WHAT TO EXPECT WHEN YOU’RE EXPECTING : SURPRISINGLY HILARIOUS!

WHAT TO EXPECT WHEN YOU’RE EXPECTING

Sutradara : Kirk Jones

Produksi : Alcon Entertainment, Phoenix Pictures, Lionsgate Pictures, 2012

Ini adalah trend baru. Film adaptasi yang bukan diangkat dari novel atau cerpen, namun source-nya berupa self-improvement book, yang dikembangkan menjadi sebuah fiksi. ‘He’s Just Not That Into You’, sudah memulainya di 2009, diikuti dengan ‘Think Like A Man’ yang hanya berjarak sebulan dari ‘What To Expect When You’re Expecting’ ini. Pakemnya masih tak bisa lepas dari crossover dengan trend lain, interwoven rom-com dengan ensemble cast, yang juga belakangan ini sering muncul seperti dalam ‘Valentine’s Day’ atau ‘New Year’s Eve’.

What To Expect When You’re Expecting’ sendiri merupakan self-improvement atau self-help book best seller karya Heidi Murkoff dan Sharon Mazel yang sudah dipublikasi sejak 1984 dan masih terus dicetak ulang dengan sejumlah revisi hingga sekarang saking fenomenalnya. Bukan saja masuk dalam list ’25 Most Influential Books’ versi USA Today, persepsinya sudah berkembang sebagai sebuah ‘bible’ buat masyarakat AS yang sudah dibaca hingga lebih dari 90% wanita yang tengah berada di seputar kehamilan. So, ini harusnya memang menarik.

Apalagi, ensemble cast itu dipenuhi bintang-bintang yang punya nama cukup gede di Hollywood. Ada Jennifer Lopez, Cameron Diaz, Elizabeth Banks, Anna Kendrick, Brooklyn Decker di barisan aktrisnya. Sementara di list aktor ada nama-nama yang lebih dikenal di serial televisi. Chace Crawford dari ‘Gossip Girl’, Matthew Morrison, penyanyi sekaligus salah satu pendukung ‘Glee’, Rodrigo Santoro, aktor asal Brazil yang selain bermain di serial ‘Lost’ juga muncul di sejumlah film Hollywood terkenal seperti ‘300’ dan siap muncul di sekuelnya serta action terbaru Schwarzenegger, ‘Last Stand’, Joe Manganiello dari ‘True Blood’ plus Dennis Quaid dan Chris Rock. Lantas masih ada lagi dukungan komedian-komedian baru seperti Ben Falcone dan Rebel Wilson dari ‘Bridesmaids’, serta Thomas Lennon yang sudah sering sekali kita lihat di film-film komedi Hollywood termasuk muncul singkat di ‘The Dark Knight Rises’ barusan. Cameonya pun tak kalah menarik. Dari bintang-bintang serial televisi dan selebriti reality show, atlet NBA sampai Genesis Rodriguez, Cheryl Cole dan Taboo-nya ‘Black Eyed Peas’.

Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang dimuat dengan style Q and A di buku aslinya itu, plotnya berpusat pada sejumlah pasangan di Atlanta yang tengah berada dalam problematika seputar kehamilan. Ada pasangan kontestan dance show Jules dan Evan Baxter (Cameron Diaz & Matthew Morrison) yang masing-masing adalah selebritis , kemudian pemilik butik sekaligus penulis buku anak Wendy (Elizabeth Banks) bersama suaminya Gary Cooper yang hamil bersamaan dengan pasangan ayah Gary (Dennis Quaid) yang berusia jauh lebih muda dari Wendy, Skyler (Brooklyn Decker). Ada lagi Rosie (Anna Kendrick) yang harus berurusan dengan masalah keguguran bersama mantan highschool crush-nya, Marco (Chace Crawford) serta pasangan fotografer Holly (Jennifer Lopez) dan produser musik Alex (Rodrigo Santoro) yang tak kunjung dikaruniai keturunan. Di tengah mereka, ada pula grup ayah pengasuh yang kerap bertemu di taman kota (Chris Rock, Rob Huebel, Amir Talai & Thomas Lennon) serta cowok idola mereka (Joe Manganiello) yang belakangan malah ikut bergabung dengan kehamilan pacarnya. Sebagian karakter ini saling bersinggungan dengan satu benang merah yang sama. Kehamilan dan parenthood.

Oke. Ensemble cast itu mungkin tak segede film-film dengan trend yang sama,  ensemble cast seperti ‘New Year’s Eve’ atau ‘Valentine’s Day’, ataupun based on self-help books dalam ‘He’s Just Not That Into You’ (while ‘Think Like A Man’ jauh lebih kecil lagi skupnya karena segmental di sisi ras pemerannya), namun tanpa bisa ditampik, permasalahan yang diangkat dalam ‘pregnancy bible’ itu memang memberikan kemungkinan eksplorasi jauh lebih luas dibanding yang lain. Lantas dalam konteks yang sangat ‘wanita’ dibalik permasalahan yang jauh juga lebih universal dalam membangun komunikasinya, duo penulis skenarionya, meski masih tergolong baru, memang memiliki catatan karir yang sangat kental di sisi feminin-nya, Shauna Cross dari ‘Whip It’ (2009) serta Heather Hach dari ‘Freaky Friday’ (2003). And there you go. Ditambah dengan dukungan wajah-wajah yang lebih fresh mendampingi sebagian nama besarnya, termasuk komedian-komedian dengan style sick-jokes ala sekarang itu, plus sutradara Kirk Jones yang sebelumnya juga akrab dengan atmosfer sejenis (film Jones sebelumnya adalah ‘Everybody’s Fine’/2009) ‘What To Expect When You’re Expecting’ ini memang terasa jauh lebih fresh dibanding judul-judul lain dalam crossover dua jenis trend itu.

Di departemen cast-nya, Jennifer Lopez dan Cameron Diaz bermain cukup aman dalam karakter mereka, Lopez tetap dengan konflik ala romcom-romcom dia biasanya, plus sedikit heart factor pula pastinya, dan Diaz, as ever, mengedepankan kemampuannya berkonyol ria. Chemistry mereka dengan pasangannya yang notabene bintang-bintang junior itu juga terjalin cukup kompak tanpa terlihat pincang, namun kredit terbesar disini harus diberikan pada Elizabeth Banks dan Anna Kendrick serta diatas semuanya, Dennis Quaid yang justru jadi pemeran paling senior. Bersama Ben Falcone yang diserahi peran sebagai putra underdog dari karakternya sebagai mantan pembalap terkenal, konflik mereka muncul jadi bagian terlucu dari film ini. Jangan lupa juga dengan Rebel Wilson dan Thomas Lennon yang tetap bisa mencuri perhatian di penampilan singkat mereka, bahkan terlihat jauh lebih lucu dari Chris Rock yang sudah berstatus komedian senior. Sementara yang jadi daya tarik terbesar buat penonton wanita, pastilah penampilan Chace Crawford-Matthew Morrison-Rodrigo Santoro plus Joe Mangianello.

So yes, dalam trend sejenis, walau menyuguhkan permasalahan yang sebenarnya sangat serius sebagai self-improvement advise dalam pengetahuan umum para orangtua serta calon bapak-ibu, dari masalah kehamilan, miscarriage, adopsi hingga hubungan antar keluarga, balutan narasinya memang menjadikan ‘What To Expect When You’re Expecting’ ini memang tontonan yang sangat pop. Tak perlu mengharapkan pendalaman plot macam-macam, deskripsi konflik-konflik itu sudah cukup untuk dibalut secara komikal buat tertawa bersama. Itu juga mungkin yang jadi alasan mereka tak gentar merilisnya di tengah-tengah gempuran summer movies dalam kapasitas yang jauh lebih dahsyat. Bahwa dalam konsep paling dasar sebuah tontonan adalah hiburan, seperti manfaat source aslinya sendiri, film ini sudah mengandung knowledge content lebih dari sekedar banyolannya. Jadi jangan buru-buru skeptis dulu dengan rom-com dengan ensemble cast seperti ini. This one, is surprisingly hilarious! (dan)

~ by danieldokter on July 24, 2012.

One Response to “WHAT TO EXPECT WHEN YOU’RE EXPECTING : SURPRISINGLY HILARIOUS!”

  1. […] What To Expect When You’re Expecting […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: