BADGES OF FURY (不二神探) : BAD ACTION, FAILED COMEDY AND SENSELESS PLOT

BADGES OF FURY (不二神探) 

Sutradara : Wong Tsz Ming

Produksi : Beijing Enlight Pictures, My Way Film Company, 2013

BOF1

            Masa keemasan Jet Li sudah lewat, itu semua orang sudah tahu. Tapi tak bisa lagi merilis film yang paling tidak berkualitas bagus, itu lain lagi ceritanya. Begitulah yang terjadi pada ‘Badges Of Fury’ yang juga punya titel awal ‘The One Detective’, produksi gabungan Cina dengan Hong Kong ini. Lenyap tak berbekas dibalik segala potensinya, termasuk mempertemukan kembali Jet Li dengan Wen Zhang dari awal cukup baik di drama ‘Ocean Heaven’ namun tak bekerja sama baiknya di ‘The Sorcerer And The White Snake’, dan seabrek dukungan sampai cameo bintang-bintang terkenal mereka sekarang.

BOF2

          Tak ada yang salah, tentunya, menggagas sebuah action comedy yang juga dulu sempat mewarnai karir Jet Li di deretan filmografinya. Dengan kombinasi kesana-sini, dari genre tipikal Hong Kong itu ditambah ‘Rush Hour’ sampai niatnya menyempalkan komedi nyeleneh ala Stephen Chow plus aksi kung-fu spektakuler ala ‘Kung Fu Hustle’. Sayangnya, tak satupun yang mengenai sasarannya. Nama-nama PH keroyokan itu mungkin sedikit banyak sudah menjelaskan latar seperti yang dituding banyak orang, bahwa sudah sebuah rahasia umum di perfilman mereka dari zaman jebot sampai sekarang, keterlibatan mafia dalam industri film membuat sebagian talent-nya tak kuasa menolak permintaan-permintaan semacam ini.

BOF7

            Tiga kasus pembunuhan beruntun di Hong Kong yang dijuluki ‘The Smiling Murder’, meninggalkan senyum di wajah korbannya, membawa pasangan polisi, detektif muda Wang Bu Er (Wen Zhang) dan seniornya, Huang Fei Hong (Jet Li) terjun untuk menyelidiki siapa yang ada dibalik semua ini. Investigasi mereka mengarah pada aktris muda Liu Jin Shui (Cecilia Liu) dan kakaknya, Dai Yi Yi (Ada Liu) setelah menemukan adanya keterkaitan korban-korban pembunuhan dibalik hubungan penuh obsesi antar kakak beradik ini.

BOF5

            Dari ide dasarnya, ‘Badges Of Fury’ memang kelihatan punya potensi. Memadukan Jet Li, as ever, tetap dengan kemampuan fights-nya yang juga bukan dipegang oleh action choreographer sembarangan, Corey Yuen, dengan Wen Zhang yang dipasang buat porsi komedi konyol-konyolannya dalam plot whodunit buddy cop movie yang diawali secara menarik. Aktor pendukungnya pun tak main-main. Dari Stephen Fung, Wu Jing, Collin Chou hingga senior martial arts actor Bruce Leung Siu-lung plus Ada Liu untuk porsi seksi-seksian demi menambah feel komedi nyeleneh itu, masih ada pula seabrek cameo bintang-bintang terkenal seperti Huang Xiaoming, Alex Fong, Raymond Lam, Josie Ho, Stephy Tang hingga aktor senior Bryan Leung Ka-yan.

BOF4

            Tapi apa yang terjadi dengan film besutan sutradara debutan dengan lafal aneh Wong Tsz Ming ini adalah semua kebalikannya. Maksudnya mungkin membuat sebuah ‘meta’ sekaligus mocking penuh tribute atau homage ke cheesy-cheesy film mainstream Hong Kong dari berbagai genre, martial arts ke action modern plus cheap comedy, nakal-nakal ala Wong Jing dan tema-tema blackmagic sampai komedi sinting ala Stephen Chow. Malah karakter Jet Li juga menggunakan nama sosok legendaris Huang Fei Hong yang mengangkat karirnya ke puncak lewat ‘Once Upon A Time In China’ aka ‘Kung Fu Master’. Tapi skrip Carbon Cheung (‘A Chinese Ghost Story’ versi terbaru kemarin) yang cukup kuat di bagian-bagian awal seakan lepas kontrol bersama usaha Wong meracik kombinasi aksi dan komedi itu. Disamping Wen Zhang yang sangat tak pas berkonyol ria tanpa arah, sisi terparah dari pameran aksi Jet Li dan at least, if not Wu Jing then Leung Siu-lung yang seharusnya bisa menyelamatkan film ini, benar-benar terlihat berantakan.

BOF8

            Okelah, Jet Li mungkin sudah terlihat sangat menua dibalik perannya sebagai aging cop disini. Tapi toh ia masih sanggup beraksi di beberapa filmnya belakangan, kalaupun itu dilakukan dengan sangat terpaksa. Dan entah kemana perginya koreografi Corey Yuen yang tergantikan dengan adegan fights penuh bantuan efek yang bukan juga rapi plus aksi stunt men yang terlihat jelas. And you can guess, semua jadi makin berantakan menuju klimaksnya yang tetap muncul dengan segala bentuk penggarapan asal jadi itu. Dari pengembangan plot hingga ke sisi teknisnya yang kacau-balau.

BOF6

            So yes, ‘Badges Of Fury’ memang separah itu adanya. Biar feel homage dan mocking itu tetap terasa, Wong memang terlihat benar-benar bingung meletakkan pijakan utamanya antara di sebuah parodi atau konsep meta dengan plot jelas. ‘Badges Of Fury’ justru berbalik jadi sebuah mocking terhadap akal sehat penontonnya. Melecehkan logika yang harusnya bisa kemana saja dalam sebuah komedi aksi jadi benar-benar berupa sebuah pelecehan. It’s so bad it’s dumb, hingga tak ada satupun lagi sisi yang bisa menyelamatkannya sebagai tontonan bertabur bintang. Full of bad action, failed comedy and senseless plot, ‘Badges Of Furyis not just became Jet Li’s worst, mempermalukan ‘Crouching Tiger, Hidden Dragon‘ dan ‘Kung Fu Hustle‘ yang dipajang gede-gede di poster internasionalnya dengan embel-embel ‘from the producer of‘, tapi juga buat semua talent yang terlibat disini. A total meh! (dan)

~ by danieldokter on July 1, 2013.

4 Responses to “BADGES OF FURY (不二神探) : BAD ACTION, FAILED COMEDY AND SENSELESS PLOT”

  1. tapi saya tetap suka komedinya.tapi kualitas pengambilan gambarnya asal asalan

  2. […] source: Badges of Fury, 1, 2, […]

  3. ada liu is so sexy and pretty!

  4. Sempet berharap tinggi kalau movie ini bakalan keren karna ada Jet li, wu jing, n collin, tapi ya apa mau dikata, mungkin kekuasaan telah berkata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: