SAFE : AN ACTION THAT TRIED TOO HARD

SAFE

Sutradara : Boaz Yakin

Produksi : IM Global, Lawrence Bender Productions, Trigger Street Productions, Lionsgate, 2012

 

Statham means action. Hard-punching ones. Dan ia belum beranjak dari sana. ‘Safe’, film yang aslinya dirilis di UK akhir tahun lalu ini kembali menggunakan formula interracial action seperti film-film Hollywood-nya Jet LiJackie Chan, or sounds a bit like Luc Besson’s. Deretan yang berdiri di belakang produksinya lumayan menjanjikan. Sutradara Boaz Yakin dari ‘Remember The Titans’, produsernya Lawrence Bender yang lekat dengan film-film Quentin Tarantino including the upcoming ‘Django Unchained’, dan tampil bersama Statham, ada dua nama senior yang cukup berkelas di era-nya mereka. Robert John Burke yang menggantikan Peter Weller di ‘Robocop 3’ dan Chris Sarandon. Dan oh, James Hong, aktor gaek yang sudah melanglang buana ke segala genre film dari kualitas layak sampai hancur, tetap dalam peran klise sesuai etnisnya. Namun pendamping utama Statham di film ini bukan mereka, melainkan gadis kecil Catherine Chan, yang tampil cukup meyakinkan dalam debutnya di layar lebar.

Kehidupan Luke Wright (Jason Statham) yang jadi petarung MMA ilegal langsung berubah setelah ia menolak kalah dengan bayaran terhadap tawaran mafia-mafia Rusia. Menggelandang di jalanan New York setelah kehilangan istrinya, Luke awalnya mencoba menerima nasibnya, namun kala ia menyaksikan seorang gadis kecil jenius bernama Mei (Catherine Chan) dikejar oleh mafia-mafia yang sama untuk dimanfaatkan, Luke memutuskan untuk menyelamatkan Mei dan memulai perang pribadinya dengan mafia-mafia ini, yang ternyata bukan saja menyimpan konspirasi serta perseteruan dengan mafia-mafia Cina di Chinatown New York, namun juga polisi-polisi korup yang terkait dengan masa lalu Luke. Apalagi ia juga punya trauma yang sama dengan Mei, atas kehilangan orang-orang tercinta mereka. Between revenge and redemption, Luke crashes all his way out. No mercy.

I should say, tak ada yang terlalu spesial dari ‘Safe’ meskipun packagenya datang dengan sedikit berbeda. Sebagai sebuah pameran aksi, adegan-adegan actionnya memang tampil se-keras pukulan Statham ke musuh-musuhnya. Hard-punching as ever, dan cukup eksplosif juga di tengah pertarungan ekstra dor-doran dengan senjata. Chemistry-nya dengan Catherine tak terlalu jelek, dan cast-cast seniornya yang rata-rata bertampang sangar juga cukup memberi warna, dari Hong, Reggie Lee, Burke, plus Anson Mount (the guy who popped Britney Spears in ‘Crossroads’) sebagai villain-villain tangguh bersama Chris Sarandon. Namun sandungan terbesarnya juga muncul dari seribu janji ekstra untuk membuatnya kelihatan lebih berkelas itu.

Boaz Yakin yang juga punya karir lumayan sebagai penulis skenario dari ‘The Punisher’-nya Dolph Lundgren hingga ‘Prince Of Persia’ agaknya terlalu berusaha menyusun plot penuh layered twist yang meski ringan tapi ingin terlihat pintar, tanpa menyadari efek kanibalisme terhadap sinkronisasi karakternya. Yang terlihat kemudian justru inkoherensi dalam bangunan karakter itu, yang naik turun secara drastis terhadap intrik berlapis, adegan-adegan aksinya hingga sempalan plot redemption-nya yang jadi menurunkan intensitas aksinya. Kadang kita bisa melihat karakter-karakter baik jagoan atau villainnya luarbiasa tangguh, tapi selanjutnya dengan mudah lepas kendali. Mungkin Boaz Yakin lebih baik menggagas plotnya lebih ringan lagi untuk makin menonjolkan adegan aksi itu, cause after all, let’s admit, kita belum kepingin melihat Statham banting stir meninggalkan style-nya sebagai action hero. So it might titled ‘Safe’, tapi pilihan itu tak sepenuhnya ‘Safe’ terhadap keinginan penonton kebanyakan. Just an action that tried too hard. (dan)

~ by danieldokter on May 16, 2012.

One Response to “SAFE : AN ACTION THAT TRIED TOO HARD”

  1. […] Safe […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: