MR POPPER’S PENGUINS : WARM AND TENDER SUMMER SNACKS

MR POPPER’S PENGUINS

Sutradara : Mark Waters

Produksi : 20th Century Fox, 2011

Sekali waktu dulu, tema-tema family comedy dan holiday movie cukup ramai mengisi slot summer blockbusters dibandingkan film penuh aksi dan efek yang masih terbatas. Time had passed, dan posisinya semakin tergeser ke yearend blockbusters dengan film-film raksasa yang menjual efek sebagai eye candy. Tapi Hollywood agaknya belum lupa dengan tradisi ini. Satu dua sajian ringan ini masih muncul bersama gempuran blockbuster-blockbuster mahal itu. Pakem-pakem sisa ini sekaligus berlaku buat Jim Carrey dengan Mr Popper’s Penguins – nya. Though its a truth too, sebagian fansnya masih merindukan gaya slapstick Carrey yang karirnya sudah makin redup dilibas komedi-komedi cerdas ala Judd Apatow. Carrey yang sepertinya masih mencari-cari resep ampuh untuk sebuah comeback yang layak lagi-lagi diserahi adaptasi buku anak-anak berjudul sama karya Richard & Florence Atwater yang pertama dicetak tahun 1938 dan jadi salah satu literatur wajib sekolah dasar di AS sana. Tapi yang ini hanya loosely based dengan banyak perombakan, dan sekali lagi, ia kembali bermain-main dengan hewan. Pinguin-pinguin itu, tak bisa dipungkiri, memang nampak menarik, tapi semua kita pasti sudah tahu kemana film-film seperti ini dibawa dalam bentuknya sebagai family movie. So the rest is up to Carrey.

Tumbuh sebagai anak penuh fantasi dari ayah pelaut yang melanglang buana ke seluruh penjuru dunia dan selalu menghubunginya lewat radio, dunia dewasa Thomas ‘Tom’ Popper Jr berubah sejak komunikasi itu terhenti atas hilangnya sang ayah. Menjadi pengacara real estate tanpa hati di sebuah firma milik Franklin (Philip Baker Hall), Popper bahkan sudah bercerai dengan Amanda (Carla Gugino) yang tengah menjalin hubungan baru dengan seorang pria. Hubungan dengan dua putra-putrinya, Janie (Madeline Carroll) dan Billy (Maxwell Perry Cotton) kian dingin karena dirinya tak pernah punya waktu buat mereka. Sekarang, di bawah negosiasi terberatnya membeli properti restoran klasik ‘Tavern On The Green’ milik Selma Van Gundy (Angela Lansbury) yang eksentrik, Popper dikejutkan oleh dua kiriman terakhir ayahnya dari Kutub. Setelah Captain, seekor pinguin, ada 5 ekor pinguin lagi dalam paket itu. Awalnya Popper ingin segera menyingkirkannya dengan bantuan petugas kebun binatang Nat Jones (Clark Gregg) yang diam-diam punya niat buruk. Namun perlahan ia menyadari, apalagi dengan Janie, Billy, dan Amanda yang jadi dekat kembali dengannya, pinguin-pinguin yang diberinya nama Bitey, Stinky, Lovey, Nimrod dan Loudy (semua disuarakan Frank Welker) bahkan dibangunkannya istana dalam apartemennya, adalah jalan untuk mendapatkan kembali properti terbesarnya yang hilang sejak lama. Hati.

Usia dan gempuran trend mungkin saja membuat Carrey tak lagi sesegar dulu bagaimanapun ia menerjemahkan setiap gaya dan mimik slapstick ke atas wajah dan tubuh karetnya. Kalaupun tetap ke rencana produksi semula yang memasang Ben Stiller, film ini pun tak bakal berbeda jauh. Tapi sulit untuk tak jatuh hati pada tampilan pinguin-pinguin bercampur CGI dan plot yang dibangun secara simpel untuk penyampaian pesan moralnya, yang meski klise, tentang pentingnya hubungan keluarga dan menjaganya sejauh mana kita bisa. Apalagi ada Angela Lansbury, aktris di ujung usia senjanya yang dulu terkenal sekali dengan peran Miss Marple-nya Agatha Christie, tampil sebagai highlight lain yang menarik disini, selagi penonton belia mungkin akan terpesona dengan Madeline Carroll yang memerankan Janie. Sebagai sajian summer blockbuster diantara franchise-franchise raksasa dengan bujet jauh lebih wah, Mr Popper’s Penguin memang tak lebih dari sekedar snack ringan yang bisa dinikmati sama sekali tanpa beban. Klise, predictable, kadang cheesy sesuai genrenya, serta mungkin lebih cocok jadi yearend blockbuster dengan tampilan salju-saljuannya. But in the end, penyampaian pesan yang bisa menyentuh hati kita, akan sangat sulit untuk diabaikan begitu saja, as you might ended missing your dad and holding those loved ones stronger than ever. (dan)

~ by danieldokter on August 21, 2011.

One Response to “MR POPPER’S PENGUINS : WARM AND TENDER SUMMER SNACKS”

  1. […] Mr. Popper’s Penguins […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: