JOHNNY ENGLISH REBORN : MOH-ZAMBIQUE-LY FUNNY!

JOHNNY ENGLISH REBORN

Sutradara : Oliver Parker

Produksi : Studio Canal, Relativity Media, Working Title & Universal, 2011

Selagi penonton Asia bisa menyerap semuanya, komedi Amerika punya gap yang cukup besar dengan komedi Inggris. Thus, ketika Rowan ‘Mr. Bean’ Atkinson, yang sudah punya nama besar di negaranya termasuk serial Mr. Bean yang sudah melanglang buana kemana-mana itu akhirnya menggebrak layar AS di tahun 1997, hasil box office-nya juga sekedar adem-ayem saja. Menyadari perpaduan gaya Amerika tetap tak bisa digesernya, tak seperti worldwide box officenya yang bisa dibanggakan, dua lagi filmnya setelah itu, spy-parody ‘Johnny English’ dan ‘Mr. Bean’s Holiday’, mengembalikan patronnya lebih ke atmosfer Eropa. Hasilnya memang lebih baik, tapi tetap tak bisa melampaui kelucuan Atkinson di serial-serialnya. And I’m sure, hampir semua orang skeptis kala sekuel ‘Johhny English’ yang sudah terlupakan delapan tahunan itu tiba-tiba diumumkan untuk diluncurkan tahun ini. Sampai trailernya akhirnya muncul. Ah, ternyata dibalik usia dan tampilannya yang makin tua, there’s something we missed about him. Oh, c’mon! You laughed seeing that trailer, didn’t you?

Menjauh ke sebuah puncak gunung di Tibet untuk bertapa setelah sebuah insiden di Mozambique, agen rahasia MI7 Johnny English (Rowan Atkinson) akhirnya dipanggil kembali untuk misi menggagalkan pembunuhan seorang pemimpin Cina oleh sekelompok pembunuh elit internasional. Di bawah arahan atasan barunya, Pegasus (Gillian Anderson), bersama psikolog Kate Summers (Rosamund Pike), Johnny dan partner rookie-nya, Tucker (Daniel Kaluuya) akhirnya menyadari bahwa musuh mereka bukan sekedar pembunuh bayaran, namun sebuah organisasi rahasia bernama ‘Vortex’ yang beranggotakan intelijen-intelijen penting termasuk orang dalam MI7 sendiri.

Rowan Atkinson ternyata belum kehilangan power untuk memancing tawa penontonnya. Sejak awal film bergulir, slapstick demi slapstick yang dihadirkannya malah jauh terasa lebih fresh dari film-film sebelumnya. Penggantian sidekick Natalie Imbruglia yang turut dijual sebagai highlight di film pertama menjadi sosok Tucker plus dua agen cantik (Anderson dan Pike) yang tak diberi porsi berlebih juga membuat Atkinson lebih leluasa memainkan spesialisasi ‘one-man show’-nya. Dominic West dengan tampang khas-nya juga mendapat karakter yang pas. Tapi yang mencuat paling menarik adalah atmosfer spy Eropa kuno ala James Bond era 60-70an yang membuat semuanya jadi terasa beda, termasuk nenek tua undercover assassin yang diperankan Pik-Sen Lim dengan ekspresi wajah dingin dibalik tipikal wajah Asia-nya yang lucu. Walau pakem-pakemnya tetap sama, ada prolog, agen ganda, pameran device-device canggih, dan oh ya, a glimpse of romance between spies, atmosfer itu terasa lebih fresh ketimbang film-film Leslie Nielsen belakangan setelah trilogi ‘The Naked Gun’. Komedi dan slapstick-slapsticknya works at its best, dan Oliver Parker, that man behind ‘St.Trinian’s’ yang cukup unik bersama screenwriter William Davies yang masih dipertahankan dari instalmen awal bisa membaca keunggulan tiap adegan yang semakin repetitif justru jadi semakin lucu. Oke, mereka sudah membuktikan kalau franchise yang dimulai sedikit basi juga bisa dipoles jadi fresh di eksekusi yang tepat. So don’t mind those American critics who put on rotten this and rotten that into this movie. They’re just not into European comedies, dan kita bukan salah satu dari mereka. (dan)

~ by danieldokter on October 27, 2011.

3 Responses to “JOHNNY ENGLISH REBORN : MOH-ZAMBIQUE-LY FUNNY!”

  1. Keren reviewnya, jadi pengen nonton. Dok, bisa saling follow sesama blog wordpress (cinejour.wordpress.com) ?? thx before.

  2. thanks. ok ntar difollow, maklum follow ini kan masih aplikasi baru wordpress ya. kalo link blognya sih udah tuh🙂. keep writing!😀

  3. […] Johnny English Reborn […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: