OLYMPUS HAS FALLEN : THE BLOCKBUSTER REAL DEAL

OLYMPUS HAS FALLEN

Sutradara : Antoine Fuqua

Produksi : Millenium Films & FilmDistrict, 2013

OHF15

            Satu ide dengan dua film dari studio berbeda itu cukup lazim di Hollywood. And the one with earlier release, belum tentu juga jadi pemenangnya, baik di perolehan box office dan penilaian kritikus. Melengkapi list itu, now we haveOlympus Has Fallen’, yang walaupun terdengar belakangan namun melaju lebih cepat dari the upcomingWhite House Down’-nya Roland Emmerich, sebenarnya sudah memenangkan deal-nya duluan dengan Millenium Studios. Biar tak berkapasitas terlalu gede dibandingkan ‘White House Down’ yang datang dari jaringan distribusi Sony/Columbia Pictures, resepsi awal dibalik promonya yang sama kuat ternyata mampu menarik hati banyak kritikus, sekaligus jadi sebuah momentum yang mau tak mau kadang harus diakui. Tak peduli se-pop apa tampilan sebuah purely commercial action movie, saat gempurannya bisa mengepung penonton dengan banyak breathtaking moment di sepanjang adegan-adegan eksplosifnya, it’ll win many hearts, even critics. At least, franchise-franchise action seperti ‘Die Hard’ dan ‘Lethal Weapon’ sudah pernah membuktikan itu.

OHF5

            And yes, ‘Olympus Has Fallen’ yang berjudul sama kerennya dengan saingannya di bulan Juni nanti, pun dipenuhi elemen-elemen klise dalam sebuah action extravaganza. Cenderung bombastis dan penuh dengan ridiculous logics pula. A traumatic hero trapped in a circumstances, bunch of terrorrists, die hard situations dengan sejuta kebetulan, traitors, bahkan lengkap dengan nasionalisme ala Hollywood. Stars and stripes elements, karakter presiden bersama pejabat pemerintahan yang tak kalah tangguh, dan masih banyak lagi. Barisan cast-nya, kecuali Morgan Freeman, mungkin, bukanlah A-list actors dengan coretan action di kepala mereka. Masih ada Gerald Butler memang, tapi mengingat sederet filmnya belakangan bukan juga bergenre action, itu juga bukan faktor kelewat kuat. Begitu pula Aaron Eckhart yang masih lebih sering ditempatkan bukan sebagai lead. The rest adalah nama-nama yang cukup dikenal dengan kapasitas terbatas. Oke, nama Antoine Fuqua, di sisi lain adalah jaminan untuk film-film bernuansa gahar, tapi itupun biasanya berjarak jauh dari fun factors yang diperlukan lebih dalam sebuah blockbuster. However, don’t judge just yet.

OHF4

            Setelah sebuah kecelakaan tragis, mantan US Army Ranger Mike Banning (Gerald Butler) yang bekerja sebagai secret service agent kepercayaan Presiden AS Benjamin Asher (Aaron Eckhart) memilih mundur dari tugas lapangan. Enam tahun kemudian, Banning ternyata belum juga bisa menghapus traumanya. Hanya Lynne Jacobs (Angela Bassett), pimpinan secret service yang masih percaya dengannya. Di saat yang sama, misi teroris Korea Utara Kang Yeonsak (Rick Yune) bersama pasukannya yang mengambil kesempatan saat kunjungan PM Korsel, berhasil meluluhlantakkan Gedung Putih dan pertahanan militer mereka. Presiden bersama wakil dan sekretaris negara yang berada di dalam juga dijadikan sandera untuk meluluskan tuntutan mereka menarik kekuatan Amerika dari Korsel demi tujuan lebih berbahaya lagi. Maka Banning pun mesti sekali lagi membuktikan dedikasinya, terperangkap sendirian menghadapi serangan Kang dengan panduan Lynne bersama Jenderal Edward Clegg (Robert Forster) dan juru bicara Presiden Allan Trumbull (Morgan Freeman) yang mengambil alih kekuasaan sementara. Menyelamatkan Presiden, AS, sekaligus juga dunia dari protokol nuklir yang sudah diaktifasi oleh Kang.

OHF6OHF9

            Ah ya. ‘Olympus Has Fallen’ yang membuat kita semua sadar kenapa ‘Die Hard’ tak dari dulu mengambil kesempatan dari plot yang sama, pada dasarnya tetaplah sebuah mindless action. Namun gelaran adegan aksi dengan pace super kencang yang dibesut Fuqua dari skrip Creighton Rothenberger dan Katrin Benedikt memang bekerja dengan ampuh tanpa berpanjang-panjang di prolognya. Intensitasnya tetap terjaga dengan editing ketat dari John Refoua, tanpa sekalipun membiarkannya menurun walau sedikit. Fuqua mungkin sadar, setelah ‘Shooter’ yang jadi dinilai underrated, ini sudah waktunya membuktikan ia bisa membesut action tanpa distraksi style (‘The Replacement Killers’) ataupun sentuhan dramatisasi yang menurunkan pace klimaks di ‘Training Day’ ataupun ‘Brooklyn’s Finest’ yang senada. Tanpa kompromi, ia membiarkan karakter Banning beraksi sekejam mungkin menghabisi lawan-lawannya with his gory code of actions, which is whyOlympus Has Fallen’ jadi jauh lebih asyik daripada sekedar pameran ledak-ledakan penuh efek CGI penghancuran White House, Lafayette Park dan The Washington National Monument.

OHF8OHF11

       Dan tak ada yang lebih baik dari bagaimana Fuqua memanfaatkan seabrek nama-nama cukup dikenal dalam cast-nya secara efektif. Dari deretan pemeran utamanya, Butler, Freeman dan Eckhart, ke karakter-karakter pendukung seperti Dylan McDermott, Angela Bassett, Robert Forster, Melissa Leo, Radha Mitchell hingga Ashley Judd dalam peran singkatnya. Rick Yune berhasil ditampilkan sebagai villain sebanding dengan sepak terjang Butler dalam klimaks yang juga sangat intens, bahkan Cole Hauser yang tersia-sia di ‘A Good Day To Die Hard’ mendapat respek cukup besar ke karakter kecil yang mengucapkan kode rahasia Olympus untuk White House. Scoring Trevor Morris juga bekerja sangat baik memberikan thrill ke tanjakan intensitas adegan-adegan aksinya.

OHF12

            So that’s whyOlympus Has Fallen’ dalam sekejap bisa memperoleh status acclaimed dalam genrenya sebagai sebuah action extravaganza yang luarbiasa serunya. Penggarapan ketat itu tak akan lagi membuat orang memikirkan sejuta klise-klise elemennya termasuk ridiculous factors yang wajib hadir di blockbuster-blockbuster berbalut patriotisme AS ala Hollywood. Fast paced, flash moving, explosive sekaligus looks so hard to beat, ‘Olympus Has Fallenis truly a blockbuster real deal. Kalau begini, jelas ‘White House Down’ harus lebih hati-hati. (dan)

OHF_10923.NEF

~ by danieldokter on March 22, 2013.

One Response to “OLYMPUS HAS FALLEN : THE BLOCKBUSTER REAL DEAL”

  1. […] meski menggunakan kata-kata berbeda. Dengan deretan nama-nama tak sembarangan pula. Tahun ini, ‘Olympus Has Fallen’ sudah mendahului ‘White House Down’. Sama-sama mengetengahkan White House takeover oleh […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: