HUMMINGBIRD : STEVEN KNIGHT’S SIGNATURE OF A REAL LIFE-SUPERHERO

HUMMINGBIRD

Sutradara : Steven Knight

Produksi : Lionsgate, IMGlobal, Shoebox Films, 2013

HB9

            Walau Stallone sudah mengumpulkan ‘The Last Action Heroes’-nya kembali ke layar lebar lewat ‘The Expendables’, masih tetap tak banyak action hero yang bisa bertahan di Hollywood sekarang ini, kecuali di produk-produk homevideo. Jason Statham yang masih termasuk generasi baru adalah salah satu yang masih bisa muncul dengan signature action-nya. Namun mungkin ia gerah juga terus-terusan terjebak di peran-peran tipikal dibalik trend sekarang yang rata-rata menginginkan kedalaman cerita lebih dari sekedar brainless action. Toh ia masih tetap bakal tampil dalam ‘The Expendables 3’ dan yang baru saja dikonfirmasi, ‘Fast And Furious 7’. Mengikuti kiprahnya dalam ‘Blitz’, produk non Hollywood-nya tempo hari, meski tetap tak jauh-jauh dari stempel aksi, Statham mencoba sedikit banting stir ke ‘Hummingbird’, action thriller produksi Inggris dari debut penulis Steven Knight yang juga dibandrol judul ‘Redemption’ dan ‘Crazy Joe‘ dalam peredaran terbatas teatrikal serta produk VOD di AS. Oh ya, ia pasti sadar dengan resikonya meninggalkan peran tipikal, and this also comes as a warning to you. This is not Stathams typical action.

HB1

            So who’s Steven Knight? Dua dari karyanya yang sudah banyak dikenal, adalah ‘Dirty Pretty Things’ (2002) –nya Stephen Frears serta tentu saja ‘Eastern Promises’ (2007) dari sutradara David Cronenberg, yang membuat Knight bertengger di nominasi Oscar dan BAFTA sebagai penulis skrip terbaik. So, debutnya melangkah ke kursi penyutradaraan ini juga jelas bukan main-main. Signature-nya pun sudah terlihat jelas dari dua film itu. Dengan latar criminal underground dan kehidupan kaum marginal, Knight seolah menciptakan gambaran real-life superhero dari karakter abu-abu yang kerap muncul dalam skrip besutannya, with each own ways.    ’Hummingbird’ ini juga belum beranjak jauh dari sana, dan makin kontras lagi dengan pemilihan Statham sebagai lead-nya.

HB4

            Berstatus sebagai desertir dari traumanya di tengah perang Afghanistan, ex-Special Forces Joseph ‘Joey’ Smith (Jason Statham) memilih hidup menggelandang di gang-gang kecil London sebagai homeless veteran. Sehari-hari, ia memperoleh makanan dari Suster Cristina (Agata Buzek) bersama rekannya sesama gelandangan, Isabel (Vicky McClure) yang selalu dilindunginya. Ketika mereka diserang mafia-mafia jalanan yang menculik Isabel untuk dijual ke rumah bordil, Joey melarikan diri ke sebuah apartemen mewah yang tengah ditinggal pemiliknya ke New York. Naluri prajuritnya pun kembali. Mengumpulkan sisa-sisa kekuatannya, Joey menjadi algojo mafia-mafia Cina sambil berusaha menemukan Isabel lewat bantuan Suster Cristina yang pelan-pelan mulai menarik hatinya. Became an Avenging Angel through the neon streets of London, seeking for his redemption.

??????

            Okay. Plot itu boleh jadi punya penerjemahan action di setiap sisinya. Namun inilah Knight. Berpegang pada signature-nya yang khas itu, ia tak sekalipun membiarkan ‘Hummingbird’ menjadi mindless action yang melulu harus dipenuhi adegan aksi. Knight lebih membidik dramatisasi dibalik interkoneksi antar karakternya dengan character driven script itu. Tak se-rapi ‘Dirty Pretty Things’ atau ‘Eastern Promises’ mungkin, karena ada kompromisme lain dibalik status Statham yang mau tak mau harus tetap diekspos meskipun terbatas, namun bangunan dan turnover karakter Joey dari seorang penjahat perang ke ‘homeless veteran’ hingga jadi sesosok ‘avenging angel’ bergelar ‘Crazy Joe’ bak sebuah film-film superhero, digagasnya dengan kecermatan penuh. Jason Statham juga sangat terlihat berusaha melangkah ke akting serius yang meski belum sempurna, tapi cukup baik. Motif-motif redemption-nya jelas dan makin kontras dengan kehadiran Sister Cristina yang diperankan dengan sangat baik oleh aktris Polandia Agata Buzek seolah sidekick yang muncul dengan kualitas scene-stealer. Semua ini seperti sebuah gambaran superhero-superhero dalam wujud lain, realistically down to earth and fallen apart, lengkap dengan subplot pencarian identitas dibalik karakternya sebagai biarawati dengan latar traumatik yang berbeda, membuat guliran plot ini tetap menarik diikuti meski cukup minim terisi adegan aksi yang mungkin ditunggu-tunggu fans-nya seperti biasa.

HB12

            Sinematografi Chris Menges, award winning DoP veteran Inggris yang sudah mengukir prestasi sejak akhir 60an dan karyanya kita saksikan lewat film-film bagus diantaranya ‘The Killing Fields’, ‘The Mission’, ‘The Boxer’, ‘Michael Collins‘, ‘North Country’, ‘Extremely Loud And Incredibly Close’ serta ‘Route Irish’ yang baru saja ditayangkan di event ‘Europe On Screen’ barusan, juga jadi salah satu kekuatan besar dalam ‘Hummingbird’. Merekam sudut-sudut kumuh dan aktifitas underground criminal London dibalik kerlap-kerlip neon-lights serba temaram, visually, ‘Hummingbirdhas given us its beauty of deeply dark atmosphere, dalam penekanan tone superhero secara berbeda yang juga ditampilkannya dalam ‘Dirty Pretty Things’ dan ‘Eastern Promises’. Scoring-nya pun tak main-main, dengan nama komposer Dario Marianelli yang sudah membesut ‘Atonement’ dan nominasi di Oscar barusan lewat ‘Anna Karenina’.

HB11

            So you see. Ini memang adalah sebuah film Jason Statham, jika Anda membacanya sebagai itu, yang sungguh berbeda, bahkan lebih dari ‘Blitz’ yang digagas dengan tampilan homage ke ’80s euro crime thriller, atau ‘Parker’ yang agak sedikit lebih lembek. Penonton yang mengharapkan aksi nonstop Statham menghajar lawan-lawannya boleh jadi akan kecewa, but I’m telling you here, dalam banyak sisi lain yang berbeda, ini adalah langkah yang sangat bagus dari Statham, sekaligus debut yang meyakinkan dari Steven Knight sebagai sutradara. Tetap dengan signature khas-nya menggambarkan tema-tema redemption, a little romance dan pastinya, dengan voiceover di open ending yang cukup menghentak itu, real-life superheroes. Unik! (dan)

~ by danieldokter on May 9, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: