WE’RE THE MILLERS : NATIONAL LAMPOON’S FILTHY VACATION

WE’RE THE MILLERS

Sutradara : Rawson Marshall Thurber

Produksi : New Line Cinema, BenderSpink, Vincent Newman Ent, Warner Bros, 2013

WTM7

            In Hollywood’s comedy scenes, sutradara Rawson Marshall Thurber selama ini lebih dikenal sebagai one-hit-wonder director dengan ‘Dodgeball : A True Underdog Story’ (2004). Tapi di summer tahun ini, ‘We’re The Millers’ tiba-tiba jadi box office hit dengan perolehan worldwide lebih dari 250 juta dolar AS dari bujet kecilnya. Digagas dalam tradisi family holiday comedy seperti franchiseNational Lampoon’s Vacation’ atau penerusnya yang sudah cukup lama berlalu nyaris tanpa gaung berarti, ‘RV’, ‘We’re The Millers’ jadi sedikit berbeda karena mengkombinasikannya dengan crude and filthy comedy dalam trend komedi sekarang. Ide dan skrip Bob Fisher Steve Faber (‘The Wedding Crashers’) dan Sean Anders (‘That’s My Boyand the upcomingHorrible Bosses 2’) serta nama-nama yang ada di dalamnya, Jason Sudeikis dan Ed Helms, sudah menunjukkan kecenderungannya kesana. Again, in comedies, particular taste akan menentukan resepsi ke masing-masing pemirsanya, walaupun akhirnya box office tetap akan jadi patokan kesuksesannya.

WTM3

            Menjadi korban perampokan hingga kehilangan sisa barang dan hasil penjualannya, drug dealer amatiran David Clark (Jason Sudeikis) terpaksa menyanggupi perintah supplier-nya, drug lord Brad Gurdlinger (Ed Helms) menyeludupkan marijuana dari Meksiko ke AS. Menyadari resikonya, David kemudian menyewa stripper Rose (Jennifer Aniston), maling remaja yang minggat dari rumah, Casey (Emma Roberts) serta tetangganya, bocah polos Kenny (Will Poulter) untuk berpura-pura menjadi keluarga Miller demi membawa marijuana itu dalam perjalanan liburan dengan sebuah RV. Rencana mereka mulai berantakan ketika keluarga palsu ini bertemu dengan keluarga Fitzgerald ; pasangan Don – Edie (Nick OffermanKathryn Hahn) serta putri mereka Melissa (Molly Quinn). Bukan hanya Don ternyata seorang agen DEA, marijuana titipan itu ternyata hasil rampokan dari kartel Meksiko milik gembong narkoba Pablo Chacon (Tomer Sisley). With everything went berserk, empat anggota keluarga gadungan ini harus bekerjasama dengan segala cara tanpa menyadari munculnya keterikatan diantara mereka.

WTM1

            Being that simple, tak banyak catatan lebih dari keseluruhan penggarapannya, namun satu yang pasti, ‘We’re The Millers’ menjadi sangat fresh atas bangunan komedi kasar yang pas di atas fondasi plot liburan keluarga dari skripnya. Sementara elemen-elemen klasik film liburan keluarga ’80-an dari road trips, RV bermasalah, coming-of-age part dari karakter-karakter anak, set pasar malam hingga the other annoying family sebagai konfliknya, komedi-komedi nyeleneh itu bekerja dengan baik untuk memancing tawa sekalipun penuh dengan toilet comedies dan lawakan-lawakan kasar lainnya. Toh hal terpenting dalam sebuah komedi adalah bagaimana ia bisa memancing tawa bagi sasaran audiens yang pas, yang memang datang untuk sebuah hiburan murni.

WTM4

            Dan lebih dari itu, hal terbaik dari ‘We’re The Millers’ adalah ensemble-nya. Hadir dengan chemistry yang sangat menarik meng-handle sisi komedi-nya, masing-masing juga memerankan karakternya dengan pas, mostly Jennifer Aniston dan Will Poulter yang sangat memanfaatkan gestur polos serta komikalnya untuk dieksploitasi habis-habisan oleh Marshall Thurber. With huge selling points and potential chance buat pengembangan sekuel, jangan lewatkan juga serangkaian bloopers di end credits yang memuat satu homage scene paling menarik buat Aniston. It’sNational Lampoon’s Vacationall over again, only much filthier. Hilariously entertaining! (dan)

WTM6

~ by danieldokter on November 7, 2013.

One Response to “WE’RE THE MILLERS : NATIONAL LAMPOON’S FILTHY VACATION”

  1. Reblogged this on paulustheodore.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: