‘Florian Maria Georg Christian Graf Henckel von Donnersmarck’ (whew!!), bukan seorang sineas dengan reputasi main-main. Lewat ‘Das Leben Der Anderen (The Lives Of Others)’ yang sukses menyabet semua piala bergengsi untuk kategori film asing terbaik di Oscar, BAFTA, New York dan Los Angeles Film Critics, serta berjaya juga di European dan German Film Awards 2007 lalu, Florian sudah jadi incaran produser-produser dan sineas Hollywood, termasuk juga, Angelina Jolie, yang mendambakan ikutserta dalam karyanya. Sayangnya, The Tourist hanyalah sebuah produk daur ulang dari film yang juga masih terlalu fresh dan bukan pula karya klasik. Film Perancis aslinya, Anthony Zimmer, yang menjual Sophie Marceau dan Yvan Attal di bawah penyutradaraan Jerome Salle, tahun 2005 lalu sempat diputar disini namun luput dari perhatian banyak orang. Saat peredarannya sendiri, Anthony Zimmer banyak dipuji kritikus meski jeblok dari sisi box office. Padahal, plot penuh twist dan adegan seru ala film Perancis yang digelar Salle bukan sama sekali tak komersil, apalagi ada pesona Sophie Marceau mengiringi romantic thriller lumayan seru disana. Oke, since not everybody has watched Anthony Zimmer, jadi The Tourist bisa jadi pengalaman yang benar-benar baru, dengan kolaborasi raksasa tadi di dalamnya. Dan eh, salah satu co-writer skenarionya juga Christopher McQuarrie, the man behind ’The Usual Suspect’ sekaligus ‘X-Men’dan Wolverine. Sedari awal, Florian sudah mengatakan akan memelintir cerita penuh twist itu lebih menarik lagi dengan set cantik di seputar Venesia demi sebuah ending yang lebih terasa surprising. So has that promise fulfilled?

Atas kejahatan Alexander Pearce, seorang buronan penggelap pajak yang sedang diincar hukum, Elise Clifton-Ward (Angelina Jolie), sang kekasih pun ikut menjadi incaran agen-agen rahasia Inggris di bawah pimpinan Inspektur Jones (Timothy Dalton) dan Acheson (Paul Bettany). Lewat sepucuk surat yang diterimanya secara misterius di tengah keindahan kota Venesia, Elise disuruh memilih seorang pria dengan postur mirip Pearce di sebuah kereta api. Tujuannya, tentu untuk mengelabui eksistensi Pearce yang dikhawatirkan para agen itu sudah merombak wajahnya melalui operasi plastik. Pria itu bernama Frank Tupelo (Johnny Depp), seorang turis Amerika berprofesi guru biasa. Hubungan mereka ternyata berkembang menjadi sebuah rasa saling tertarik, sehingga Elise akhirnya terus berusaha menyelamatkan Frank yang dicecar kejaran polisi tanpa tahu kesalahannya. Belum lagi seorang gangster bernama Reginald Shaw (Steven Berkoff) juga ternyata mengejar Pearce atas kasus pencurian dua juta dollar olehnya. Namun Frank tak mau melepaskan Elise yang misterius ini begitu saja, bahkan bersedia ikut menjadi umpan ketika Elise tertangkap oleh kelompok Shaw, sementara Acheson dan orang-orangnya sudah bersiap menunggu kemunculan Pearce untuk menyelamatkan Elise.

Bagi Florian, proyek yang sebelumnya sudah sempat berganti-ganti calon sutradara (termasuk kandidat Oscar Lasse Halstrom dan Alfonso Cuaron) dan pemain (termasuk Tom Cruise, Charlize Theron dan Sam Worthington) ini merupakan idamannya. Florian sudah sempat bergabung dengan cast Sam Worthington namun mundur atas ketidaksepakatan teknis sebelum kemudian kembali lagi dengan pilihan Depp dan Jolie yang dirasanya jauh lebih mantap. Di tangannya, remake Anthony Zimmer ini dibesut dengan lebih halus dengan menjual keindahan atmosfer Venesia sebagai latar yang sangat erat dengan plotnya. Sejak awal, Florian mungkin memang belum punya rekor dalam menyuguhkan adegan aksi spektakuler dan karena itu lebih memfokuskan penyutradaraannya di plot yang penuh dengan twist ini. Namun justru ia tersandung dengan satu kesalahan besar dari pemilihan cast yang luarbiasa menarik itu. Depp dan Jolie ternyata tak bisa membangun chemistry yang mutlak diperlukan dalam sebuah rom-com ber-twist apapun. Entah karena faktor Brad Pitt yang ikutserta di lokasi syuting hingga banyak berita seperti Depp yang meminta adegan panasnya dengan Jolie di cut sepenuhnya, atau alasan lain, kita tak pernah tahu itu. Yang jelas, jangankan hanya sebuah chemistry. Akting komikal Depp yang selama ini mempioniri film-film fantasinya mulai dari Edward Scissorhands, Sweeney Todd, Charlie And The Chocolate Factory, Alice In Wonderland sampai trilogi Pirates Of The Caribbean pun tampak begitu payah ketika harus masuk ke karakter orang biasa macam Frank. Sementara Angelina, atas banyak ejekan akting tanpa jiwa-nya seolah hanya sebuah kapstok berjalan rasanya harus sedikit dibantah karena pesona misteriusnya seperti biasa justru sangat mendukung set Florian yang serba romantis itu. Kekurangan ini pun semakin menyeruak diantara jarangnya Florian menampilkan adegan aksi yang intens yang kalaupun ada hanya sekelebat dan tak berarti itu, masih jauh meski harus dibandingkan dengan film aslinya. Sebutan romantic thriller pun rasanya terlalu berlebihan untuk dilekatkan pada remake ini. Masih ada sedikit highlight segmental buat penampilan Timothy Dalton dengan atribut mantan James Bond-nya walau tak begitu besar, namun secara keseluruhan, The Tourist akhirnya jatuh ke sebuah pameran tak bernyawa dari ekspektasi yang menjulang tinggi atas bakat-bakat sineas yang terlibat di dalamnya. Untuk sebuah kolaborasi besar, this is a let down, apalagi bila dibandingkan dengan Anthony Zimmer. It might be a perfect match, but simply not made in heaven. (dan)

~ by danieldokter on January 3, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: