SHARK NIGHT 3D : CREATURES FEATURES KW2

SHARK NIGHT 3D

Sutradara : David R. Ellis

Produksi : Sierra Pictures, Silverwood Films, Next Entertainment & Rogue Pictures, 2011

Hiu memang kerap jadi komoditi creature thriller yang menjual sejak gebrakan Steven Spielberg di ‘Jaws’. Puluhan bahkan mungkin ratusan epigonnya kemudian bermunculan, mulai dari produksi kelas A sampai yang paling murahan sekali pun. Sah saja sebenarnya, seperti water predators lainnya, sekali-sekali muncul yang cukup bagus, termasuk yang digagas dengan inovasi plot yang berbeda. ‘Deep Blue Sea’-nya Renny Harlin, misalnya. But let me assure you. Shark Night bisajadi menjual teknologi 3D yang sedang marak-maraknya di Hollywood dan merambah perfilman dunia lain. Plotnya juga punya inovasi tersendiri kalaupun mau dibilang begitu. Tapi keseluruhannya, ya begitulah. Ini hanya film buat senang-senang belaka. Berteriak bersama-sama penonton lain yang menikmati sajian 3D-nya, atau sekedar menikmati pameran wajah serta body para pemerannya yang rata-rata juga belum begitu dikenal. Ada beberapa aktor senior, tapi juga bukan dari A-list actors. Paling hanya Katharine McPhee, runner-up American Idol, yang jadi satu-satunya dayatarik sebelum menyaksikan film ini, or else, if you noticed the lead actress, Sara Paxton dari ‘Aquamarine’ yang juga punya dua karir seperti McPhee di film dan musik.

Sekelompok anak muda kuliahan, Nick (Dustin Milligan), Beth (Katharine McPhee), Malik (Sinqua Walls), Maya (Alyssa Diaz), Blake (Chris Zylka) dan Gordon (Joel David Moore) memutuskan untuk pergi berlibur ke danau pribadi milik Sara (Sara Paxton) di pedalaman Louisiana. Namun apa yang didapat mereka disana, setelah terlebih diwarnai ribut-ribut dengan pemuda lokal Dennis (Chris Carmack) dan Red (Joshua Leonard) serta berkenalan dengan Sheriff Sabin (Donal Logue), adalah jauh di luar ekspektasi mereka. Danau itu ternyata dipenuhi berbagai spesies hiu lapar yang tak seharusnya ada disana, dan ada rahasia masa lalu Sarah yang tersimpan dibaliknya.

Sebagai mantan stuntman, sutradara David R. Ellis sebenarnya sudah punya catatan karir yang lumayan di Hollywood. Debut penyutradaraannya, sebuah sekuel film keluarga tentang persahabatan dua ekor anjing dan kucing Himalaya, ‘Homeward Bound II : Lost In San Francisco’ diakui sama baik seperti film pertamanya. Selain itu, ia juga berkiprah di kursi asisten sutradara blockbuster-blockbuster terkenal seperti ‘The Matrix’ dan ‘Harry Potter’, serta menyutradarai ‘Final Destination 2’ dan ‘Snakes On A Plane’ dengan faktor adrenalin yang cukup bagus. ‘Shark Night’ yang memang spesial dibesut dengan teknik 3D (bukan konversi namun tak secanggih film-film 3D kelas satu) ini juga merupakan salah satu ambisinya, sama seperti ‘Snakes On A Plane’. Inovasi untuk mengkombinasikan plot creature thriller dengan human thriller itu sebenarnya tampak jelas, disamping beberapa ide lain tentang informasi spesies hiu bersama ‘mondo documentary’ untuk jadi trivia yang menarik. Sayangnya, penyampaiannya ke dalam skenario tak dieksekusi dengan baik. Selain hanya jadi asesoris tak penting, dialog-dialog yang muncul untuk membangun beberapa unsur penting itu juga jadi terasa kelewat konyol dibalik turnover twistnya yang malah jadi sangat klise. Sudah begitu, adegan-adegan aksi yang dimaksudkan jadi highlight utamanya juga serba tak tertata dengan baik. Pameran gore-nya tak lepas seperti Piranha, dan seperti biasa, jualan tampang cantik dan seksi pemeran-pemerannya juga lewat hanya sekedar kapstok KW2 di Milligan yang mungkin mengingatkan kita sedikit ke Ben Affleck, dan yang tak kenal Paxton sebelumnya, Reese Witherspoon. Setnya di tengah rawa-rawa Louisiana juga bukannya membantu tapi malah memberi kesan yang sangat kental ke creature thriller kelas B. Apa boleh buat. ‘Shark Night’ memang tak se-kickass trailernya yang tampil jauh lebih menarik. Untuk genre sama yang menjual serbuan hiu, ini termasuk salah satu yang tergolong payah. (dan)

~ by danieldokter on November 25, 2011.

One Response to “SHARK NIGHT 3D : CREATURES FEATURES KW2”

  1. […] Shark Night 3D […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: