MACHETE KILLS : EXPLOITATIONS OVERDOSE

MACHETE KILLS

Sutradara : Robert Rodriguez

Produksi : Quick Draw Productions, Open Road Films, 2013

MK7

            I bet, hanya sedikit dulu yang menyangka Robert Rodriguez benar-benar akan membawa fake trailer-nya di ‘Grindhouse’ jadi nyata. Dari dua fake trailer itu, ‘Hobo With A Shotgun’ mungkin benar-benar sebuah grindhouse. Tapi ‘Machete’ (2010) benar-benar sesuatu yang berbeda. More to a straight lunatic jokes, Rodriguez mengekploitasi tampilan sangar Danny Trejo secara total. Di tengah dukungan aktor-aktor terkenal yang dengan senang hati mau bergabung ke dalamnya, dari Jessica Alba, Michelle Rodriguez dan Lindsay Lohan yang masing-masing mendapat porsi romance dengan kegilaan tak tanggung-tanggung bersama Trejo, ke aktor-aktor seperti Don Johnson, Steven Seagal bahkan sekelas Robert De Niro. It was still a grindhouse, but with way more dose of exploitations.

MK10

            Kegilaan Rodriguez berlanjut lagi, kali ini bukan hanya dengan satu sekuel, tapi sekaligus pengembangan franchise yang makin di-push melanggar batas-batasnya. Though however, dari awal niatnya memang lebih seperti bercanda. So don’t take it too serious. Bahkan pakem-pakem untuk menilai sebuah ‘grindhouse’ sungguhan pun tak lagi berlaku untuk ‘Machete’, apalagi kewarasan dalam menilai film-film normal. In facts, semakin gila-gilaan eksploitasi Rodriguez, bagi penyukanya, akan semakin asyik pula menikmati instalmen-instalmennya. Dari sebelum-sebelumnya, sudah sangat menarik melihat deretan cast barunya yang makin banyak, mostly Lady Gaga dan main villain yang diperankan Mel Gibson.

MK6

            Dibuka dengan lagi sebuah fake trailerMachete Kills Again …In Space’ yang menampilkan referensi nyeleneh ke ‘Star Wars’ plus robot Bleep yang diperankan Justin Bieber bahkan Leonardo DiCaprio sebagai ‘The Man With (Not Iron) Silver Mask’, ‘Machete Kills’ melanjutkan petualangan Machete Cortez (Danny Trejo) dan partnernya Sartana Rivera (Jessica Alba) yang tengah meringkus dealer senjata ke drug cartel Meksiko. Kehilangan Sartana, Machete kemudian ditangkap oleh sheriff korup Doakes (William Sadler) namun segera dibebaskan atas perintah Presiden AS Rathcock (Charlie Sheen, credited as Carlos Estévez) untuk menerima misi khusus dengan imbalan kewarganegaraan AS. Misi itu adalah menumpas psikopat sinting Marcos Mendez (Demián Bichir) yang mengancam Washington DC dengan pemicu nuklir yang tertanam di jantungnya. Bekerjasama dengan Blanca Vasquez (Amber Heard) yang menyamar sebagai Miss San Antonio dan Cereza (Vanessa Hudgens), putri Madame Desdemona yang mengelola rumah bordil di perbatasan, Machete lantas menyadari motivasi Mendez. Sasarannya kini adalah penemu nuklir itu, seorang ilmuwan dan pengusaha gila Luther Voz (Mel Gibson). Rekan lamanya, Luz (Michelle Rodriguez) kemudian ikut bergabung dengan sebuah informasi penting, berpacu dengan waktu untuk menghentikan kegilaan Voz.

MK3

            Again, truthfully, tak ada pakem sinematis yang layak untuk menilai kegilaan sekuel yang akan terus berlanjut lewat 99,9% real trailer di adegan penghujungnya membawa Machete ke wilayah baru petualangan antariksa-nya. Instead, ‘Machete Kills’ tetap sembarangan menyusun plot dan adegan-adegannya di tengah sinematografi Rodriguez yang sangat bernuansa grindhouse secara campur aduk, kadang hampir tak berbentuk dengan sempalan komedi seenak perut Rodriguez, which that’s why, tak heran kalau kritikus menyambutnya dengan kebencian sangat berlebih.

MK8

         Tetap dengan referensi-referensi nyeleneh ke banyak grindhouse, which actually sangat menarik untuk ditelusuri satu-persatu, even old classics spies termasuk yang sangat mencolok menuju klimaksnya, James BondsMoonraker’, ensemble cast-nya juga tak kalah asyik dibanding predesesornya. Konsep 3B (blood, bullets and babes)-nya juga semakin diperluas, dengan fokus utama tetap mengeksploitasi habis-habisan, maaf, tampang Danny Trejo yang hancur-lebur itu. Though honestly, Trejo memang begitu berhasil menghidupkan karakter ini, dan sulit membayangkan Machete bisa diperankan aktor lain dengan jiwa dan kegilaan sebesar Trejo ke dalamnya.

MK1MK9

            Dari Jessica Alba, Amber Heard, Sofia Vergara, the nurse twins Elektra dan Elise Avellan plus Lady Gaga, ada juga Cuba Gooding Jr., William Sadler, Walton Goggins, langganan B-horror exploitations Tom Savini, hingga Charlie Sheen dan Antonio Banderas. Tapi yang paling menonjol adalah Demián Bichir yang membawa kualitas aktingnya ke dalam total jokes ini, dan tentu saja Mel Gibson sebagai main villain yang masih akan berlanjut ke sekuelnya. Di barisan babes-nya, Alexa Vega dan Vanessa Hudgens cukup menarik perhatian lebih namun sayangnya tak diberi porsi lebih, dan ada Marko Zaror dari cult actionKiltro’ dan ‘Undisputed 3’ yang memerankan Zaror the super-soldier villain yang benar-benar muncul sebagai scene-stealer paling tangguh disini.

MK11

            So there you go. But again, dengan franchiseMachete’-nya, Robert Rodriguez memang tak pernah berserius-serius ingin membuat film ‘serius’. It was meant to be a absurdly total jokes from the start, dan inilah hasilnya. Exploitation overdose, whether you like it or not. (dan)

MK4

~ by danieldokter on November 6, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: