MONSTERS UNIVERSITY : PIXAR IN JOHN HUGHES-ESQUE COMING OF AGE TALE

MONSTERS UNIVERSITY

Sutradara : Dan Scanlon

Produksi : Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios, 2013

MU9

            In Pixar’s world, ‘Monsters, Inc.’ memang bukan ‘Toy Story’. Dua karakter utamanya, Sulley dan Mike yang disuarakan John Goodman dan Billy Crystal, bahkan tak se-booming karakter-karakter ‘Cars’. But do look back. ‘Monsters, Inc.’ (2001), dalam segala terjemahannya masih menjelaskan salah satu keajaiban terbesar Pixar. Adegan klimaks super-seru yang jadi pencapaian terbaik animasi di zamannya, fresh ideas, critics’ praise, dan tentu saja box office diatas 500 juta dollar AS. Pengembangan sekuelnya sudah dimulai sejak 2005 sebelum goncangan re-negosiasi Pixar dengan Walt Disney, dan akhirnya baru dipastikan 5 tahun berikutnya, setelah bongkar pasang ide yang berujung sedikit kontroversial. Mostly to the loyal fans ofMonsters, Inc.’, yang mungkin masih ingat pada dialog yang menjelaskan pertemuan pertama Sulley dan Mike di fourth grade elementary school, sementara prekuel yang memuat event itu kini berpindah ke Universitas.

MU3

            Sejak kecil, diterima di Monsters University yang penuh gengsi adalah satu-satunya impian Mike (Billy Crystal), monster imut bermata satu. Kerja kerasnya memang membawa Mike ke universitas itu, namun sesuai dengan majoring-nya di bidang scaring, Mike tak pernah sekalipun berhasil menunjukkan kemampuannya buat terlihat menakutkan diantara rekan-rekannya. Hingga akhirnya ia bertemu James P. ‘Sulley’ Sullivan (John Goodman) yang memegang legacy monster legendaris alumnus universitas yang sama. Bertolak belakang dengan sifat Mike yang penuh ambisi namun terpinggirkan, Sulley justru cenderung slengean dan angkuh sehingga diminta jadi anggota Roar On Roar, fraternity kelas atas disana. Ditambah lagi dengan sentimen dekan mereka, Dean Hardscrabble (Helen Mirren) yang berujung pada sebuah ancaman, Sulley dan Mike yang awalnya sering ribut-ribut dan bersaing ini terpaksa bergabung di Oozma Kappa, fraternity terbawah para monster-monster loser dalam kompetisi Scare Games yang bagaikan triathlon pembuktian kemampuan scaring mereka. Things may getting out of hands, tapi semua justru jadi awal persahabatan Sulley dan Mike di Monsters, Inc.

MU7

            Just like a John Hughescoming of age teenage bittersweet drama comedy, skrip yang ditulis oleh sutradara Dan Scanlon (storyboard artist dari ‘Cars’ dan ‘Toy Story 3’) bersama Daniel Gerson dan Robert L. Baird me-reka ulang awal persahabatan Sulley dan Mike dengan elemen-elemen wajibnya yang hampir selalu bisa melarikan guliran plot-nya dari cheesy-cheesy film-film lain dalam genre sejenis. Tak jauh beda seperti konsep Pixar dalam garapan animasi-animasi mereka yang juga tak pernah mengikuti pakem generik animasi lain, baik dalam plot dan teknologi. Tentang pencarian jati diri dan benturan coming of age lain di tengah friendship themes, namun tak juga kehilangan seluruh sisi komedi dan excitement-nya. Walau bukan pengulangan dan sedikit kontroversi timeline ke dialog penting dalam ‘Monsters, Inc.’ tadi, keputusan mereka untuk menyambung benang merah ke instalmen pertamanya mau tak mau membuat tone menjelang third act yang sangat kelihatan berniat menghindari faktor klise tadi sedikit jadi bumerang. Dari bagian-bagian awal yang sangat fun dengan highlight yang terasa bagai part klimaks termasuk library scene yang keren itu, lantas berbelok jadi sedikit dark dan serba filosofis di konklusi berupa establishment ke ‘Monsters, Inc.’. Dan bahwa karakter gadis kecil Boo yang charming itu jelas bukan jadi salah satu bagiannya, it’s also became a little risky dalam koneksi excitement-nya.

MU12

            But however, ‘Monsters University’ bukan jadi produk Pixar yang jelek. Third act yang sedikit melenceng itu tak lantas penuh kecerewetan bak nenek-nenek seperti instalmen pertama ‘Cars’ atau jadi segelap kekurangajaran ‘Brave‘. It might also has lack of wonders dari ketidakmungkinan menghadirkan final showdown yang penuh gegap-gempita teknologi animasi CGI berikut ide se-freshMonsters, Inc.’ dalam dunia paralel-nya, tapi bukan berarti harus kehilangan sisi fun, comedy dan excitement-nya sama sekali juga.

MU1

           Duo John Goodman dan Billy Crystal yang kembali hadir dengan chemistry voiceover yang tetap sangat kompak, Helen Mirren sebagai Dean Hardscrabble yang muncul dengan queen-charisma bak film-film live action-nya, berikut Oozma Kappa fraternity members yang ikut jadi karakter menonjol ; Joel Murray sebagai Don Carlton, Sean Hayes dan Dave Foley sebagai Terry Perry, monster berkepala dua, Peter Sohn sebagai Squishy si monster gurita dan Charlie Day sebagai Art. Masih ada pula Steve Buscemi yang mengulang perannya sebagai Randy the Camouflage Lizard bersama Frank Oz (Jeff Fungus) dan John Ratzenberger (‘The Abominable Snowman‘) serta Bonnie Hunt yang mengisi suara karakter beda, lantas seabrek karakter baru voiced by Afred Molina, Nathan Fillon, John Krasinski dan Bill Hader sebagai Slug, monster keong lamban yang cukup mencuri perhatian di peran singkatnya. Scoring dari Randy Newman juga masih sebaik instalmen pertamanya, and hey! In fashion trend nowadays, what a cool varsity jacket that was!

MU5

            So, inilah ‘Monsters University’ sebagai produk ke-14 animasi panjang Pixar yang agaknya tak lagi bisa terus mempertahankan kedigdayaan mereka dalam dunia film animasi. Jelas bukan yang terjelek, and still has a lot of fun as summer blockbuster pack, namun tanpa bisa dipungkiri, belum bisa melewati pencapaian-pencapaian keajaiban dalam instalmen pertama atau produk-produk unggulan Pixar lainnya. Good, but not that great and quite far to be Pixar’s finest efforts. Now I’ll leave you with two tips. Pertama, jangan buru-buru keluar karena stinger after credits-nya cukup worth a look, dan yang kedua, jangan terlambat masuk karena seperti biasa, in usual Pixar traditions, ada bonus semi-animated shorts ‘The Blue Umbrella’ karya sutradara Saschka Unseld yang sangat unik dan cantik! (dan)

MU11

~ by danieldokter on June 24, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: