ZINDAGI NA MILEGI DOBARA : LIVE YOUR MOMENT

ZINDAGI NA MILEGI DOBARA

Sutradara : Zoya Akhtar

Produksi :  Eros International & Excel Entertainment, 2011

If you do think all about Bollywood is only cheesy-ness, think again. Sedikit banyak, resep serba meriah yang mengangkat perfilman mereka ke masa-masa gemilangnya di Asia tahun 70-80an dulu, termasuk Indonesia yang hobi comot sana comot sini, memang masih dipertahankan sampai sekarang. Satu yang kembali pasca kembang-kempis nafas mereka, Kuch Kuch Hota Hai, juga tak jauh-jauh dari sana. Namun gerakan non-mainstream mereka juga masih terus berjalan sampai sekarang, meski luput dari perhatian kebanyakan penonton luar, dengan polesan yang sedikit lebih berkompromi ke pasar. Like a new wave of filmmaking, sekarang, citranya yang semakin terangkat ke dunia internasional, masih menyisakan sineas-sineas yang tak lagi hanya berorientasi di hal komersil. Tanpa action berlebihan dengan hero yang tak kunjung mati setelah tertembus belasan peluru, airmata yang tumpah ruah dengan dramatisasi over, konflik yang lebih datar. Tapi tetap bisa masuk ke kalangan penonton mainstream, dari cast bintang terkenal yang semakin berlomba tampil di film-film yang resepsinya baik di festival-festival internasional, serta ya, meski tak sebanyak dulu, tetap ada sequence lagu.

Selain Aamir Khan, sineas new wave style itu adalah Farhan Akhtar. Putra dari sineas senior Javed Akhtar ini mulai menanjak lewat debut penyutradaraannya di Dil Chahta Hai yang juga dibintangi Aamir, lantas diikuti Lakhsya-nya Hrithik Roshan dan remake Don-nya Shahrukh Khan. Multitalentanya di bawah bendera Excel miliknya kini membawa Farhan banting stir lebih sering tampil sebagai aktor,  dan membawa Zoya, saudari kembarnya yang sebelumnya sering jadi casting director di film-film terkenal termasuk Kamasutra, ke kursi sutradara. Setelah Luck By Chance, film bergenre new wave yang juga dibintangi Farhan, Zindagi Na Milegi Dobara ini adalah karya kedua Zoya. Tipikal film Bollywood yang akrab dengan resepsi internasional, award-award lokal, serta juga punya potensi gede di box office. Farhan kini menggandeng Hrithik kembali, yang banyak dibilang punya kemiripan fisik dengannya, dan generasi baru keluarga Dharmendra setelah Sunny dan Bobby, keponakannya, Abhay Deol. Ini adalah sebuah road movie tentang pencarian jatidiri tiga sahabat di awal pendewasaan mereka. Sedikit bromance, plus Bollywood’s beautiest actress these days, Katrina Kaif.

Di ambang pernikahannya dengan Natasha (Kalki Koechlin), Kabir (Abhay Deol) merancang bachelor trip bersama sahabat masa SMU-nya, Imraan (Farhan Akhtar), serta Arjun (Hrithik Roshan) yang sudah menjadi pialang workaholic sehingga tak hadir di acara pertunangannya. Padahal, Arjun sebenarnya tengah dilanda kegalauan karena diputuskan kekasihnya akibat kesibukannya. Sementara, hubungannya dengan Imraan pun masih naik turun karena masalah wanita di masa lalu mereka. Sasaran mereka adalah menelusuri Spanyol selama tiga minggu penuh, plus sedikit adrenalin untuk mencoba extreme sports. Pilihan Kabir ke deep sea diving membawa mereka pada seorang instruktur cantik blasteran Inggris, Laila (Katrina Kaif) yang dengan cepat mengalahkan ketakutan Arjun terhadap air. Laila kemudian mengenalkan sahabatnya Nuria (Ariadna Cabrol) yang kemudian dekat dengan Imraan, dan ikut serta dalam trip itu. Perasaan Arjun terhadap Laila juga mulai membuatnya berusaha lebih menikmati hidup. Semua berjalan sempurna hingga Natasha mencurigai Kabir berselingkuh dengan Laila dan menyusul kesana. Sikapnya yang penuh kontrol menyebabkan Arjun dan Imraan jengah sekaligus membuat Kabir berpikir ulang atas pilihannya. Sementara, masih ada petualangan skydiving atas pilihan Arjun menanti mereka, serta Imraan yang memilih adrenalin tertinggi setelah akhirnya berjumpa dengan ayah biologisnya, Salman (Naseerudin Shah) yang membuka rahasia perpisahannya dengan sang ibu. Sebuah bull run di Pamplona, Spanyol.  Petualangan ini kemudian menyadarkan mereka atas pilihan-pilihan hidup sebenarnya, sementara Kabir juga harus segera memutuskan keraguan hatinya terhadap Natasha di ambang pesta pernikahan mereka.

Yup, plot road movie tentang sebuah arti hidup dan persahabatan ini memang simpel-simpel saja, dan Zoya yang juga menulis skripnya sudah jelas menitikberatkan jualannya pada highlight adegan tiga pilihan sport yang intensitas extremenya sesuai anak tangga itu, panorama indah sepanjang jalanan kota-kota di Spanyol dan tentunya pameran castnya yang sedang jadi idola di Bollywood. Namun untuk bisa membuat penontonnya bertahan di masa putar film India biasanya, hampir dua setengah jam, Zoya ternyata punya senjata lain atas pilihan plot yang sekilas hanya bromance biasa. Untuk sebagian, bisa saja terasa a little bit draggy,  namun dibalik itu Zindagi Na Milegi Dobara punya makna mendalam atas perasaan banyak orang di ambang usia yang sama, yang akhirnya membuat apapun yang ditampilkannya di layar bisa terasa akrab dengan cepat sekaligus komunikatif sebagai problem yang ditemui sehari-hari. It’s everyone’s fear of being grown-ups and settled, choices in life and renewed vows of any broken relationships. Gambaran dilematis tiap karakter yang tergambar dengan wajar tanpa harus didramatisir berlebihan seperti biasa mampu dibawakan aktor-aktrisnya dengan kewajaran yang sama, dan itu yang membuat pesannya jadi terasa berarti. Apalagi paras barisan castnya cukup seimbang membagi selera penonton pria dan wanita di kelas yang hampir sama, walau di tangan seorang penulis wanita, tema bromance bisajadi terasa lebih halus dan sensitif bagi sebagian pemirsa. And finally, ketika skor, track lagu dan tari-tarian sebagai resep klasik yang dibesut trio Shankar-Ehsaan-Loy bisa tampil sebagai pengiring yang bagus dengan campuran style flamenco sesuai setnya, plus beberapa yang dinyanyikan langsung oleh pemerannya termasuk Hrithik-Farhan-Abhay sendiri, you really wouldn’t say no to this. Seperti judulnya yang kira-kira punya arti ‘you won’t get life back again’, so live the moment as well. (dan)

~ by danieldokter on August 28, 2011.

5 Responses to “ZINDAGI NA MILEGI DOBARA : LIVE YOUR MOMENT”

  1. film Bolly yg bagus..u miss karya farhan Akhtar lainnya yaitu ROCK ON! film yg mengangkat cerita tentang grup rock di India..

  2. oh sure. Rock On itu kan debut aktingnya Farhan. bukti kalo dia ga hanya bisa jd sutradara, dan dari sana banyak yg nganggap gesturnya mirip Hrithik. yup, new generation Hindi movies yang bagus juga🙂

  3. Mas Daniel karya farhan Aktar lainnya adalah yg segera rilis adalad DON 2 yg dbintangi Shahrukh Khan dan Priyanka Chopra, DON pertama rilis tahun 2008 klo ngak salah dan saya sudah menontonnya film action yg hebat malahan dibuat versi film India selatannya yang berbahasa Telugu judulnya BILLA (saya juga dah nnton)..trailernya cari aja di youtube.

    Film Shahrukh lainnya selain DON 2 adalah RA.ONE disini dia jadi robot dan mrupakan film superhero Bollywood ke2 setelah KRISS (yg dbintangi Hrithik Roshan). Film RA.ONe adalah film termahal tahun ini setelah film India selatan berbahasa Tamil ENTHIRAN atau ROBOT versi dubbing Hindi..intinya RA.ONE terinspirasi dari film Enthiran ini..

    Untuk unduh film-film India coba aja di http://www.sominaltvtheater.com malahan ada format BLUERAYnya lagi….

    Oh jika bertempat tinggal di Bandung sekalian promosi saya announcer acara Bollywood yaitu Bolly Bandung yang mengudara setiap Ahad jam 2 sore live dari 95,2 Bandung Radio..Jika Mas Daniel suka lagu2 Bollywood so stay tune karena di program ini saya lebih mengutamakan memutar lagu2 terbaru…Shukriya

  4. yup. Don 2 is coming this October/November. yg satu bagus, tapi memang ga bisa menyaingi versi aslinya. and about RA-One & Krrish, sebenernya dulu udah ada film superhero India, satunya Shiva Ka Insaaf dan Mr India (cuma yg terakhir ini ga bener2 tampilan superhero), or if others consider Mr Bachchan’s Ajooba & Jaadugar termasuk, boleh2 aja. cuma yg bener2 futuristik dan modern itu memang Krrish pionirnya. iyalah, RA-One seharusnya bisa lebih baik lagi dari Enthiran krn film nasional, bukan daerah. saya di Medan mas, bkn di Bandung🙂. ya lagu India mah sejauh bagus, suka2 aja🙂, apalagi sekarang udah semakin modern pake banyak crossover ke jazz, rock, dsb🙂

  5. […] Zindagi Na Milegi Dobara […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: