CAPTAIN PHILLIPS : A SPLENDID HIJACKING MASTERPIECE

CAPTAIN PHILLIPS

Sutradara : Paul Greengrass

Produksi : Michael DeLuca Productions, Scott Rudin Productions, Trigger Street Productions, Columbia Pictures, 2013

CP9

            Melebihi antusiasme ke summer movies tahun ini, secara tak terduga, deretan film-film pasca summer yang hadir memberikan balance lebih dari sekedar hiburan, tanpa juga terlalu festival-oriented hingga sulit dinikmati penonton awam. Baru saja ‘Rush’, ‘Prisoners’ dan ‘Gravity’ muncul berturut-turut, ‘Captain Phillips’ berada di list berikutnya. Bagi banyak orang, biopik tokoh dalam judulnya dalam kisah nyata pembajakan kapal oleh perompak Somalia tahun 2009 bisa jadi hanya merupakan easy vehicle bagi Tom Hanks untuk kembali ke list nominee award-award bergengsi, atau buat sebagian lagi, lewat trailer-nya, sebuah hijacking action-thriller yang seru, yang jarang-jarang menempatkan aktor macam Tom Hanks ke tengah-tengahnya.

CP2

            The truth, lewat penyutradaraan Paul Greengrass yang sudah dikenal lewat A-list films-nya, dan skrip yang digubah penulis Billy Ray (‘Shattered Glass’, ‘Breach’, ‘State Of Play’ hingga ‘The Hunger Games’, semuanya punya kedalaman lebih) dari buku karya tokoh nyatanya sendiri (bersama co-writer Stephen Talty), ‘A Captain’s Duty : Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days At Sea’ (2010), ‘Captain Phillips’ walau kabarnya diwarnai kontroversi, jelas lebih dari sekedar tontonan hiburan.

CP3

            Walau sudah memprediksi tugasnya membawa kargo menempuh perjalanan dari Oman ke Mombasa melalui Teluk Aden, Capt. Richard Phillips (Tom Hanks) bakal punya resiko dibajak, kapten Merchant Vessel Maersk Alabama tetap menjalankan perintah itu. Ia beserta awak kapalnya sudah memperhitungkan kemungkinan ini dengan cermat, namun sialnya, ia harus berhadapan dengan perompak Somalia ambisius Abduwali Muse (Barkhad Abdi), yang memang tengah berada dalam isu pembuktian diri di kelompoknya. Demi melindungi awak kapal, Phillips membiarkan dirinya disandera Muse dan tiga crew-nya dengan tuntutan tebusan terhadap perusahaan. Berita ini dengan cepat sampai ke US Navy destroyer USS Bainbridge yang dikepalai Kapten Frank Castellano (Yul Vazquez) dibalik perintah mencegah kapal pembajak mencapai daratan dengan segala cara, termasuk meluncurkan SEAL team. Tapi Phillips juga harus berjuang seorang diri untuk menyelamatkan dirinya.

CP7

            It’s true, bahwa salah satu kekuatan terbesar ‘Captain Phillips’ memang terletak di tangan Tom Hanks dengan performa powerhouse-nya membawa biopik – survival story dengan durasi lebih dari dua jam ini menjadi sangat intens. Seperti karakter asli Phillips yang berjuang seorang diri di tengah penyanderaannya, skrip Billy Ray memang memfokuskan penceritaannya pada single central character ini. Menit-menit akhir akting Tom Hanks di akhir drama penyanderaannya bahkan sudah cukup solid untuk kembali menganugerahkannya satu Academy Award lagi.

CP4

            Tapi jangan salah. ‘Captain Phillips’ bisa menjadi sebaik ini juga karena dukungan Somalian pirate characters-nya. Walau jelas tergelar sebagai antagonis, Greengrass dan Billy Ray tetap menyempalkan balutan karakter itu dengan manusiawi di tengah interaksi konfliknya dengan karakter Hanks. Dan seperti yang dikatakan Hanks dalam banyak interview dengan merendah bahwa vehicle utama ‘Captain Phillips’ bukan terletak pada aktingnya, melainkan empat aktor lokal yang dipilih melalui casting ketat dengan lebih dari 700 kandidat, mostly Barkhad Abdi dan Faysal Ahmed masing-masing sebagai Abduwali Muse dan Najee, yang memang benar-benar bisa mengimbangi akting Hanks.

CP8

            Being unexperienced as big-screen actors walaupun Abdi dan Ahmed yang berdarah asli Somalia punya latar teater dari perkuliahan mereka di Minnesota (Abdi malah tengah menyiapkan film debut penyutradaraannya setelah beberapa video musik), mereka benar-benar membawa intensitas thriller di tengah dramatisasi rekonstruksi penyanderaan itu benar-benar melewati puncak yang bisa kita bayangkan lewat interaksi aktingnya dengan Hanks. Sebagai tambahan, masih ada dua aktor yang cukup dikenal ; Yul Vazquez dan Max Martini yang masing-masing baru muncul dalam ‘Runner Runner’ dan ‘Pacific Rim’, plus Catherine Keener sebagai istri Phillips.

CP5

            Sementara, jagoan lainnya tentulah ada di departemen teknis. Style handheld / shaky-cam Greengrass jelas menambah intensitas ketegangannya bersama sinematografi Barry Ackroyd yang sudah bekerjasama dengannya di air hijacking true story ‘United 93’ dan ‘Green Zone’. Tight editing dari Christopher Rouse, juga ada di dua film itu berikut ‘The Bourne Ultimatum’ yang membuahkannya Oscar untuk Best Editing, juga bekerja sangat baik membangun intensitas ini. Jangan lupakan juga scoring bagus dari Henry Jackman.

CP10

            And so, rasanya tak perlu berpanjang-panjang lagi membahas kelebihan ‘Captain Phillips’ menggambarkan true hijacking story-nya dengan luarbiasa intens. Kita mungkin sudah banyak menyaksikan macam-macam hijacking movies dengan pencapaian tak main-main, dari drama hingga action komersil termasuk yang sering disebut-sebut bersama ‘Captain Phillips’, sebuah film Denmark berlatar pembajakan Somalia, ‘A Hijacking’ (Tobias Lindholm, 2012). Tapi dalam balance yang benar-benar sempurna dalam racikannya sebagai sebuah star-driven blockbuster, aspek sinematis kelas satu sekaligus hijacking action-thriller yang tak perlu jadi over the top untuk benar-benar tampil seru, ‘Captain Phillipsis truly a masterpiece. A splendid hijacking masterpiece. (dan)

~ by danieldokter on November 5, 2013.

3 Responses to “CAPTAIN PHILLIPS : A SPLENDID HIJACKING MASTERPIECE”

  1. […]  6.      CAPTAIN PHILLIPS […]

  2. […] CAPTAIN PHILLIPS – Scott Rudin, Dana Brunetti and Michael De Luca, Producers […]

  3. […] CAPTAIN PHILLIPS – Scott Rudin, Dana Brunetti and Michael De Luca, Producers […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: