SPECIAL ID ( 特殊身份) : GOOD ACTION AND NOTHING MORE

SPECIAL ID ( 特殊身份)

Sutradara : Clarence Fok

Produksi : Beijing Starlit Movie & TV Culture, China Film Group, 2013

SPID1

            If you’re not that into HK movies, masalah panjang dalam produksi ‘Special ID’ (‘Special Identity’) mungkin tak sempat terdengar. Tapi begitulah kenyataannya. Diwarnai sejumlah konflik yang membuat produksinya sempat molor, selain masalah tuduhan sutradara Tan Bing terhadap Donnie Yen yang dianggap mencuri skrip awal yang berjudul ‘The Ultimate Codebreak’, hal yang paling disayangkan sebenarnya adalah hengkangnya aktor Vincent Zhao di tengah-tengah produksi atas keberatannya terhadap skrip yang terus berganti. Walau kemudian digantikan oleh Andy On, juga seorang aktor laga tak kalah terkenal, kolaborasi Donnie Yen dengan Vincent Zhao yang sama-sama sangat menguasai ilmu bela diri sebenarnya sudah lama ditunggu. Untuk tak menurunkan ekspektasinya, kabarnya karakter villain utamanya juga ditambah dengan Collin Chou atas pertimbangan final fight legendaris bersama Donnie di ‘Flashpoint’ (2007). Sayang walau akhirnya tetap mendapat porsi adegan tarung dengan Donnie, Collin hanya tampil tak lebih dari bintang tamu.

SPID7

            And it’s true, dengan karir Donnie yang belakangan sangat menanjak dibalik rentang panjang karirnya, fans-nya memang lebih memilih tampilan aksinya dalam action modern ketimbang period martial arts yang lebih sering diwarnai drama historikal. Masuk sebagai sutradara final adalah Clarence Fok, sineas senior perfilman Hong Kong yang sudah cukup lama istirahat dari karir layar lebarnya. Dikenal sebagai sutradara film category IIINaked Killer’ dan beberapa martial arts fantasyDragon From Russia’ (adaptasi manga ‘The Crying Freeman’ versi HK) dan ‘The Iceman Cometh’ yang remake-nya juga siap beredar dengan Donnie Yen sebagai bintang utamanya, walau beberapa film high-profile Fok juga ada yang melempem, skrip ‘Special ID’ ditulis oleh penulis ‘SPL’ dan ‘Flashpoint’, Szeto Kam-Yuen yang baru saja tutup usia tahun lalu setelah merampungkan skrip ‘The Monkey King’ (juga bakal dibintangi Donnie Yen). Dari segudang masalah dan nama-nama itu, tak heran kalau di kalangan HK martial arts enthusiast, ‘Special ID’ jadi satu yang sangat ditunggu.

SPID3

            Selain kegalauannya tak juga mendapat promosi yang dijanjikan kontaknya, Kapten Cheung (komedian Ronald Cheng), polisi undercover Dragon Chan / Chen Zilong (Donnie Yen) yang masuk terlalu dalam ke organisasi HK triad pimpinan Xiong (Collin Chou) juga semakin khawatir atas keselamatan ibunya (Paw Hee-ching) ketika rekan-rekannya mulai mencurigai identitasnya. Masalah justru bertambah berat saat Xiong sekaligus atasannya memerintahkan Zilong menuju daratan Cina untuk melacak jejak Sunny (Andy On), junior lama hasil didikannya yang kini sudah menjadi mafia besar dan membunuh salah satu pimpinan gang. Bekerja sama dengan lady-officer Fang Jing (Jing Tian) dan dibayang-bayangi pembunuh misterius Blade (Zhang Hanyu), Zilong harus menyelesaikan semuanya sebelum terlambat.

SPID2

            Niat Donnie Yen sebagai action director menghadirkan inovasi martial arts baru dengan kombinasi MMA style yang menghadirkan koreografer aksi John Salvitti di satu sisi memang terasa unik. Tetap diwarnai kungfu klasik dengan style khas tinju maut-nya, adegan-adegan body combat dalam ‘Special ID’ yang digelar sejak awal muncul dengan seru dan meyakinkan, dari adegan jagoan antara Donnie melawan sekumpulan mafia di restoran menuju klimaks panjang final fight-nya dengan Andy On. Berlangsung selama kurang lebih 10 menit non-stop, final fight ini tergelar dengan sangat intens walaupun masih belum bisa menyaingi baik klimaks juara di ‘Flash Point’ dan ‘SPL’.

SPID5

            Dan tak hanya itu, aktris baru Jing Tian yang tengah menanjak sejak action comedyThe Ultra Reinforcement’ (Lam Chi-Chung, 2012) dan sebentar lagi bakal tampil dalam ‘Police Story 2013’-nya Jackie Chan juga muncul sebagai scene-stealer yang menarik. Tak hanya menjual paras cantiknya, Jing Tian sekaligus meng-handle koreografi aksinya dengan sangat baik. Masih ada pula adegan kebut-kebutan mobil yang seru di jalanan Shenzhen dari stunt coordinator Bruce Law yang tampil se-asyik adegan-adegan martial arts-nya.

SPID4

            Sayangnya, usaha mereka untuk menghadirkan dramatisasi ke dalam undercover plot di tengah perseteruan antar gang yang tak juga baru, serba klise dan generik ini, tak dibarengi dengan koherensi memadai dalam storytelling-nya. Often full of ridiculous holes, hal terparah dalam ‘Special ID’ adalah memaksakan Donnie untuk masuk ke sisi charming karakternya dalam sempalan chemistry komedinya ke Ronald Cheng, hubungan anak dan ibu penuh kasih sayang dengan Paw Hee-ching and mostly, awkward love story-nya dengan Jing Tian. Love and hate relationship di tengah tema mentor lawan murid antara Donnie dan Andy On juga dipenuhi inkonsistensi. Bukan Donnie tak kelihatan mencoba, apalagi karirnya belakangan juga merambah genre komedi serta rom-com yang rata-rata di-handle-nya dengan cukup baik. Namun mengkombinasikan karakter seorang undercover cop penuh masalah ke dalam dramatisasi ini, selain gesturnya seringkali kelihatan lebih canggung ketimbang convincing, penelusuran plotnya juga terasa hardly believable. Bahkan monolog di final scene yang maunya kelihatan menyentuh atas hubungan itu jadi terasa lewat begitu saja.

SPID6

            Apa boleh buat. Melawan ekspektasi tinggi ke produksi penuh masalah hingga peredaran yang sempat tertunda hampir setahun itu, ‘Special ID’ gagal memaksimalkan potensi dalam wrapping keseluruhannya. Bukan saja masih jauh di bawah ‘SPL’ dan ‘Flash Point’ yang sangat remarkable, pada akhirnya ‘Special ID’ hanya menawarkan martial arts – action scenes yang seru, and that’s it. Good action and nothing more. (dan)

~ by danieldokter on November 5, 2013.

One Response to “SPECIAL ID ( 特殊身份) : GOOD ACTION AND NOTHING MORE”

  1. keren bro reviewnya.. tapi fontnya terlalu kecil khususnya yang di halaman utama dan saya kesulitan nyari fitur searchnya x_x overall two thumbs up!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: