CONTRABAND : FACES OF BAD-ASSES

CONTRABAND

Sutradara : Baltasar Kormákur

Produksi : Relativity Pictures, Working Title Films, Blueeyes Productions, Universal Pictures, 2012

Hey, so what is ‘Contraband’ to replace its original title ‘Reykjavik-Rotterdam’, film Islandia tahun 2008 yang saya yakin, tak banyak diantara kita yang pernah mendengar hype-nya? Well, it’s come from french word, ‘contrebande’, means smuggling goods. Barang seludupan. Source aslinya, ‘Reykjavik-Rotterdam’ memang tak sampai mendunia. Kalaupun sebagai moviefreak Anda pernah mendengar atau tahu nama Baltasar Kormákur yang juga aktor di negaranya dan merupakan pemeran utama film ini, Anda pasti lebih tahu satu filmnya yang lain, ‘Jar City’, yang beredar lebih luas secara internasional termasuk di dvd bajakan kita. Namun ‘Reykjavik-Rotterdam’ adalah film Islandia berbujet terbesar yang memenangkan beberapa award lokal mereka, ‘Edda Awards’, termasuk untuk penyutradaraan Kormákur.  Jadi itulah alasan Working Title Films membuat remake Hollywood-nya. Apalagi, in terms of commercial goods, ini adalah sebuah action dengan plot yang menjanjikan. Dengan Kormákur tetap diimpor sebagai sutradara, mereka menyiapkan barisan cast yang lebih gede secara internasional. Mark Wahlberg, Ben Foster, Giovanni Ribisi serta Kate Beckinsale ada diantaranya. Let’s see the plot.

Chris Farraday (Mark Wahlberg) yang mantan penyeludup antar negara sebenarnya sudah lama insyaf dan memulai usaha instalasi peralatan sekuriti bersama istrinya, Kate (Kate Beckinsale) dan anak-anak mereka. Sahabatnya yang sama-sama mantan penyeludup, Sebastian Abney (Ben Foster) juga masih setia mendampingi mereka. Namun Farraday tak menyangka bahwa kiprahnya dulu menurun pada sang adik ipar, Andy (Caleb Landry Jones) , yang justru ketiban masalah ketika menyeludupkan narkoba untuk Tim Briggs (Giovanni Ribisi), mafia beringas yang kian mendominasi bisnis ini. Bagi Farraday, satu-satunya cara untuk menyelamatkan Andy dari ancaman Briggs yang meminta ganti rugi barangnya adalah dengan kembali ke kerjaan lamanya. Apalagi setelah Briggs berani mengancam Kate dan anak-anaknya. Maka bersama Andy dan rekan lama mereka, Danny Raymer (Lukas Haas), setelah menitipkan keselamatan Kate pada Abner, Farraday menyanggupi untuk menyeludupkan 10 juta dolar uang palsu dari Panama. Penyeludupan itu berlangsung kacau hingga mengharuskan Farraday berurusan dengan gembong kriminal Gonzalo (Diego Luna) di Panama, sementara Kate terus diganggu oleh Briggs dan Sebastian ternyata bukan kunci untuk menjamin keselamatannya. Farraday pun harus sekali lagi membuktikan ketangguhannya demi Kate dan keluarganya.

As ever, nama Wahlberg tetap identik dengan action. Dan remake ini memang bukanlah sebuah film action yang serba pretensius meskipun dilatarbelakangi oleh kesuksesan Kormákur di negaranya. ‘Contraband’ adalah sebuah pure mainstream action yang menjual eksplosifitasnya di plot penyeludupan yang intens dengan serangkaian adegan aksi yang juga sama serunya. To be honest, I haven’t watched the original movie, tapi Kormákur agaknya sudah punya modal cukup yang membuat remake Hollywood ini jadi sebuah suguhan action berkelas yang potensial yakni di pemilihan cast-nya. Latarbelakang karakter serba keras dalam plotnya dengan baik diterjemahkan oleh cast yang rata-rata punya kualitas bad-ass dari gestur dan mostly, tampang-tampang Wahlberg, Foster, Landry Jones, Ribisi, J.K. Simmons yang mencuri perhatian sebagai sang kapten kapal bahkan Diego Luna yang dengan baik bertransformasi menjadi kriminal ambisius serta sebarisan pendukung lainnya. All bad-asses. Hanya Haas yang mungkin tampil menjadi penyeimbang bersama Beckinsale, meskipun hanya sebatas pemanis yang sama sekali tak mendominasi keseluruhannya. Dengan kekuatan cast itu, plot penuh intriknya jadi tampil makin menarik dan membuat intensitasnya berjalan fast-moving sejak awal. In short, this is a very recommended movie for action fans. Faces of bad-asses! (dan)

~ by danieldokter on January 26, 2012.

One Response to “CONTRABAND : FACES OF BAD-ASSES”

  1. […] Contraband […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: