BERLIAN SI ETTY : PESAN MOTIVASI DENGAN PENGGARAPAN KELEWAT SEDERHANA

BERLIAN SI ETTY

Sutradara : Dimas Adi Pratama

Produksi : Matekkar Image Presentation, 2013

BE1

            Dalam peredaran film Indonesia sekarang, sesekali, muncul film yang tak dibalut dengan promosi yang baik. Muncul tiba-tiba, dengan promo seadanya pula. ‘Berlian Si Etty’ adalah salah satunya. But note. Biar tak ter-handle dengan baik di sisi promosinya, belum tentu filmnya tak layak. Hadir sebagai debut penyutradaraan Dimas Adi Pratama dan sebuah PH baru yang semakin meramaikan film kita, niat yang ada dibaliknya terlihat cukup baik. Bukan juga tanpa aktor-aktris yang cukup dikenal. Ada Fitri Tropica yang walau belum pernah memegang peran utama dengan hanya segelintir filmografi, lebih dikenal sebagai komedian dibalik multiprofesi-nya, dan Yogi Finanda yang sudah cukup lama tak muncul di layar lebar. Di barisan pendukungnya, masih ada Denny Sumargo yang bakal kian sering muncul sejak ‘5 cm’, Donna Harun dan Shalvynne Chang yang tahun lalu muncul dalam ‘Bila’. Jualannya dari sisi tema mungkin terlihat sebagai komedi, but more than that, ini adalah sebuah komedi ringan berisi pesan motivasi, tapi juga bukan tailormade dari brand tertentu ataupun adaptasi novel bergenre sama.

BE2

            Berkarir sebagai marketing sukses dengan bakat yang dimilikinya sejak kecil, Etty (Fitri Tropica) mendapat promosi ke kantor pusat perusahaan finansial tempatnya bekerja di ibukota. Tapi Etty harus memenuhi lebih dulu persyaratan dari orangtuanya untuk menikah. Untung ada Riky (Yogi Finanda), sahabat masa kecilnya yang selama ini setia mendampingi Etty. Menikah dengan kesederhanaan, mereka pun memulai kehidupan barunya di Jakarta dengan sebuah mimpi Etty untuk bisa menemukan berliannya. Sayang, situasi kerja yang awalnya sangat menyenangkan bersama Rina (Echie Dwi Asih), Emmy (Shalvynne Chang), Reza (Andy Permana) berikut pimpinan tim, Roby (Denny Sumargo) dan atasannya (Donna Harun) berubah dibalik keterlibatan Etty dalam sebuah manipulasi oleh seorang rekannya. Etty pun harus memilih jalan terbaik walau ini bisa mengorbankan karir yang sudah digelutinya sejak lama.

BE4

            No, meski plot itu begitu sederhana, ‘Berlian Si Etty’ bukan lantas terjebak ke film yang jelek. Usaha mereka untuk menghadirkan sebuah karya yang baik kelihatan jelas, namun sayangnya tak diimbangi dengan penggarapan yang konsisten. Fitri Tropica bermain santai tapi tak sekalipun terlihat canggung termasuk di sisi dramatisnya, dan intimate chemistry-nya dengan Yogi yang juga santai-santai saja, bekerja dengan sangat baik menokohkan latar karakter pasangan yang berakar dari persahabatan panjang. Pemeran-pemeran pendukungnya juga tampil tak jelek. Ada sedikit kegagalan untuk membuat Donna Harun tampil sebagai atasan tegas dalam genre-genre sejenis tapi tak dikembangkan cukup dan masih bisa tertutupi oleh yang lain.

BE5

        Namun sayangnya, penulis skrip Lela Mukhtar tak mengimbangi premisnya dengan skrip yang kuat. Ia memang tak membiarkan plotnya terlepas jadi banyolan tak penting, tapi selain sejak awal tak membidik latar penting pekerjaan Etty dengan informasi yang lengkap kecuali hubungan manusia-manusia di dalamnya, ia juga tak menyisakan ruang cukup untuk layer-layer konflik berikut tema keluarga dan kritik sosial yang dihadirkannya sehingga sering terlihat overlapping dengan tujuan utama tentang sebuah perjalanan motivasi. Begitu pula dengan flow cerita yang bertele-tele dan dikebut terlalu kencang di bagian-bagian akhirnya. Jadi ya begitulah. Termasuk dengan promo-promo-nya, ‘Berlian Si Etty’ harusnya bisa jadi jauh lebih baik. Namun kenyataannya tak begitu. Just a light comedy with quite uplifting story, meski sekali lagi, bukan jelek, hasilnya juga jadi serba terbatas. (dan)

~ by danieldokter on March 17, 2013.

6 Responses to “BERLIAN SI ETTY : PESAN MOTIVASI DENGAN PENGGARAPAN KELEWAT SEDERHANA”

  1. penulisnya bukan si Lela kayaknya, om dan.. hanya “story by”, pas di credit title liat nama penulisnya ada 3😀

  2. Lela Muchtar adalah tokoh asli si Etty karena itu yg dicantumkan namanya. Salah satu penulisnya gw dan sebenernya ada beberapa adegan penting yg ngga dimasukkan dlm film karena beberapa hal, salah satunya arti dari “berlian” itu sendiri tapi semua ya balik kekeputusan lela sebagai produser dan dimas sebagai sutradara dlm eksekusinya, terima kasih atas masukannya🙂

    • Waaah sayang sekali. Makna berlian itu justru paling penting sebenarnya. Ntar saya ralat ; nama penulis lainnya siapa aja ya mbak? Sumpah sulit sekali nyari kredit lengkapnya di net dan sayang ga punya posternya dlm resolusi gede utk liat kreditnya. Boleh dibantu, mungkin? Thanks yaa🙂

  3. kalo boleh tau, arti dr “berlian” menurut sang penulis gmana ? .. saya jd penasaran 😀

  4. Hi folks, if you want to lose some pounds you should type in google –
    CutThermaFat –
    it’s good point to start your fight with fat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: