SAMMY’S ADVENTURES 2 : ESCAPE FROM PARADISE ; SMALLER SCALE AND STILL HILARIOUS!

SAMMY’S ADVENTURES 2 : ESCAPE FROM PARADISE / SAMMY 2

Sutradara : Ben Stassen & Vincent Kesteloot

Produksi : nWave Pictures, Illuminata Pictures & Studio Canal, 2012

Ah, jangan menganggap remeh dulu franchise animasi ini. Meski berasal dari Belgia dan bukan berskala Disney, Pixar ataupun studio gede Hollywood lainnya, animasi Belgia yang dibesut dalam bahasa Inggris ini sudah membuktikan pasarnya di tahun 2010 lalu. ‘Sammy’s Adventures : The Secret Passage’, instalmen pertama itu, memang tak berenang panjang sampai ke Hollywood dengan rilis meluas, namun animator-animator Belgia ini mengarahkan amunisinya ke wilayah Eropa dan Asia, termasuk Indonesia. Sebagai daya tariknya, voice talent-nya juga memasang aktor-aktor dengan nama cukup dikenal, dari Gemma Arterton, Anthony Anderson, Jenny McCarthy hingga senior-senior seperti Stacy Keach, Ed Begley Jr. dan Melanie Griffith. Soundtrack-nya juga dipenuhi hitsingle internasional dari Mika, Bruno Mars, Michael Jackson hingga skor yang menggamit komposer Ramin Djawadi.

Premisnya mungkin simpel dan serba dangkal meski punya timeline sepanjang 50 tahun penuh kehilangan dan pencarian antara tiga karakter utamanya, Sammy, Ray dan Shelly, tapi selain disiasati dengan storytelling yang penuh popular knowledge, seolah menyaksikan dokumenter Discovery Channel atau National Geographic, seluk-beluk kehidupan kura-kura laut, keunggulannya ada pada gimmick 3D yang dipenuhi adegan popped-out dengan detil-detil bagus. Sasaran itu memang mengena terutama pada penonton belia sehingga ‘Sammy’s Adventure’ berhasil mencetak box office bagus serta penjualan merchandise, bahkan cukup masif di beberapa negara Asia, sehingga mereka lebih yakin membesut sekuel ini dua tahun setelahnya. Tanpa perlu lagi menggunakan voice talent terkenal, tapi masih ada skor Ramin Djawadi serta  themesong ‘Stranded’ dari Greyson Chance, yang dalam peredaran versi Korea-nya dibawakan talent yang sedang naik daun disana, IU, yang sekaligus mengisi suara dua karakter pentingnya, Ella dan Ricky bersama Lee Gi-Kwang dari B2ST. Semua di-setting sesuai ke pangsa pasarnya, dan diatas semua itu, gimmick popped-out 3D itu, kembali jadi kekuatan yang sangat mengundang.

Masih melanjutkan petualangan Sammy (Billy Unger) di akhir film pertamanya, telur-telur cucu Sammy dan Ray (Carlos McCullers II), Ella dan Ricky yang baru menetas disatroni oleh burung-burung laut. Namun burung-burung ini bukanlah ancaman utama karena bersama-sama kemudian mereka terjebak ke kapal para pemburu gelap untuk ditempatkan di akuarium raksasa di sebuah restoran jetset di Dubai. Terpisah kembali dengan Shelly (Isabelle Fuhrman), Bersama teman-teman barunya disana, Jimbo si ikan buntal dan Lulu si Lobster (Joe Thomas), mereka berusaha melarikan diri dengan bantuan Ricky dan Ella, serta melawan dominasi kuda laut Big D yang memanipulasi seisi akuarium demi kepentingannya.

Ah ya, you’ve seen that plot, meski dalam skala berbeda, dalam ‘Finding Nemo’ yang baru saja dirilis ulang dalam format 3D. Apalagi tetap ada karakter clownfish mirip Nemo ikut bertualang bersama Sammy dkk disini. Terserah saja kalau mau menuduh, tapi kreatifitas itu tetap digarap dengan koridor berbeda oleh Ben Stassen yang kali ini dibantu Vincent Kesteloot di kursi sutradara, lebih ke tribute-tribute ke film pelarian klasik seperti ‘The Great Escape‘. Kesuksesan instalmen pertamanya mungkin membuat storytelling penuh popular knowledge ala dokumenter itu jauh berkurang, namun konten intensitas thrill dalam pelarian fauna-fauna laut ini juga tak bisa dibilang jelek.

Beberapa adegan kejar-kejarannya tetap muncul dengan seru, termasuk adegan hiu, apalagi dengan gimmick popped-out 3D yang benar-benar bekerja dengan baik. Karakter-karakternya yang jauh lebih banyak pun bisa ditampilkan masing-masing secara cukup penting dibalik dialog-dialog lucu untuk sisi komedi dan adu intrik mereka dengan Big D dan para pekerja serta sekuriti restoran. Tetap dengan konten ringan,  ‘Sammy’s Adventures 2 : Escape From Paradise’ yang di beberapa negara disingkat hanya dengan ‘Sammy 2’ ini tetap sukses membidik sasaran penontonnya, dan dalam variasi untuk lebih mengenal animasi lain di luar Hollywood, ini sudah cukup bagus. Smaller scale, but still hilarious! (dan)

~ by danieldokter on October 21, 2012.

2 Responses to “SAMMY’S ADVENTURES 2 : ESCAPE FROM PARADISE ; SMALLER SCALE AND STILL HILARIOUS!”

  1. seandainya penggambaran kharakter ikannya lebih ‘normal/alami’, tidak dibuat terlihat lucu ato konyol mungkin terlihat lebih baik, jadi gk kliatan seperti film animasi low budget

    Selain itu juga terlalu banyak dialog2 yang gk (begitu) penting yang mengisi hampir separuh durasi, plus joke2 yang sama skali gk kena sasaran aka garing, IMO🙂

    Tapi kabar baiknya ya itu, 3D nya GK NAHAN!

  2. […] Sammy’s Adventures 2 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: