HOTEL TRANSYLVANIA : MONSTERS OF THE BRIDE

HOTEL TRANSYLVANIA

Sutradara : Genndy Tartakovsky

Produksi : Sony Pictures Animation, Columbia Pictures, 2012

HT10

Dalam ranah persaingan studio animasi, Sony Pictures Animation, memang belum lagi sehebat Pixar, Disney maupun DreamWorks. Tapi prestasi dan hasil box office sebagian filmnya, juga tak bisa dianggap remeh. Dari ‘Open Season’ ke ‘Cloudy With A Chance Of Meatballs’ hingga ‘The Smurfs’ dan ‘Arthur Christmas‘, ia sudah jadi kuda hitam buat studio-studio besar itu. Dan animasi terbaru mereka, ‘Hotel Transylvania’, mungkin akan lebih dikenal sebagai filmografi Adam Sandler. Tapi ada satu nama penting yang belum begitu banyak menyita perhatian orangGenndy Tartakovsky, animator kelahiran Rusia yang sudah malang-melintang sebagai sutradara dan produser di sederet animasi televisi Cartoon Networkdari ‘The Powerpuff Girls’, hingga sudah pernah memenangkan Emmy Awards berturut-turut lewat ‘Samurai Jack’ danStar Wars : Clone Wars’. Walau jadi nama terakhir sejak pengembangan awalnya di tahun 2006, setelah sempat bergonta-ganti sutradara, ‘Hotel Transylvaniamenjadi pembuktian diri bagi Tartakovsky. Review-nya boleh saja beragam, namun box office-nya, tanpa bisa dipungkiri, melaju cukup kencang di masa-masa pasca summer blockbusters, hingga sudah memastikan sekuel yang tetap dipegang olehnya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

HT1

Moreover, mengikuti trend pintar-pintarnya skrip film-film sekarang, ‘Hotel Transylvania’ adalah juga sebuah ‘meta’. Tribute dengan referensi ke karakter-karakter monster legendaris dari ‘Dracula’, ‘Frankenstein’, ‘Wolfman’, ‘Invisible Man’, ‘The Mummy’, ‘Hunchback Of Notredame’, ‘Zombie’ sampai cameo ‘Mr Hyde’, ‘Yeti’, ‘The Blob’, bahkan ‘Gremlins’. Dalam konsep berbeda dengan ‘Cabin In The Woods’ yang lebih mengarah ke live action horror, ‘Hotel Transylvania’ menjadi sebuah treat bagi penonton lebih belia. So yes, dari konsep itu, ini adalah sebuah animasi yang sangat menarik perhatian.

HT4

Hotel Transylvania’ sendiri adalah sebuah five-star resort tempat berkumpulnya para monster jauh dari peradaban manusia di tengah sebuah hutan misterius. Namun pemiliknya, Count Dracula (Adam Sandler), ternyata menyimpan sebuah rahasia masa lalu atas ibu sang putri yang dibesarkannya secara over-protektif, Mavis (Selena Gomez), yang tengah bersiap merayakan ultah ke 118-nya. Kala semua undangan Dracula berkumpul disana, ada Frankenstein (Kevin James) dan istrinya Eunice (Fran Drescher), Murray The Mummy (Cee Lo Green), Wayne dan Wanda Werewolf (Steve Buscemi & Molly Shannon), The Invisible Man (David Spade) dan lain-lain, ulah Mavis yang penasaran menelusuri dunia luar malah mengundang seorang anak muda, Jonathan (Andy Samberg) masuk kesana. Sekarang, di tengah ketidaksanggupannya menghalangi keinginan Mavis yang mulai saling jatuh cinta dengan Jonathan, Dracula terpaksa melindungi Jonathan dibalik sebuah penyamaran sebagai sesama monster diantara mereka, namun Quasimodo (Jon Lovitz) yang kebetulan mengetahui rahasia ini juga siap mengacaukan semuanya.

HT5

Smells a bit likeFather Of The Bride’, ‘Hotel Transylvania’ memang punya template lovestory tentang ayah over-protektif dan putri remaja-nya. Dan keikutsertaan istri dan putrinya, Jackie dan Sadie Sandler, dalam proyek ini, apalagi segmentasi filmnya sendiri, mungkin membuat komedian spesialis sickjokes ini jadi sedikit melunak dibandingkan kebanyakan film-film live action-nya. So there you go, komedi yang ditawarkan ‘Hotel Transylvania’ dari naskah yang dibesut oleh Peter Baynham dan Robert Smigel, salah satu junior-nya di ‘Saturday Night Live’, memang lebih diperuntukkan untuk segmentasi segala umur. With Sandler, mostly playin’ cutie, ketimbang gila-gilaan seperti biasanya.

HT2

Tak ada yang salah memang dari template dan light jokes dalam perwujudannya sebagai PG-Rated animation, namun sedikit banyaknya, ekspektasi yang muncul dari nama-nama sebaris pendukungnya (kecuali Selena Gomez yang masuk belakangan menggantikan Miley Cyrus, tentunya) jadi terasa kontradiktif dengan joke-joke yang termuat dalam film ini, which far from their usual sickjokes, might be too childish for adults. Pemunculan berbagai karakter yang terlalu padat juga di sisi lain jadi distraksi untuk penceritaannya, selain membatasi voicetalent yang seharusnya bisa tampil lebih dengan masing-masing style komedi mereka.

HT9

However, animasinya justru jadi keunggulan lain bagi ‘Hotel Transylvania’. Penggabungan teknik 2-D tradisional yang biasanya menjadi style Tartakovsky dengan CGI modern menghasilkan desain visual alternatif karakter para monster yang menarik berikut detil-detil set yang cantik. Meski tak kelewat popped-up, gimmick 3D-nya juga tergolong bagus terutama di chasing parts yang cukup banyak muncul dalam gelaran aksi-aksiannya. Terakhir, lagu-lagu di soundtrack-nya terasa cukup catchy dengan sebaris well-known performers dari LMFAO, Becky G., Will I Am dan hampir seluruh cast utama-nya.

HT7

Jadi begitulah. ‘Hotel Transylvania’, bisa jadi kelewat kekanak-kanakan bagi penonton dewasa dengan segmentasi sasaran tadi, namun bukan berarti sama sekali tak ada yang bisa dinikmati dari animasi ini, apalagi di bagian eksplorasi meta-monsters-nya, yang cukup bisa menyita perhatian buat penelusuran karakter-karakternya. Sesekali mungkin kita perlu mengalah buat animasi yang bisa lebih akrab bagi pemirsa belia dibalik kedewasaan referensinya, dan ‘Hotel Transylvania’ sudah membangun racikan itu dengan cukup seimbang. (dan)

~ by danieldokter on December 2, 2012.

One Response to “HOTEL TRANSYLVANIA : MONSTERS OF THE BRIDE”

  1. […] Hotel Transylvania […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: