THE HEAT : AN OLD FASHIONED BUDDY ACTION COMEDY

THE HEAT

Sutradara : Paul Feig

Produksi : Chernin Entertainment, Dune Entertainment, 20th Century Fox

Heat4

            So, biar tetap punya status blockbuster, film-film summer tak selamanya harus tampil dengan kilauan efek spesial dibalik bujet pembuatan selangit. ‘The Heatfollowed what once became a pattern in Hollywood’s summers. Bahwa dalam bentuk paling konvensional pun, hiburan adalah faktor terpenting di saat liburan. Komedi-komedi kecil yang wajib hadir di deretan summer blockbusters, bukan juga mengikuti trend-trend komedi ala Judd Apatow, tapi bukan berarti tak jitu mengejar angka di box office-nya. Dan seorang Paul Feig, yang sama-sama melambung bersama breakthrough actress-nya dari ‘Bridesmaids’, tahu bahwa ia punya senjata untuk itu. A weapon named Melissa McCarthy, yang sejak ‘Bridesmaids’ sudah melambung menjadi komoditi panas film komedi Hollywood. Baik sebagai lead ataupun supporting cast, kita sudah tahu kualitasnya. She’s like a woman version of the late John CandyThe rest, pastinya, belongs to Sandra Bullock. Satu dari sekian nama dari era ’90-an yang masih bisa bertahan di naik turun karirnya sebagai high selling factor.

Heat7

            Di tengah dominasi kaum pria dalam badan FBI, agen Sarah Ashburn (Sandra Bullock) yang sering dilecehkan namun selalu bisa menunjukkan kecerdasannya tak pernah menyangka bahwa ambisinya terhadap sebuah kasus pelacakan gembong narkoba akan membawanya pada Detektif Polisi jalanan Shannon Mullins (Melissa McCarthy) yang slenge’an dan bermulut besar dibalik tubuh tambunnya. Pasalnya, adik Mullins, Jason (Michael Rapaport) yang dikirimnya sendiri ke penjara sehingga ia dibenci oleh seluruh keluarganya, dicurigai memiliki koneksi terhadap kartel narkoba ini. Walau awalnya saling menolak, mau tak mau dua wanita tangguh ini harus bekerjasama untuk menyelesaikan kasusnya.

Heat6

            Sekilas, memang tak ada yang kelihatan spesial dari ‘The Heat’. Tapi siapa yang menyangka bahwa skrip klise yang juga dibesut oleh penulis debutan untuk layar lebar, Katie Dippold, bisa membangun kelucuan begitu eksplosif dibalik chemistry Bullock dan McCarthy yang ternyata muncul dengan sangat kompak. Being one which worked just like magic, dengan style komedi yang berbeda mereka bisa tampil saling mengisi kekonyolan-kekonyolan dari karakter masing-masing. While McCarthy seperti biasa menjajal komedinya tanpa sedikitpun urat malu, Bullock dengan sukses menanggalkan sisi serius aktingnya menjadi bulan-bulanan cemoohan fisiknya bahkan lebih dari aksinya di ‘Miss Congeniality‘.

Heat3

            Dari adu mulut hingga slapstick sickjokes, semua hadir sangat mengocok perut. Template-nya memang terkesan penuh homage ke genre klasik, back to 80s or 90s typical buddy action comedy, seperti ‘Feds’ (1988) –nya Rebecca DeMornay – Mary Gross, ‘Running Scared’ (1986) Billy Crystal – Gregory Hines atau ‘Armed And Dangerous’ (1986)-nya John Candy – Eugene Levy, lengkap pula dengan selipan lagu-lagu jadul sebagai soundtrack-nya. Tapi duet Bullock dan McCarthy benar-benar membuatnya jadi terasa sangat juara, mengisinya dengan kesegaran baru.

7.5.13.arts.theheat

            Disamping Bullock dan McCarthy, dukungan supporting cast-nya juga cukup menarik. Ada komedian Marlon Wayans, Michael Rapaport dalam peran tipikalnya sebagai karakter-karakter underdog, aktor serius Demian Bichir, standup comedian terkenal mereka Michael McDonald (bukan penyanyi) hingga Joey McIntyre yang mungkin hanya bisa dikenali fans boyband ’80-an ‘New Kids On The Block‘ dibalik karakternya yang menyebalkan.

Heat2

               Jadi siapa bilang kalau template klise tanpa ambisi lebih lantas tak bisa jadi spesial, once you got the right casts in it? Sebagai kuda hitam di pertarungan film-film summer tahun ini, ‘The Heat’ sudah memberikan jawabannya. Not just it might potentially has big chance to a sequel development dan lagi-lagi menunjukkan kepiawaian Paul Feig meng-handle genre komedi, duet Bullock dan McCarthy sudah membuatnya layak bersanding di tengah-tengah mega budget blockbusters itu hanya dengan amunisi tawa yang secara nonstop menggempur pemirsanya. This one is absolutely freakin’ hilarious! (dan)

~ by danieldokter on July 15, 2013.

One Response to “THE HEAT : AN OLD FASHIONED BUDDY ACTION COMEDY”

  1. hadir sob, jangan lupa kunjungan balik ke blog ku ya, ditunggu komentarnya, makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: