FLIGHT : GRAVITY OF THE HEART

FLIGHT

Sutradara : Robert Zemeckis

Produksi : Parkes + MacDonald Prods, ImageMovers, Paramount Pictures, 2012

Flight8

            Ah, that name, Robert Zemeckis. Name any moviegoers’ top 50 list of all time, dan hampir semua pasti punya paling tidak satu film Zemeckis di dalamnya. ‘Romancing The Stone’, ‘Back To The Future’, ‘Forrest Gump’, ‘Contact’, ‘Cast Away’, evenWhat Lies Beneath’. Karirnya sebagai produser belakangan memang tak lagi menyisakan banyak film-film memorable, hanya ada CG-created animationThe Polar Express’, ‘Beowulf’ dan ‘A Christmas Carol’ yang masih meneruskan nama besarnya itu. Sekarang ia kembali dengan ‘Flight’, yang meski lebih ke genre drama, tetap menunjukkan bahwa Zemeckis, tak pernah jauh-jauh dari teknologi. Oh ya, ‘Flight’ boleh saja punya skrip bagus dari John Gatins yang juga jadi nominee Oscar tahun ini, skor dari komposer langganan Zemeckis, Alan Silvestri, bersama pastinya, Denzel Washington’s tour de force performance yang sudah lama tak kita lihat darinya, but trust me. Zemeckis, tetap adalah seorang pilot yang handal dalam film-film yang disutradarainya.

Flight6

            Kecuali airlines crew-nya, tak banyak yang tahu kalau Kapten William ‘Whip’ Whitaker (Denzel Washington) bergelimang masalah minuman keras dan narkoba dibalik profesinya sebagai pilot senior. But he’s about to take the consequences. Penerbangan Southjet 227 dari Orlando ke Atlanta yang diawali turbulensi kuat mengalami kerusakan di sistemnya saat diterbangkan co-pilot Ken Evans (Brian Geraghty) dengan Whip yang tertidur setelah mencampur vodka ke dalam orange juice-nya. Whip memang mengambil tindakan cepat dengan keputusan manuver tak biasa sebelum pesawat itu mendarat darurat di sebuah lapangan menewaskan hanya beberapa orang termasuk dua kru termasuk pramugari Katerina Márquez (Nadine Velazquez) yang ditidurinya malam sebelumnya. Namun status instannya sebagai pahlawan yang menyelamatkan banyak nyawa tak bisa menghindarkannya dari pemeriksaan NTSB (National Transportation Safety Board) yang menemukan tes toksikologi dalam darahnya. Sementara sahabat lamanya Charlie Anderson (Bruce Greenwood), pimpinan serikat pilot mencoba menyelamatkannya lewat pengacara Hugh Lang (Don Cheadle) yang licin, Whip menjalin hubungan dengan Nicole (Kelly Reilly), model pornografi yang juga sedang mencoba melepaskan diri dari masalah ketergantungan obat bius. Meski sulit lepas dari ketergantungannya, pelan-pelan, Whip yang juga sejak lama punya masalah dengan anak tunggal yang kini tinggal bersama mantan istrinya dan begitu membencinya, mulai mencoba mengumpulkan kembali hidupnya menuju sidang investigasi yang dipimpin oleh petugas NTSB idealis Ellen Block (Melissa Leo). Diantara tiga pilihan, kelangsungan karir, status pahlawan, atau justru kejujuran hati untuk orang-orang yang dicintainya.

Flight1

            Dibalik sebuah kisah sejati yang bertabur banyak aspek menarik ke permasalahan yang jadi latar plotnya, termasuk sindiran-sindiran pada rahasia umum rata-rata kehidupan profesi itu dari skenario Gatins yang sangat provokatif, ‘Flight’ punya dua faktor yang sangat mencuat ke permukaan. Satu pastinya adalah scene crash landing di bagian-bagian awal yang bergulir begitu intens menunjukkan kelasnya Zemeckis, dan yang kedua, powerhouse performance dari Denzel Washington yang sudah lama tak kita saksikan lewat film-film blockbuster hasil kolaborasinya dengan sutradara alm. Tony Scott.

Flight3

       Denzel Washington tentunya tetap seorang aktor yang cemerlang di serangkaian film-film itu, namun sebuah tipikalitas tak lagi membuatnya bersinar lebih sebagai award-quality actor, satu yang terbaik yang dimiliki Hollywood. Dan bukan juga berarti sebaris aktor-aktris pendukungnya tak bermain bagus. Dari Bruce Greenwood, Don Cheadle, Kelly Reilly hingga Melissa Leo and mostly John Goodman yang punya scene terbatas, semuanya berbaur dengan kekuatan akting tak main-main, namun memerankan karakter Whip di tengah dilema pilihannya, walaupun tetap tak bisa melepas beberapa gestur tipikalnya, ia benar-benar tampil luarbiasa terutama di scene-scene akhir menuju breaking down ending yang cukup menyentuh itu. Sejumlah nominasi dari festival-festival bergengsi, termasuk Oscar, jadi buktinya.

Flight4

            Sedikit mirip seperti ‘Contact’ atau ‘Hero’-nya Stephen Frears tahun 1992 yang dibintangi trio Dustin Hoffman-Geena Davis dan Andy Garcia, juga dengan ambiguitas-ambiguitas senada di perjalanan storytelling-nya, Zemeckis sekali lagi menunjukkan bahwa ia bisa memanfaatkan kepiawaian khasnya di tema-tema serius seperti ini. Sebagian penonton mungkin tak begitu suka kemana plot itu bergerak setelah scene awal berbau tema disaster yang sangat memorable itu menarik perhatian mereka termasuk lewat trailer-nya, tapi ‘Flight’ memang sedalam-dalamnya adalah sebuah drama yang membahas kisah sejati tentang pilihan-pilihan hati dan arti kepahlawanan paling mendasar. A moving drama about gravity of the heart, yang disampaikan dengan intensitas tinggi dibalik skenario jempolan penuh dialog-dialog memikat dalam durasinya yang cukup panjang. Provocative, intriguing, tanpa pernah sekalipun kehilangan momentumnya, dan itu artinya, hebat! (dan)

flight7

~ by danieldokter on February 23, 2013.

2 Responses to “FLIGHT : GRAVITY OF THE HEART”

  1. nGERI-ngeri sedaaaaaaaaappppp

  2. […] Denzel Washington – FLIGHT […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: