THE ASSASSINS (铜雀台) : ROMANCE BEYOND THE THREE KINGDOMS

THE ASSASSINS (铜雀台)

Sutradara : Zhao Linshan

Produksi : Changchun Film Studio, 2012

As1

Trend perfilman Cina mengangkat tema-tema era ‘The Three Kingdoms’ tampaknya belum lagi berakhir. Sah saja sebenarnya, secara novel-novel dan sisi historikalnya memang bergulir panjang dengan seabrek kisah-kisah menarik dari para karakternya. Ada ‘Three Kingdoms : Resurrection Of The Dragon’-nya Daniel Lee (Andy Lau dan Sammo Hung) yang sangat pop dan melenceng dari sejarah, ‘The Lost Bladesman’-nya Felix Chong dan Alan Mak yang menggambarkan kepahlawanan Guan Yu (Donnie Yen) sampai dwilogi ‘Red Cliff’-nya John Woo (Tony Leung dan Takeshi Kaneshiro) yang paling akurat. ‘The Assassins’ (‘Bronze Sparrow Terrace’) yang menampilkan Chow Yun-Fat setelah urung tampil dalam ‘Red Cliff’ ini menyorot bagian historikal yang lain lagi dengan racikan fiktif sebuah lovestory dibalik sejarahnya. So yes, ‘The Assassins’ ini sama sekali tak berupa adaptasi dari penggalan novel atau sejarahnya, namun menggunakan template Three Kingdoms  dalam bangunan plotnya.

As6

Setelah menaklukkan para seterunya dalam peperangan supremasi di Cina Utara, Jendral Cao Cao (Chow Yun-Fat) memaksa Kaisar muda Xian (Alec Su) untuk menganugerahkan gelar raja di kota Wei dengan membangun basis militer kerajaan yang dikenal sebagai ‘Bronze Sparrow Terrace’ demi menunjukkan kekuatannya. Sementara pihak musuh sudah dari jauh-jauh melatih anak-anak korban invasinya menjadi para pembunuh bayaran yang siap dikirim untuk misi rahasia menghabisi Cao Cao. Dua pembunuh yang mendapat tugas itu adalah Ling Ju (Liu Yi-Fei) dan kekasihnya Mu Shun (Hiroshi Tamaki) yang sejak muda sudah dikebiri demi menjaga loyalitasnya. Selagi Ling Ju disusupkan sebagai selir Cao Cao yang dengan cepat menarik perhatiannya, Mu Shun tetap mengawasi misi rahasia ini dari kehidupan luar istana, namun Cao Cao memang tak mudah untuk ditaklukkan dengan kharismanya, meski ia  masih harus berurusan dengan putranya, Cao Pi (Qiu Xin-Zhi) yang juga menyimpan ambisi kekuasaan pribadi.

As3

Lebih dari gelaran adegan aksi period martial arts, untuk penonton yang mengetahui seluk-beluk sejarah Three Kingdoms, selalu menarik untuk mengikuti intrik-intrik politik yang bahkan seringkali masih relevan untuk dipelajari hingga sekarang. Sementara bagi penonton lain yang tak begitu akrab dengan sisi historisnya, ‘The Assassins’ tentu saja menjual nama Chow Yun-Fat di tengah akting dan usianya yang semakin matang, atau pesona kecantikan Liu Yi-Fei yang sedang naik daun di perfilman mereka.

As7

Dan sutradara Zhao Linshan membangun kekuatan karakterisasi dalam plotnya lewat sinematografi Zhao Xiaoding yang sudah dikenal kepiawaiannya dalam film-film Zhang Yimou. Di tangan Xiaoding yang membesut visualisasinya dengan luarbiasa cantik dibalik set ciamik, tata kostum dan production values dari penata artistik Yohei Taneda yang solidnya bukan main, ‘The Assassins’ bisa terasa sangat enak buat diikuti meski punya cukup minim adegan aksi yang diharapkan penonton dari adaptasi Three Kingdoms biasanya.

As5

Pentolan utamanya, Chow Yun-Fat, tampil sangat berkharisma sebagai tiran simpatik di batas tipis antagonis dan protagonis karakternya, sementara tema lovestory antara karakter Liu Yi-Fei dengan aktor Jepang, Hiroshi Tamaki justru dibangun cermat jadi latar cerita yang cukup erat membangun konflik-konflik termasuk part cinta segitiga yang tersirat antara karakternya. Tanpa batas jelas karakter hitam dan putih, ‘The Assassins’ malah bisa lebih leluasa membangun empati penonton terhadap para karakter-karakter itu. So yes, it’s overall a story about intrigue of powers yang menggunakan template historikal Cina, namun sisi romansa-nya tak sekali pun ketinggalan memberi warna dalam emosinya. Drama historikal yang cantik, namun sayangnya mengecoh penonton yang mengharap sebuah film seru penuh gelaran aksi. (dan)

~ by danieldokter on December 18, 2012.

One Response to “THE ASSASSINS (铜雀台) : ROMANCE BEYOND THE THREE KINGDOMS”

  1. […] The Assassins […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: