RED 2 : ANOTHER DUMB FUN SUMMER RIDE

RED 2

Sutradara : Dean Parisot

Produksi : DC Entertainment, di Bonaventura Pictures, Summit Entertainment, 2013

Red23

            Di tengah serbuan ‘The Expendables’ dengan Sylvester Stallone yang mengumpulkan jagoan-jagoan gaek tahun 2010, ‘Red’ yang lebih minim promosi ternyata muncul sebagai fresh and pleasant surprise dalam persaingannya. Ide produser Lorenzo di Bonaventura mengadaptasi lepas sebuah comic book mini-series besutan Warren Ellis & Cully Hammer dari Wildstorm, divisi DC Comics, dengan bintang-bintang tak kalah seniornya, namun berbeda dari status ensembel ‘The Expendables’ yang dipenuhi mantan action heroes malah bisa terlihat punya ketangguhan berbeda dalam soal otak ketimbang otot walaupun sama-sama eksplosif di action dan sempalan komedinya. Sedikit berbeda juga dalam latar penokohan para karakternya, ‘Red’ yang jadi singkatan ‘Retired And Extremely Dangerous’ ini memang berkisah tentang mantan agen-agen rahasia, bukan sekedar mercenaries atau serdadu bayaran. Ditambah hasil box office yang tergolong sukses, so why not a sequel?

Red22

            Dengan tim penulis yang sama, Jon dan Eric Hoeber, ‘Red 2’ memang tak lagi merupakan adaptasi comic series lanjutannya yang sempat ditulis Cully Hammer sebagai prekuel, tapi muncul sebagai kisah petualangan baru para karakternya. Mereka pun tak menyambung stinger di ending instalmen pertamanya walaupun set Moldova ikut disebut-sebut dalam salah satu adegannya. Mantan agen CIA Frank Moses (Bruce Willis) yang tengah mencoba hidup tenang bersama pasangannya Sarah Ross (Mary-Louise Parker) awalnya tak tergoda dengan ajakan Marvin Boggs (John Malkovich), namun menyadari dirinya kembali diburu oleh Interpol lewat agen Jack Horton (Neal McDonough) atas sebuah proyek perang dingin yang melibatkan senjata nuklir mematikan dari Dr. Edward Bailey (Anthony Hopkins) yang lama disekap di sebuah fasilitas mental demi keamanan dunia, Frank terpaksa kembali menggunakan keahliannya. Bekerja sama dengan mantan rekannya, agen rahasia Rusia Katya (Catherine Zeta-Jones), mereka juga harus menghadapi amukan Han Jo-Bae (Lee Byung-Hun), agen asal Korea yang sejak lama menaruh dendam pada Frank, apalagi ketika mengetahui rekannya, Victoria Winters (Helen Mirren), seorang cleaner assassin tangguh, kini juga ditugaskan buat melenyapkan mereka.

RED 2

            ‘Red 2’ masih menggunakan formula persis sama dengan pendahulunya. Porsi Morgan Freeman yang memang sudah diselesaikan di instalmen pertama, Richard Dreyfuss dan the late Ernest Borgnine memang membuat franchise ini sedikit kehilangan faktor oldcrack ensemble-nya, namun ada Anthony Hopkins yang cukup layak menjadi pengganti ensemble itu. Sementara porsi Karl Urban digantikan dengan Neal McDonough dan Lee Byung-Hun, aktor internasional asal Korea yang semakin solid berkarir di Hollywood setelah franchise ‘G.I. Joe’. Brian Cox sebagai Ivan Simanov masih tampil,  ditambah David Thewlis dalam peran singkatnya dan Catherine Zeta-Jones sebagai femme fatale yang cukup menyegarkan walau sayangnya tak mendapat perlakuan sebesar yang lain. Sutradaranya juga tak jauh beda. Sama seperti Robert Schwenke, Dean Parisot yang sebelumnya kita kenal dalam ‘Fun With Dick And Jane’ dan ‘Galaxy Quest’ juga bukan sutradara dengan credible record dalam membesut tema-tema aksi, dan style filmnya masih digagas dengan gaya komikal serupa.

Red25

            The rest, tentulah masih berada di tangan Bruce Willis-John Malkovich-Helen Mirren plus Mary-Louise Parker yang kini diberikan keleluasaan lebih mengulang porsi karakternya sebagai pelengkap penderita di tengah-tengah kericuhan mantan-mantan agen tangguh ini. Adegan-adegan aksinya masih sama seru dengan pendahulunya, but with some hit and miss, porsi jokes-nya agak melemah dibalik skrip yang tak secerdas instalmen awalnya, terlebih di bagian-bagian ending yang sedikit kelewatan walau sah saja secara konsepnya memang bukan untuk berserius ria. Semua chemistry-nya memang masih bagus dengan penampilan Anthony Hopkins yang sangat menarik.

Red28

         Bruce Willis yang belakangan terlihat mulai membosankan dengan typecast karakter-karakternya di franchise action lain lagi-lagi harus menyerah dengan John Malkovich dan Mary-Louise Parker, namun highlight terbesarnya tetap dipegang Mirren. Dengan bagian-bagian love and hate relationship dengan karakter Willis, meski tak jauh beda dengan karakternya di ‘G.I. Joe : Retaliation’ dibalik motivasi yang terasa jauh lebih wajar, Lee Byung-Hun juga mendapatkan treatment terbaiknya. Tak hanya baku hantam seru dengan Willis dan jadi monster paling seram diantara karakter lainnya, tapi juga beraksi dalam highlight scene-nya, sebuah car chasing action dengan Mirren yang memberondong musuh-musuhnya dengan dua senjata di genggaman.

Red21

               So, they sayThe Best Never Rest’. Tak sepenuhnya salah memang, karena ‘Red 2’ masih menyuguhkan dasar amunisi yang sama dengan pendahulunya. Ensemble cast, explosive actions and some jokes in-betweens. Walau tak sekeren film sebelumnya, ini jelas bukan sekuel yang jelek seperti ‘G.I. Joe : Retaliationwith some of their deja-vu. Namun sayangnya, ketimbang muncul sebagai fresh surprise secara keseluruhan, sekuel ini tak lebih dari hanya sebuah hiburan musim panas tanpa potensi kelewat lebih. Yes, it’s still quite a big one, but also just another dumb fun summer ride. (dan)

Red24

~ by danieldokter on July 19, 2013.

One Response to “RED 2 : ANOTHER DUMB FUN SUMMER RIDE”

  1. hadir sob, jangan lupa kunjungan balik ke blog ku ya, makasih teman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: