7 ASSASSINS : A GATHERING OF LEGENDS

7 ASSASSINS (光辉岁月)

Sutradara : Xiong Xinxin

Produksi : Enlight Pictures, 2013

7A1 

            FollowingThe Expendables’, mengumpulkan kembali bintang-bintang lama dalam sebuah film agaknya sudah menjadi trend sinema baru, bahkan sampai ke Asia. Dari sinema HK dan China, kini hadir ‘7 Assassins’ yang pembuatannya sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu dan sempat tertunda perilisannya. Sayangnya, ketika dirilis resmi di mainland China dan HK Juni lalu, sayangnya, gaungnya hampir tak terdengar, dengan promosi yang minim pula dibanding banyak film lain dari negaranya. Padahal, deretan cast yang dikumpulkan di film ini sangat menarik.

7A2

            Consists of many legendary actors through generations, dari era Shaw Brothers cinema, serial-serial televisi TVB, ’80-‘90s HK action termasuk yang sudah lama tak tampil di layar lebar hingga generasi sekarang, ‘7 Assassins’ yang awalnya dibandrol judul ‘Glory Days’ ini digarap oleh Eric Tsang, yang lebih sering dikenal sebagai komedian, bersama Xiong Xinxin / Hung Yan Yan, aktor dan action director yang sudah mengembangkan karirnya sampai ke Hollywood. Namanya mungkin tak pernah jadi sebesar Yuen Woo Ping maupun Tony Ching Siu-Tung, namun karyanya sudah kita saksikan dari ‘Fist Of Fury’, ‘The Blade’, ‘Seven Swords’ hingga Hollywood actions seperti ‘Double Team’, ‘The Musketeer’ dan ‘Half Past Dead’, diantaranya.

7A6

            Keduanya ikut juga berperan bersama seabrek bintang-bintang terkenal itu, dengan peran utama yang dipegang Felix Wong yang sangat dikenal lewat serial TVB The Legend Of The Condor Heroes (Sia Tiauw Eng Hiong) versi 1983 bersama Max Mok dan Ray Lui yang sudah lama tak muncul. Selebihnya ada Ti Lung, Jason Pai Piao, Chen Kuan Tai, Tony Liu Yung dari era Shaw Brothers, Bryan Leung, Kara Hui, Simon Yam, Dick Wei, Waise Lee, Lawrence Ng, Ben Ng, Ken Lo, Yu Rong Guang, Ellen Chan, Michael Wong, hingga Guo Tao dan Gigi Leung. Meski sebagian diantaranya hanya mendapat kesempatan sekedar cameo, namun ini sudah memunculkan feel nostalgic yang kuat sebagai daya jualnya.

7A8

       Dengan plot yang sedikit banyak diilhami oleh ‘Seven Samurai’, ‘7 Assassins’ mengisahkan sebuah desa kecil berisi para pelarian yang dikepalai Mao (Eric Tsang) yang terpaksa menampung seorang pimpinan pemberontak, Tie Yun (Felix Wong), yang tengah berada dalam pelarian akibat mencuri emas kerajaan. Sebelumnya, Raja Qin (Ray Lui) yang murka memerintahkan Ma Tianhong (Ni Hongjie), pembunuh bayaran wanita kepercayaannya untuk menghabisi Tie Yun namun Gubernur Zhuo (Ti Lung) yang diam-diam mendukung perjuangan Tie mengirimnya ke desa Mao. Mau tak mau, kini Mao bersama sejumlah pendekar disana harus mempertaruhkan desa mereka untuk melindungi Tie Yun dari amukan Ma dan pasukan kerajaan. Meski tak seimbang, ada Hu (Simon Yam) yang membantu persenjataan mereka ditambah jago-jago tua lainnya yang sama-sama menentang Raja Qin.

7A10

          Kecuali tampilan deretan bintang-bintang lintas generasi itu, memang tak ada yang terlalu spesial dari ‘7 Assassins’. Masalah terbesar ada pada karakternya yang terasa penuh sesak sehingga tak pernah bisa terlalu fokus ditampilkan dengan pembagian merata. Dan ini masih berdampak ke eliminasi satu-persatu karakter itu yang tak semuanya jadi ter-handle dengan detil sesuai nama mereka. Belum lagi usaha Eric dan Xiong yang malah menambahkan beberapa dramatisasi yang selain kelewat klise juga dipanjang-panjangkan hingga menurunkan pace-nya. Bahkan part lovestory yang disempalkan antara Eric Tsang dan Gigi Leung lebih terasa awkward ketimbang menyentuh.

7A4

             Begitupun, sinematografi dari Parkie Chan serta scoring dari Paul Wong cukup bekerja dengan baik di beberapa adegannya. Latar belakang beladiri yang minim dari beberapa tokoh utamanya termasuk Felix Wong yang jarang-jarang kita saksikan beraksi bak seorang jago kung fu memang sedikit mengganggu, juga dengan Eric Tsang yang meski sudah terlihat berusaha tetap tak terlalu pantas memerankan leader diantara bintang-bintang lain dengan suara kartunnya, namun action choreography dari Xiong Xinxin tetap bisa tampil memikat di banyak adegan aksinya. At least, masih ada Max Mok yang tampil sangat meyakinkan dibalik mockup-nya, Ni Hongjie yang paling mencuri perhatian sebagai villain bersama Xiong sendiri berikut jago-jago tua lainnya termasuk adegan duel Kara Hui dan Dick Wei dan final showdown yang cukup seru.

7A9

       So begitulah. ‘7 Assassins’ jelas bukan sebuah film wuxia yang gagal di tengah filosofi-filosofi pendekar melawan tirani yang tetap harus disempalkan sebagai elemen wajibnya. Klise-klise lain juga sebenarnya tak salah dalam template plot seperti ini, hanya saja, ia gagal memberi keseimbangan lebih baik antara dramatisasi dan aksi seperti deretan nama-nama legendaris yang ada di dalam susunan cast-nya. Awfully cliché at times, but still works as a gathering of legends. Paling tidak, untuk melepas rasa kangen penontonnya pada nama-nama besar yang belum tentu bisa kita saksikan lagi dalam satu film yang sama nantinya. (dan)

7A3

~ by danieldokter on September 8, 2013.

2 Responses to “7 ASSASSINS : A GATHERING OF LEGENDS”

  1. Baru saja nonton.. secara umum memang ngga ada yg istimewa, fight choreographer juga biasa2 saja.. tapi memang excitement adalah dari usaha mengenali para legend ini…🙂 yeah, those faces really played a good part of my childhood – teens entertainment🙂 karena sudah cukup lama, kadang saya sampai geregetan tidak bisa identify.. so in my mind during the show, especially the final part, saat semakin banyak cameo yg muncul, all I thought was… “hey, that’s …, dang! that must be .. ouch, this one.. arrgh, I forgot the name!”🙂🙂🙂

  2. wajib donlod neh…….. ada max mok aka mo shau chung… kangen liat dia main

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: