IDENTITY THIEF : PLANES, TRAINS AND AUTOMOBILES WITH A TWIST

IDENTITY THIEF

Sutradara : Seth Gordon

Produksi : Relativity Media, Bluegrass Films, Universal Pictures, 2013

IT1

            Meski masih ada satu dua, ini adalah resep yang semakin jarang muncul di ranah Hollywood. If not an ensemble, dengan lebih dari dua komedian, then its Apatow’s signature everywhere. ‘Identity Thief’ yang awalnya dibandrol judul ‘ID Theft’ ini lebih berani lagi. Bukan saja karena Jason Bateman, yang meski lebih punya pengalaman dan berstatus senior dibanding rekan-rekan seangkatannya dalam genre komedi sekarang namun selalu tertutupi oleh penampilan aktor lain (oh yes, Bateman memulai karirnya sejak kecil bersama kakaknya Justine dari berbagai serial dan sit-com, lantas sempat diorbitkan sebagai lead di ‘Teen Wolf Too’ sebelum akhirnya terdampar di produksi-produksi kelas B, mencoba banyak genre sampai akhirnya bangkit lagi tanpa benar-benar bisa menonjol), Melissa McCarthy, komedian alumnus ‘Saturday Night Live’ yang melejit lewat ‘Bridesmaids’ juga agaknya masih kelewat dini mendapatkan peran lead-nya, pun dengan penggunaan nama ‘McCarthy’ saja di promo-nya. But wait, mungkin ini justru jadi kesempatan bagi mereka buat bisa benar-benar menemukan comedy signature-nya.

IT4

           Bisa saja, secara premis dari film yang disutradarai Seth Gordon (‘Horrible Bosses’) ini punya resep yang sangat populer, memakai template yang sudah lazim buat komedi-komedi tahun 80an, road comedy, buddy comedy, atau apalah sebutan yang Anda inginkan. LikeMidnight RunorPlanes, Trains And Automobiles’. Apalagi hasil box office-nya yang beredar di saat-saat sepi benar-benar memanfaatkan momen itu. Setelah kiprahnya di ‘Horrible Bosses’ tempo hari, Gordon agaknya tak mau membuat ‘Identity Thief’ terlalu mencoba buat menyelam lebih dalam ke hal-hal macam Apatow-esque, tapi lebih memilih pendekatan klasik dari template-nya tadi. Yang jelas, tim produksi bersama Craig Mazin yang memfinalisasi skrip Jerry Eeten paling tidak bisa melihat, ada potensi chemistry antara Bateman dan McCarthy yang bisa dikembangkan sekuat Steve Martin dan John Candy di ‘Planes, Trains And Automobiles’. Siapa tahu.

IT2

          Mendapat kabar dari credit cards company bahwa ada yang mencoba mencuri data identitasnya, Sandy Patterson (Jason Bateman), karyawan yang tengah meniti karir suksesnya dalam sebuah perusahaan finansial di Denver yang didirikan rekan sekerjanya, Daniel Casey (Jon Cho), kemudian terpuruk akibat ulah si pencuri hingga hampir kehilangan pekerjaannya. Sementara Diana (Melissa McCarthy), wanita tambun pelaku kejahatan itu tengah bersenang-senang dengan kartu kredit palsu berdasar identitas Sandy di Florida. Maka jalan satu-satunya adalah menjebak Diana langsung ke Florida buat menyeretnya langsung ke kepolisian Denver, apalagi Sandy tahu yang dihadapinya bukan siapa-siapa. Tapi semua tak berjalan semudah itu, apalagi saat ia terjebak di tengah-tengah sindikat mafia dengan dua algojonya, Marisol (Genesis Rodríguez) dan Julian (T.I) dengan bounty hunter Skiptrace (Robert Patrick) yang juga tengah melacak jejak Diana. Perjalanan balik dari Florida ke Denver pun berubah menjadi petualangan panjang yang membuat Sandy harus mengikuti permainan Diana tanpa identitas jelas ini.

IT3

            There are planes, yes, automobiles, apalagi, but trains, agaknya hanya dimuat menjadi simbol homage yang sebenarnya tak kalah menarik oleh Mazin dan Gordon. But however, perjalanan plot ‘Identity Thief’ hingga ke style komedi dibalik chemistry Bateman dan McCarthy, memang sangat mengingatkan penonton yang akrab dengan road buddy comedy ‘80an itu. Bertabur slapstick parah di sana-sini ditambah komedi-komedi jorok nyeleneh ala McCarthy, sempalan action, soundtrack-soundtrack yang asyik, tapi tak sekalipun meninggalkan nuansa heartwarming di bangunan karakternya, secara mereka tetap berpegang ke prinsip komedi paling sukses adalah kombinasi antara kelucuan yang boleh terseret kemana saja demi memancing tawa, tapi harus tetap punya heart factor yang bisa bekerja dengan baik di part-part yang seharusnya bisa menyentuh hati. Hal menarik lain adalah plot di sekitar credit cards fraud yang juga dipaparkan dengan detil informatif menjadi dasar konfliknya. So yes, ‘Identity Thief’ ini memang lebih film komedi yang sangat mengedepankan faktor hiburannya tanpa harus berdalam-dalam menyelam ke filosofi-filosofi lain dibalik hubungan antar karakternya. Terkadang absurd luarbiasa, tapi bisa kembali secepat itu juga ke basic plot-nya. Bukan sama sekali tanpa isi.

??????????????

        Dan disinilah Jason Bateman menemukan signature comedy-nya yang selama ini selalu tenggelam diantara komedian-komedian lain yang melulu hanya mengandalkan kelucuan mereka. We’re going to see a lot of Steve Martins persona and gesture dalam penampilan sekaligus karakter tipikal yang jadi bulan-bulanan lawan mainnya. Sementara Melissa McCarthy, pastinya juga diberikan keleluasaan lebih buat menunjukkan karakter komedinya sekaligus membuat postur tambun-nya jadi bahan olok-olokan. I’ll refuse to call it repetitive, karena tiap komedian sudah seharusnya punya signature-nya sendiri, yang membuat karakter komedinya akan mudah dikenali pemirsanya, dan McCarthy memang memiliki potensi itu. Selebihnya adalah supporting cast yang juga membaur dengan sangat lumayan ke dalam plotnya. Ada Amanda Peet, Robert Patrick, Genesis Rodríguez, rapper T.I., Jon Cho, Morris Chestnut hingga Jon Favreau, yang bukan semuanya komedian namun bisa membuat ‘Identity Thief’ jadi semakin hilarious dibalik suguhan komedinya. In nowadays comedy trends, mungkin ia tak akan bisa jadi klasik dan se-memorable film-film yang dijadikannya sebagai template, but let’s admit it. Kadang kita masih perlu pendekatan-pendekatan tak pretensius dan terlalu mencoba berpintar-pintar untuk bisa menikmati gelak tawa di bioskop. Funny and also touching, ‘Identity Thiefis an all newPlanes, Trains And Automobiles’. With a twist. (dan)

IT6

~ by danieldokter on April 9, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: