2 GUNS : A FUN-PACKED BUDDY ACTION RIDE

2 GUNS

Sutradara : Baltasar Kormákur

Produksi : Emmet/Furla Films, Marc Platt Productions, Boom! Studios, Universal Pictures, 2013

2G11 

            Memasang Denzel Washington dan Mark Wahlberg dalam sebuah buddy movie memang sudah kedengaran sangat menarik. Tak hanya filmografi keduanya dipenuhi film-film ber-genre sama dengan berbagai subgenre-nya, kedua nama itu juga jadi jaminan untuk sebuah action blockbusters. Dibawah penyutradaraan Baltasar Kormákur, sutradara-aktor asal Islandia yang baru bekerjasama dengan Wahlberg dalam remake film Islandia yang dibintanginya, ‘Reykjavik-Rotterdam’ ke ‘Contraband’ tempo hari, ‘2 Guns’ diangkat dari seri novel grafis berjudul sama besutan Steven Grant dari Boom! Studios.

2G1

            Tertangkap petugas setelah menembus perbatasan Meksiko untuk sebuah transaksi yang gagal dengan druglord Papi Greco (Edward James Olmos), dua kriminal Robert ‘Bobby’ Trench (Denzel Washington) dan Michael ‘Stig’ Stigman (Mark Wahlberg) sama-sama saling tak mengetahui identitas asli mereka masing-masing. Trench ternyata adalah seorang agen DEA dibawah komando Jessup (Robert John Burke) dan Deb Rees (Paula Patton) yang dipacarinya, sementara Stigman merupakan Naval Intelligence Officer dibawah Harold Quince (James Marsden). Namun atasan mereka punya motif berbeda terhadap kartel Greco. Selagi DEA ingin meringkus Greco lewat barang bukti narkoba yang gagal mereka dapatkan, Quince yang korup justru menginginkan uang curian sebesar 43 juta USD yang dirampok Stigman dengan bantuan Trench dari sebuah bank kartel yang ternyata punya kaitan dengan agen CIA korup, Earl (Bill Paxton). Dari saling berseteru, demi menyadari diri mereka terjebak tanpa bisa mempercayai orang-orang terdekatnya, Trench dan Stigman terpaksa bekerja sama untuk bisa keluar hidup-hidup sebagai pemenang dari intrik segi banyak ini.

2G3

            Walau diangkat dari novel grafis, ‘2 Guns’, tanpa bisa ditampik memang memiliki elemen-elemen mirip dengan heist thriller cukup terkenal di tahun 1973, ‘Charley Varrick’ yang dibintangi Walter Matthau – Joe Don Baker dan disutradarai Don Siegel. Bedanya, lewat skrip yang ditulis oleh Blake Masters, penulis-sutradara-produser yang selama ini berkiprah di film-film televisi, ‘2 Guns’ punya racikan lebih komplit membangun buddy themes -nya.

Film Title: 2 Guns

             Memuat banyak elemen klasik dalam genre sejenis dalam balutan situational comedy yang kental dari heist twist dan atmosfer ala ‘Bad Boys’-nya Michael Bay lewat sinematografi Oliver Wood dari ‘Face/Off‘, ‘The Bourne Trilogy‘ hingga ‘The Other Guys‘ dan ‘Safe House‘, editor senior Michael Tronick plus pengarahan Kormákur yang memang senang berkutat di tema-tema kriminal, ‘2 Guns’ menjadi terasa sangat fresh menggelar boom bang action-nya di tengah deretan film penutup summer movies tahun ini. Silahkan menyebutnya dangkal, tapi sebagai hiburan, ini jelas sangat menyenangkan.

2 Guns 9

            Selain komedi menggelitik yang dibangun lewat chaos conflicts dan adegan action scenes-nya yang cukup eksplosif, cast pendukungnya juga jadi poin lebih bagi ‘2 Guns’. Disamping aktor senior Academy Award nominee Edward James Olmos, ada Robert John Burke, pemeran ‘RoboCoppasca Peter Weller, Bill Paxton, Fred Ward dan James Marsden bersama Paula Patton yang menambahkan sexy tone ke tengah-tengah paduan action dan comedy-nya.

2G10

            Namun yang paling bersinar jelas chemistry antara Denzel Washington dan Mark Wahlberg. Bermain sebagai Trench dan Stigman, mengisi aksi dan kelucuan masing-masing dengan sangat kompak, duet keduanya benar-benar berhasil membawa ‘2 Guns’ sebagai fun-packed movie yang benar-benar seru. A tummy tumbling – adrenaline thumping buddy action ride. Shoot! (dan)

2G6

~ by danieldokter on September 21, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: