THOR : THE DARK WORLD ; NEW LEVELS OF THE GALAXY

THOR : THE DARK WORLD

Sutradara : Alan Taylor

Produksi : Marvel Studios, Walt Disney Studios Motion Pictures, 2013

TDW10

            Say whatever. Tapi Marvel, dengan Marvel Cinematic Universe-nya, adalah sebuah kematangan konsep. Di tangan Kevin Feige sebagai eksekutif studionya yang sangat visioner, ia menjawab ekspektasi banyak pihak terhadap fondasi Phase II The Avengers yang mulai dibangun satu-persatu setelah ‘Iron Man 3’. Bahwa tiap instalmen menuju kesana bukan jadi produk aji mumpung atau appetizer yang serba repetitif. Instead, seperti anak tangga yang kokoh, level tiap instalmennya terus meningkat. Tak perlu meniru konsep sana-sini, Dari ketepatan pemilihan cast and crew yang tak perlu meninggalkan kontroversi ‘but thisorbut that’, storyline, efek visual hingga sebuah paket komplit petualangan solo superhero-superhero-nya. Gelap atau terang, all in the name of fun.

TDW9

            Lewat sebuah introduksi tentang niat penghancuran semesta oleh Malekith (Christopher Eccleston) dari Svartaheim yang digagalkan oleh Bor (Tony Curran), ayah Odin (Anthony Hopkins), meninggalkan senjata ampuh bernama Aether yang kemudian tersimpan selama berabad-abad,  dan berhasil dikalahkannya, ‘The Dark World’ melanjutkan timeline setelah ‘The Avengers’. Loki (Tom Hiddleston) dipenjarakan di Asgard tas kejahatannya terhadap bumi, sementara Thor (Chris Hemsworth) bersama Fandral (Zachary Levi), Volstagg (Ray Stevenson) dan Sif (Jaimie Alexander) menuju Vanaheim, berperang demi membantu Hogun (Tadanobu Asano) menegakkan kedamaian di Nine Realms. Di saat yang sama, sebuah portal misterius muncul di London, membawa Jane Foster (Natalie Portman) dan Darcy Lewis (Kat Dennings) ke dalam penyelidikan mereka. Foster yang menghilang dalam portal dan terinfeksi Aether lantas membuat Thor mencari dan membawanya ke Asgard atas petunjuk Heimdall (Idris Elba) yang juga mengindikasikan kebangkitan Malekith bersama tangan kanannya, Algrim (Adewale Akinnuoye-Agbaje) yang ingin merebut Aether dan meneruskan rencananya menghancurkan semesta. Thor tak punya pilihan selain bekerjasama dengan Loki di tengah keraguannya untuk melarikan diri dari Asgard menentang larangan Odin.

TDW1

            In a slight different tone dengan pengenalan sosok Thor oleh sutradara Kenneth Branagh dalam memindahkan Gods universe ke ranah mitologi-nya di film pertama, sutradara Alan Taylor yang dikenal lewat kiprahnya lewat episode ‘Game Of Thrones’ menghidupkan petualangan Thor dengan atmosfer adventure yang sangat kental dibalik set Asgard dan galaksinya. Begitupun, elemen-elemen intinya tetap dipertahankan dengan baik oleh Taylor, termasuk salah satu kekuatan yang sangat menonjol di part two worlds love story ThorJane Foster.

TDW5

            Bersama penyutradaraan Taylor, skrip dari Christopher Yost, nama yang sudah malang-melintang di animasi-animasi Marvel bersama duo penulis Christopher Markus dan Stephen McFreely (also the writers of the upcomingCaptain America : Winter Soldier’) juga membawa ‘The Dark World’ ke level baru petualangan Thor. Di tangan trio penulis ini, plus, well, sedikit bantuan dari Joss Whedon di beberapa penambahan adegannya, benang merah ke instalmen pertamanya tertata dengan solid. Semua sisi pengembangan plot ini tampil dengan kuat, memunculkan kembali side characters di instalmen pertama seperti Darcy, Sif, Volstagg, Heimdall serta Frigga, ibu Thor yang diperankan Rene Russo dalam porsi lebih. Dr. Erik Selvig yang diperankan Stellan Skarsgård juga tetap hadir bersama karakter-karakter baru yang tak kalah menarik ; Ian dan Richard yang masing-masing diperankan Jonathan Howard dan Chris O’Dowd serta Zachary Levi yang menggantikan Joshua Dallas sebagai Fandral. Bahkan Mjolnir Thor seakan ikut menjadi bintang baru dibalik treatment lebih yang sangat mengingatkan Iron Man suit di instalmen terakhirnya.

TDW6

            Dan tak hanya itu, sisi komedi yang makin fun, romance yang tetap menonjol serta bangunan family drama yang lebih menyentuh juga tak lantas menenggelamkan porsi action di tengah efek visual dan set yang jauh lebih megah dari predesesornya. Tapi tak ada yang lebih baik dari part sibling rivalry Thor dan Loki, yang digagas dengan taktis ke tengah-tengahnya. Selagi Hemsworth terlihat kian nyaman masuk ke karakter ini, kali ini menambah sisi charm-nya ke dalam sosok Thor dan chemistry-nya dengan Natalie Portman, Tom Hiddlestons Loki is the real rock star. Meng-handle potensi scene stealer-nya seperti biasa bahkan lebih lagi dalam sisi yang belum pernah kita lihat sebelumnya, Hiddleston semakin menunjukkan bahwa tak ada aktor dengan sisi charm lebih kuat untuk memerankan villain ambisius dalam universe Thor selain dirinya, sekaligus membuat Feige dkk rela menambah porsinya belakangan. Dan jangan lupakan juga ‘cheer-out-loudcameo yang muncul di dalamnya.

TDW8

            Catatan lain tentang kekuatan ‘The Dark World’ juga ada pada scoring-nya. Meski kali ini muncul tanpa kekuatan theme song seperti instalmen pertama yang memuat single Foo Fighters, emo-romantic rockWalk’, komposer Brian Tyler yang masuk buat menggantikan Patrick Doyle memberi kekuatan baru terutama pada main theme-nya dengan orkestrasi megah dan jauh lebih melodius.

TDW4

            Now at last, here’s some tips. Don’t leave your seat after the credits rolled, karena ada dua added scene, satu di mid-credit, berupa hint ke franchise terbaru Marvel Cinematic Universe, ‘Guardians Of The Galaxy’ yang langsung di-handle oleh sutradaranya, James Gunn memunculkan karakter The Collector yang diperankan Benicio Del Toro, dan sebuah romantic conclusion di penghujungnya. Taking this sequel to the new level, ‘Thor : The Dark World’ tak hanya sukses melewati predesesornya, it’s also a complete pack of fun-filled adventure! (dan)

~ by danieldokter on November 8, 2013.

One Response to “THOR : THE DARK WORLD ; NEW LEVELS OF THE GALAXY”

  1. Sepertinya semenarik seri 1 nih.
    Pak dokter saya napak tilas di blog sampeyan ya. Belum ada setahun baut blog WP saya nih.
    Salam kenal lagi deh.

    LBP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: