CONTAGION : SODERBERGH’S LETHAL DOSE OF HUMAN DISASTER

CONTAGION

Sutradara : Steven Soderbergh

Produksi : Warner Bros, Participant Media, Image Nation Abu Dhabi, 2011

Matt Damon. Jude Law. Kate Winslet. Gwyneth Paltrow. Marion Cotillard. Laurence Fishburne. Elliott Gould. Named them all. Soderbergh dengan ensemble cast bintang-bintang gede, itu biasa. Tapi sebuah thriller disaster darinya, must be intriguingly worth a wait. Meski suka bermain-main dengan penelusuran psikologis karakternya, karya-karya Soderbergh tak pernah beranjak jauh dari realitas. Sejak press release serta trailernya diluncurkan kita semua sudah tahu, film ini tak punya role model ‘ a hero to save the day’ ala film-film bergenre sejenis. This is all human. Dan Soderbergh tak sedang menakut-nakuti kita biarpun ia bicara tentang sebuah ketakutan. Ia meraciknya dengan kekayaan informatif yang scientifically accurate, seperti membaca sebuah makalah ilmiah yang sebenarnya semua orang berhak tahu. Dramatisasinya? Karakter-karakter khas yang ada di film-film Soderbergh sudah membuatnya berjalan dengan sendirinya dalam sebuah interweaving plot tentang wabah sebuah virus flu yang menyerang seluruh belahan dunia.

Dalam hitungan dua hari, Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang sudah terserang flu setelah perjalanan pulangnya dari Hong Kong dan sempat transit di Chicago kejang-kejang dan meninggal dunia. Sang suami, Mitch (Matt Damon) lantas menemukan putra Beth yang ikut tertular juga meninggal dengan gejala sama yang mengarah ke Meningoencephalitis (peradangan otak). Tak sampai beberapa jam kemudian, atas ditemukannya gejala sama pada beberapa korban di Hong Kong dan Jepang pada waktu bersamaan, Mitch pun diisolasi. Adanya sangkaan wabah senjata biologis membuat Department of Homeland Security Atlanta kemudian mengontak dr. Ellis Cheever (Laurence Fishburne) dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention) AS. Cheever segera mengirim dr. Erin Mears (Kate Winslet) dari servis intelijen epidemik ke Minneapolis untuk menyusuri kejadian-kejadian ini. Virus yang kemudian diberi nama Meningoencephalitis Virus One (MEV-1), yang menyebar secara fomite (transmisi melalui kuman yang dibawa dari tubuh melalui sentuhan dan kontak langsung) sekaligus mematikan dengan cepat ini dikembangkan oleh Profesor Ian Sussman (Elliott Gould) sementara dr. Ally Hextall (Jennifer Ehle), asisten Cheever dari CDC menelusuri pengembangan vaksinasinya. Hextall kemudian menemukan cara satu-satunya untuk vaksinasi potensial adalah melalui vaksin hidup yang belum bisa dites langsung ke manusia. Sedangkan dr. Leonora Orantes (Marion Cotillard), epidemiolog WHO diterjunkan ke Hongkong yang dianggap lokasi asal virus tersebut, namun diculik oleh epidemiolog setempat, Sun Feng (Chin Han) demi menyelamatkan ibu serta penduduk desanya. Namun virus itu sudah keburu menyebar kemana-mana, sementara seorang blogger internet freelance Alan Krumwiede (Jude Law) malah memperkeruh keadaan dengan mulai menyerukan adanya konspirasi politik dan memposting obat herbal bernama Forsythia sebagai penyembuhnya. Chaos dan kepanikan pun terjadi dimana-mana bersama aturan isolasi di berbagai lokasi. Sekarang berdasar penelusuran kasus Beth sebagai titik nol-nya, mereka harus menemukan cara untuk menghentikan penularan virus yang rasio transmisinya terus meningkat cepat dan sudah menewaskan lebih dari 25 juta penduduk dunia. Dan siapa yang berhak mendapatkan vaksinasi itu duluan?

Jauh dari sekedar faktor bintang yang memang semuanya bermain gemilang meski karakter Kate Winslet sedikit tersia-sia dengan durasinya yang kelewat singkat, kekuatan Contagion adalah sepenuhnya gaya filmis Soderbergh. Peningkatan intensitas ke arah thriller disaster-nya sudah dimulai sejak layar dibuka dan score besutan Cliff Martinez juga dengan baik memberi penekanannya. Lewat ide pandemic outbreak dari virus serba menakutkan dan membawa jutaan korban yang memang sudah digagasnya sejak awal secara ‘ultra-realistik’, kadang terasa bagaikan sebuah semi-dokumenter, Soderbergh dengan lancar memasukkan metafora lain yang jauh lebih mengerikan berupa insting dasar manusia untuk bisa bertahan hidup di sela human values tiap-tiap orang ke sebuah histeria massa. Masing-masing perwakilannya tergambar dari karakter berlapis dalam interweaving plot / hyperlink cinema yang disusun Soderbergh bersama penulis skenario Scott Z. Burns yang sudah bekerjasama lewat ‘The Informant!’. Mulai dari isu-isu public health, pelayanan kesehatan, penelitian ilmiah, intervensi pemerintah, pengobatan tradisional/herbal hingga tendensi miring perusahaan obat dan power of social networking juga ikut menyeruak dalam nada satir secara bersamaan.  Detil produksinya luar biasa, termasuk sejumlah deskripsi medis dan tampilan nama-nama besar yang nyaris tanpa makeup demi membangun realitanya.  Dan mereka memang tak sekedar main-main. Dukungan penuh dari CDC dimanfaatkan Soderbergh dengan maksimalitas luar biasa tanpa harus mengorbankan sisi ilmiahnya demi membangun sebuah dramatisasi over. Gambaran riset medis, penanganan virus hingga usaha-usaha untuk menemukan suatu vaksinasi oleh pihak-pihak terkait tampil secara akurat dan membawa kita sebuah gelaran penuh informasi yang teramat sangat berharga walau bukan bagi pelaku medis sekali pun. Ini adalah dosis racikan ala Soderbergh yang benar-benar ‘lethal’ bagi sebuah tontonan yang serba kaya namun membuka mata. Kadang menakutkan tapi tak seperti hoax tanpa tanggung jawab. Dan in the end,  ia juga membuat kita menyadari, bahwa kita masih beruntung memiliki hati serta salaman tangan as part of good human values yang harus dipertahankan di saat apapun. A lethal dose it is, but in really good ways. (dan)

~ by danieldokter on November 16, 2011.

2 Responses to “CONTAGION : SODERBERGH’S LETHAL DOSE OF HUMAN DISASTER”

  1. […] Contagion […]

  2. […] CONTAGION […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: