PLANES : A SMALL SPIN-OFF THAT WORKS

PLANES

Sutradara : Klay Hall

Produksi : Walt Disney Pictures, DisneyToon Studios, 2013

PL10 

            Here’s the truth. Disney, bukan hanya membuat animasi. Jauh dibalik itu, mereka memang memasarkan banyak produk-produk seputar franchise-franchise yang dimilikinya. Jadi, kepentingan satu sama lain jelas tak bisa dipisahkan. Termasuk dengan Pixar yang jadi bagian dari mereka. Bagi sebagian orang, aji mumpung. Buat yang lain, ini trik pasar. Jadi tak perlu heran bila ‘Cars’ sebagai produk Pixar yang selalu dianggap jauh lebih inovatif dari Disney sendiri, kini punya semacam spin-off dari Disney. Bukan Pixar. Well yes, resikonya cukup besar. Belum apa-apa, akan sudah banyak orang mencibir.

PL4

            Belum lagi dengan kenyataan bahwa ‘Cars’ sebagai produk Pixar tak mendapat resepsi sebesar animasi-animasi mereka lainnya. Meski perolehan box office-nya sudah berlanjut ke sekuel ‘Cars 2’, berikut penjualan merchandise yang cukup masif, kebanyakan orang tetap menganggap ‘Cars’ lebih kids-friendly dibanding the other Pixars. ‘Planes’ pun kian terpuruk dengan cacian bahkan sebelum ditayangkan. Some said, ‘Unnecessary remake with just a different set’, while others :  ‘so now those Cars have wings?’, and so on.

PL9

            But do look around you, mostly if you’re hanging out with kids. They loveCarsthat much. Dan Disney company sejak kelahirannya tak pernah diperuntukkan buat penonton dewasa. Even Pixars. This is the treat for the small ones, dari tim DisneyToon yang selama ini sudah kita saksikan dalam instalmen-instalmen ‘Tinkerbell’, diantaranya. Termasuk sutradara Klay Hall dan penulis Jeffrey M. Howard, walau konsepnya tetap datang dari John Lasseter. Mereka pun awalnya tak merencanakan ‘Planes’ untuk bioskop tapi hanya sekedar animasi direct to video. Hanya mungkin, mereka melihat peluang lebih dalam pemasarannya, termasuk ke pengembangan merchandise, tentunya, hingga akhirnya dirilis sebagai film layar lebar menyusul ‘Pooh’s Heffalump Movie’ (2004) dari divisi DisneyToon yang jarang-jarang diperuntukkan untuk bioskop. If you’re willing to accompany your little ones, silahkan pakai bukan hanya kacamata 3D, tapi juga kacamata mereka untuk bisa menikmatinya. It’s that simple.

PL11

            Walau takut pada ketinggian, pesawat cropduster Dusty Crophopper (Dane Cook) punya mimpi untuk menjadi pesawat air race. Tanpa mendengarkan nasehat atasannya, Leadbottom (Cedric The Entertainer) dan petugas mekanik Dottie (Teri Hatcher), Dusty nekat mengikuti kualifikasi dalam event air race ‘Wings Across The World’ hanya dengan dukungan temannya, Chug si truk minyak (Brad Garrett). Di tengah cemoohan banyak pihak, secara tak terduga Dusty berhasil masuk ke babak kualifikasi, dan Skipper Riley (Stacy Keach), pesawat perang navy yang sudah dikandangkan berbalik bersedia menjadi mentornya. Posisi Dusty mulai menanjak dengan rekan-rekan barunya, pesawat balap Meksiko El Chupacabra (Carlos Alazraqui) dan French-Canadian Rochelle (Julia Louis-Dreyfus). Masih ada pesawat India Ishani (Priyanka Chopra) yang menarik perhatiannya serta Bulldog (John Cleese) yang sempat diselamatkannya, namun diatas semuanya, berhadapan dengan juara bertahan Ripslinger (Roger Craig Smith) yang arogan. Menempuh balapan keliling dunia, Dusty harus membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi yang terbaik.

PL7

            Sejauh tak datang dengan ekspektasi menikmati produk Pixar, ‘Planes’ sungguh tak sejelek cemoohan kritikus kebanyakan. It might be kids-friendly, tapi tak sampai seperti animasi-animasi ‘Winnie The Pooh’ bahkan Disney fairies sekalipun, yang sebenarnya juga bukan animasi yang digarap sekedarnya. Plot-nya juga serba zero to hero cliche, tapi lagi, ini memang sebuah animasi Disney yang lebih diperuntukkan bagi pemirsa belia. Susunan voice talents-nya pun seperti versi kelas 2 dari ‘Cars’ dengan Dane Cook dan Stacy Keach yang menempati formula Owen Wilson dan Paul Newman di ‘Cars’. But do remember, bahwa Disney maupun Pixar tak pernah juga berfokus di aktor-aktor kelas atas sebagai voice talents mereka selama ini bila dibandingkan dengan DreamWorks dan pesaing lainnya.

PL6

            Paling tidak, deretan voice talents yang mendukung Cook dan Keach masih cukup dikenal. Selain Teri Hatcher, Cedric The Entertainer, Julia Louis-Dreyfus hingga komedian senior Inggris John Cleese, ada pula Bollywood’s Priyanka Chopra serta dua bintang ‘Top Gun’ sebagai bagian dari tributes yang sangat terasa ke genre-nya, Anthony Edwards dan Val Kilmer. Scoring dari Mark Mancina yang pas sekali mengiringi atmosfer air race –nya dengan patriotic atmosphere juga jadi satu keunggulan bersama anthem theme song dari artis Christian dan Southern Rock Mark HolmanNothing Can Stop Me Now’. Melekat erat dengan genre-genre sejenis tentang pesawat, bak ‘Top Gun’ atau ‘Iron Eagle’, tak ada yang lebih pas dari genre 80s pop rock sekaligus sebagai variasi ke film-film Disney lainnya yang lebih sering menyematkan lagu-lagu pop dari talent-talent belia sekarang ini. Dan selain ‘Nothing Can Stop Me Now’, masih ada Jon Stevens, mantan vokalis INXS pasca Michael Hutchence dengan ‘Fly’.

PL8

            But above all, keunggulan terjelas ‘Planes’, dan mungkin jadi satu alasan tepat untuk membawanya jadi konsumsi layar lebar adalah visual yang bagus. Tanpa harus dibanding-bandingkan dengan teknologi animasi di ‘Cars’, tim Disney cukup bisa mengimbangi visualnya untuk tak kelihatan terlalu jauh berbeda, dengan gimmick 3D yang sama menariknya pula. So come on, kids-friendly and cliches aint always mean bad. Yang lebih penting adalah bagaimana mengemasnya sebagai tontonan yang menghibur tanpa harus berusaha kelihatan lebih pintar, mostly because ini adalah animasi Disney buat tontonan segala usia. Again, don’t listen to bad critics, kecuali Anda memang tak bisa akrab dengan film-film semacam ini.  A small spin-off it might be, but still charmingly works. Entertaining! (dan)

PL1

~ by danieldokter on September 14, 2013.

One Response to “PLANES : A SMALL SPIN-OFF THAT WORKS”

  1. To increase imaginations

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: