CHRONICLE : A BREATHTAKING MISFITS OF SCIENCE

CHRONICLE

Sutradara : Josh Trank

Produksi : Davis Entertainment, 20th Century Fox, 2012

Mockumentary? Faux documentary? Found footage? Call it what you like. Film-film yang menyajikan style ini dalam genre-genre horor, itu sudah biasa. Then comes Max Landis, putra sutradara terkenal John Landis, bersama sutradara debutan Josh Trank yang datang dengan sebuah gagasan. And no, gagasan itu tak sepenuhnya baru. Di ranah sci-fi atau fantasi, ‘Cloverfield’ sudah jadi pionirnya. Okelah, ini lebih spesifik ke genre superhero. Film-film tentang sekelompok anak muda dengan special powers, itu resep biasa. Dari komik, layar lebar hingga serial seperti ‘Heroes’ atau yang baru-baru ini marak, ‘Misfits’, biasa. Kemampuan telekinetis? Dari genre horor ala ‘Carrie’ hingga ‘Zapped!’ yang berkonyol ria, juga biasa. Konsep-konsep superhero dari science terapan berupa kemampuan otak, efek radiasi, serta misfits to society, sama juga. Bahkan tampilan posternya yang serba ingin kelihatan misterius itu pun sudah dimulai ‘Super 8’, plus viral marketing yang sama menarik, namun tak 100% fresh. Tapi Max dan Josh Trank me-wrapped ‘Chronicle’ benar-benar jadi tak biasa. Tak hanya dari style mockumentary-nya, tapi intensitasnya menjadi sebuah blockbuster yang cukup penuh hingar-bingar adegan aksi dengan excitement yang naik perlahan dari awal ke akhir. Plot teen oriented-nya juga tak lantas dibesut dengan bangunan kemunculan villain penguasa dunia atau sejenisnya, tapi dibiarkan menyatu menjadi latar konflik utama yang akan digelar. Namun diatas semua itu, kekuatan utamanya adalah sebuah keakraban pada semua lapisan penonton. Ini tak serba diam seperti ‘Paranormal Activity’, tak setradisional ‘The Blair Witch Project’, dan tak se-amusing ‘Cloverfield’ dalam gerakan kameranya. And it’s already a cinematic surprise!

Tekanan yang dialami Andrew (Dane DeHaan) di rumah, ibu yang tengah sakit keras, ayah keras yang abusive dan pemabuk, membuatnya tenggelam bersama hobinya dengan kamera. Dengan kamera itu, ia merekam semua kejadian di sekitarnya, hingga sering di-bully di sekolah karena dianggap aneh. Sementara sepupunya, Matt (Alex Russell), bersama teman sekolahnya, Steve (Michael B. Jordan) adalah siswa populer tanpa problem keluarga. Di sebuah rave party, dimana Andrew lagi-lagi menjadi korban kemarahan orang, mereka bertiga tiba-tiba mendapatkan kekuatan telekinetik misterius yang semakin kuat saat dieksplorasi. Dari menggerakan benda hingga terbang ke atas awan. Dalam sekejap, Andrew pun berubah jadi siswa populer. Matt juga kian dekat dengan Casey (Ashley Winshaw), cewek aktif yang juga membawa kamera kemana-mana untuk blog-nya. Namun ini juga jadi titik balik yang tak pernah mereka harapkan. Kekuatan itu semakin dan semakin besar, but things started to getting out of hand. And their camera witnessed all.

Kredit terbesar agaknya harus diberikan pada kiprah Max Landis dalam penyusunan cerita yang sangat down-to-earth seperti style mockumentary-nya. Luarbiasa rapi, bersama penyutradaraan Josh Trank yang juga terasa sangat fresh. Secara cermat, duo ini meletakkan kamera tetap menjadi peran utama film mereka dalam film-film sejenis namun kewajarannya terbangun bersama plotnya serta sematan karakter Casey yang juga ikut jadi guest storyteller di beberapa bagiannya. At least, dengan plot itu, mereka tak perlu cara ala MacGyver merubah kipas angin menjadi moving tripod, tapi tetap membuat keunikannya begitu terasa dengan shot-shot yang tak sependek jarak hand-held dari tampilan kamera yang melayang-layang dengan dinamis. Seperti mobil yang melaju perlahan namun makin lama makin kencang, Max dan Josh mengawali ‘Chronicle’ dengan pengenalan karakter serta konflik yang mantap, kemudian mulai memasukkan excitementnya ke adegan-adegan eksplorasi superpower yang asyik, lantas mendalamkan konfliknya dalam dramatisasi yang meski klise tapi wajar, then boom! You’ve all got the maximum overdrive ke final showdown yang benar-benar se-eksplosif blockbuster-blockbuster superhero ala ‘Superman 2’ atau ‘Hancock’. Intensitas ‘amok’nya malah nyaris menyamai genre-genre sci-fi monster, dengan adegan pengepungan sekelas ‘Dog Day Afternoon’ atau karya legendaris ayah Max, ‘The Blues Brothers’.

Aktor-aktris pendukung yang rata-rata belum pernah terdengar namanya itu pun tampil sama bagusnya. Tampang mereka boleh saja serba KW2, namun tak berarti aktingnya berantakan. Mulai dari Michael B. Jordan yang mirip Brandon T. Jackson, Alex Russell yang bagaikan versi macho Ashton Kutcher tanpa poni lemparnya, serta Dane DeHaan yang paling bersinar menunjukkan tekanan mendalam di karakternya, yang dalam banyak angle terlihat persis Leonardo DiCaprio di awal-awal karirnya. Oke, CGI tak sesempurna blockbuster mahal dan sedikit antiklimaks di penghujungnya mungkin kurang meninggalkan kesan, namun Anda akan dengan mudah memaafkannya dengan semua kelebihan yang sudah digelar mereka sejak awal. So there goes another surprise. Hanya dengan modal sekitar 12 juta US$, ‘Chronicle’ sudah diramalkan bakal menancapkan tajinya di perolehan box office minggu awal peredarannya di Super Bowl weekend bersama mouth to mouth promotion yang bakal sebesar viral marketingnya dengan review-review positif dari kritikus. Rasanya bukan tak mungkin bakal muncul epigon-epigonnya ke depan nanti.  This is something breathtaking and highly entertaining . Tontonan di awal tahun yang sama sekali tak boleh Anda lewatkan! (dan)

~ by danieldokter on February 3, 2012.

3 Responses to “CHRONICLE : A BREATHTAKING MISFITS OF SCIENCE”

  1. wah ternyata ada bener ya om film serupa yg judulnya ‘Misfits’ ? kirain itu judul awalnya film ini..

  2. yup, serial teve produksi Channel 4 UK, kaya Heroes, cuma krn dari Inggris gaungnya ga sepopuler serial teve US disini.

  3. […] Chronicle […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: