SINISTER : THE OTHER TALE OF THE BOOGEYMAN

SINISTER

Sutradara : Scott Derrickson

Produksi : Summit Entertainment, Alliance Films, IMGlobal, Blumhouse Productions, Lionsgate, 2012

sin5

            Istilah ‘kiri’ untuk konotasi negatif memang bukan hanya milik kita. Often used as medical terms dari asal kata Latin ‘Sinistra’, ‘Sinisterwhich means left-side, juga punya banyak definisi lain yang sama negatifnya. Salah satunya adalah ‘evil’. And what’s a boogeyman? Berkembang dari banyak mitologi kuno dengan versi-versi berbeda yang akan selalu Anda temukan dalam ensiklopedi monster, hantu atau setan, ‘Boogeyman’ yang punya padanan kata hampir dalam seluruh bahasa yang ada di dunia, juga sudah sering muncul dalam banyak film horor, termasuk yang menggunakannya sebagai judul.

sin4

            ‘Sinister’ yang sejak lama menarik perhatian horror-fans dari trailer dan kiprah awalnya di SXSW Festival ini merupakan salah satu versi yang mengetengahkan sosok itu sebagai dasar plotnya. Berdasarkan mitos Babylonia yang bernama ‘Bagul / Bughuul’, penulis C. Robert Cargill, kritikus, penulis dan podcast presenter dari situs review film dan videogame, ‘spill.com’ datang dengan ide yang lantas menggamit sutradara Scott Derrickson dari ‘The Exorcism Of Emily Rose’ (berikut sejumlah filmografi horornya yang lain termasuk ‘Hellraiser : Inferno’) ke dalam proyeknya sekalian sebagai co-writer. Menjadi salah satu blockbuster menyambut Halloween tahun lalu setelah masa persiapan cukup lama yang juga memuat sisi loveletter-nya ke ‘Super 8footages, ‘Sinister’ memang cukup lama baru sampai ke bioskop-bioskop kita.

sin2

            Dibalik ambisinya untuk kembali, penulis kisah misteri one hit wonder Ellison Oswalt (Ethan Hawke) pindah bersama istrinya, Tracy (Juliet Rylance) dan kedua anaknya (Claire Foley & Michael Hall D’Addario) ke rumah bekas pembunuhan satu keluarga yang tengah diinvestigasinya sebagai source, dimana empat anggotanya digantung hidup-hidup dengan misterius. Oswalt yang menyembunyikan hal ini dari keluarganya belakangan mulai menyadari ia dan keluarganya berada dalam bahaya besar dengan kotak misterius yang ditemukannya di rumah itu, yang berisi 8 mm reels berisi rekaman pembunuhan berantai dengan kasus itu sebagai salah satu diantaranya.

sin3

            Now beware. ‘Sinister’ bukanlah sebuah horor seperti ‘Paranormal Activity’, biar sama-sama memuat sisi found footage ataupun  funride horror seperti ‘Insidious’ yang dijual gede-gede dalam promosinya dari produser yang sama. Resikonya, horor-horor dengan  kekuatan plot seperti ini memang ada pada kecenderungan mixed reviews. Bagi real horror fans, ‘Sinister’ jelas bisa mewakili selera mereka, tapi bagi penonton yang sekedar ingin bersenang-senang dengan gempuran adegan seram, meskipun ‘Sinister’ tetap punya itu dalam porsi cukup banyak, guliran plot ala cerita-cerita detektif serta pilihan cult creatures itu memang seringkali jadi tak bisa benar-benar akrab buat mereka. However, sosok Ethan Hawke, on the other side, mungkin bisa jadi faktor jualan cukup kuat yang dimiliki ‘Sinister’.

sin6

              But deep down, persyaratan yang harus dimiliki sebuah horor yang baik tentu tak hanya ada disana. Kombinasi dengan plot penuh misteri yang dibangun dengan baik juga akan sangat diperlukan, dan meski tak harus terlalu berbelit untuk mencoba kelihatan lebih pintar, ‘Sinister’ jelas punya itu dalam keseimbangan yang bisa dibilang sangat baik. Twist-nya mungkin tak lagi spesial serta juga bertabur genre-cliches dalam film-film horor yang sudah ada sebelumnya, namun bagian-bagian investigasi Oswalt dalam plot-nya diracik Cargill dan Derrickson dengan cerdas bersama pameran ‘scream out loud moments’ dan kejut-kejutan yang juga dihadirkan mereka dengan tone seram yang terjaga hingga ke ending yang meninggalkan perasaan sesak bagi penontonnya. So yes, ini adalah pilihan, but as the other tale of The Boogeyman, this ‘Sinister’ is indeed, undeniably scary. (dan)

sin1

~ by danieldokter on April 21, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: