KILLER ELITE : KILLER CAST, ELITE ACTION

KILLER ELITE

Sutradara : Gary McKendry

Produksi : Ambience Entertainment, Omnilab Media & Open Road Films, 2011

No, this is not Sam PeckinpahJames CaanRobert Duvall’s same titled remake. Bukan juga action vehicle ala Jason Statham biasanya. Di luar sebagian cemoohan terhadap karirnya yang makin solid sebagai action hero, Statham cukup pintar memilih peran variatif walau pada dasarnya tetap tak jauh-jauh dari action. Meski bukan produksi UK seperti film terakhirnya, ‘Blitz’, ‘Killer Elite’ yang banyak menggamit sineas Inggris dan diproduksi di Inggris dan Australia ini punya pakem sedikit sama dalam hal nostalgiknya. Setnya di tahun ‘80an yang berangkat dari novel ‘The Feather Men’ besutan Sir Ranulph Fiennes, seorang mantan SAS (Special Air Service), salah satu pasukan elit Inggris paling terkenal di dunia dengan semboyan ‘Who Dares Wins’ dibalik logo Excalibur-nya, sekalian menekankan style old fashioned-nya. Sebuah film aksi berlatar intrik politik dengan cast gede yang banyak sekali mampir di era ’70 –‘80an dulu. So you’re not in the right seat, bila datang dengan ekspektasi serba hi-tech ala ‘Transporter’. Don’t dream karena satu ponsel pun tak terlihat disini. Tapi bila Anda menggemari kisah-kisah intrik spionase pasukan-pasukan elit, atau sudah kangen dengan tampilan Robert DeNiro yang belum tentu sekali setahun muncul dengan senjata gede di tangannya dalam sebuah film aksi, this is your treat.

Sebuah misi para pembunuh elit di Mexico yang berujung kekacauan membuat seorang mercenary, Danny Bryce (Jason Statham) membulatkan niatnya untuk pensiun. Namun kehidupan damainya kembali terganggu saat agensinya kembali dengan sebuah misi yang tak bisa ditolaknya. Pasalnya, sang mentor, Hunter (Robert DeNiro) tertangkap di Oman atas pelariannya setelah menerima uang sebesar 6 juta dollar AS. Bryce pun kemudian mengetahui kalau misi Hunter adalah untuk menghabisi tiga orang mantan agen SAS atas permintaan seorang Sheik yang dendam karena tiga putranya jadi korban dalam sebuah pemberontakan. Bryce harus menuntaskan misi itu, atau Hunter akan dieksekusi. Dua rekan lamanya, Davies (Dominic Purcell) dan Meier (Aden Young), plus Jake (Michael Dorman), agen pemula, direkrut untuk membantunya. Bryce akhirnya menyadari dasar penolakan Hunter bahwa misi yang bakal melibatkan organisasi bayangan bernama ‘The Feather Men’, mantan elit SAS yang bersumpah saling melindungi merupakan jalan buntu bagi keselamatan mereka, termasuk kekasih Bryce, Anne Frazier (Yvonne Strahovski). Sekarang, mereka harus menuntaskan misi itu sambil terus dibayang-bayangi oleh mantan agen SAS yang tak kalah tangguh dalam menjalankan tugasnya, Spike Logan (Clive Owen). Sementara segudang intrik siap menghadang. And nothing is what it seems.

Meski tetap menggunakan style action gaya Statham yang serba keras, ‘Killer Elite’ dibangun dengan fondasi mantap dari sebuah true story penuh intrik politik dan spionase. Bedanya dalah minus teknologi dan efek serta durasi yang tak sampai dibuat menonjolkan adegan full contact-nya secara berlebihan, namun lebih ke intensitas yang terbangun dari kejar-mengejar antar karakternya. Sebuah old fashioned action yang elit dan tak sekedar bak-bik-buk tanpa juntrungan. Dan Gary McKendry, sutradara nominator Oscar 2005 untuk sebuah film pendeknya berikut sejumlah iklan yang baru memulai debut layar lebarnya disini, memanfaatkan semuanya dengan baik. Plot penuh intrik spionase hingga politik namun tak sampai bergulir non-linear dipaparkan secara rapat dalam bangunan ketegangan yang cukup efektif. Set-nya yang banyak menggunakan lokasi-lokasi nostalgik di Inggris bersama mobil-mobil jadul juga tampil cukup akurat sesuai zamannya. Namun tentu yang muncul paling ke depan, terlebih bagi kebanyakan penonton awam, justru bukan hal-hal filmis diatas, tapi susunan cast-nya yang serba killer itu. Tak hanya trio Statham-Owen-DeNiro yang muncul dengan chemistry dibalik intensitas aksi mereka yang terbagi rapi, Dominic Purcell dan Aden Young sebagai Davies dan Meier juga mampu mencuri layar lewat karakter sidekick-nya. Selagi para penonton pria akan menyukai adrenalin dari intrik dan tampilan para tough guy yang saling berseteru ini, I believe, penonton wanita pun akan sulit melewatkan nama Statham dan Owen dalam barisan castnya. A truly killer combination, dan sekeren tagline-nya, ‘May The Best Man Live’. (dan)

~ by danieldokter on October 17, 2011.

One Response to “KILLER ELITE : KILLER CAST, ELITE ACTION”

  1. […] Killer Elite […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: