LAST VEGAS : THE HEARTY HANGOVER, AND MORE

LAST VEGAS

Sutradara : Jon Turteltaub

Produksi : Good Universe, CBS Films, 2013

LV12

            Ah. Reunion themes. Template yang bisa bekerja pada genre apa saja ; dari drama, komedi, action bahkan horor untuk membangun interaksi karakter yang hangat dalam sebuah film. Tapi ‘Last Vegas’ punya sebuah jualan yang lain. Mengambil reunion set-nya di Las Vegas, yang juga jadi set lazim buat film-film bertema sejenis, power factor terkuatnya adalah bentukan ensemble cast yang sungguh memikat, apalagi buat yang tumbuh bersama film-film para aktor legendaris ini.

LV9

            Now look at those actors, yang memang dalam sejarah karir hebat mereka belum pernah berkolaborasi bersama. Robert De Niro, Michael Douglas, Morgan Freeman dan Kevin Kline. You might also know where it goes, dengan nuansa komedi yang mostly menertawakan geriatric problems termasuk tentunya soal seks, namun di tangan sutradara Jon Turteltaub, sutradara yang menghabiskan separuh dari karirnya di film-film beratmosfer feelgood, diantaranya ‘Cool Runnings’, ‘While You Were Sleeping’, ‘Phenomenon’, ‘Disney’s The Kid’ hingga franchise National Treasure’, ini tentu akan jadi sangat menarik. Mostly a cliché celebration, memang, tapi akan tetap asyik menikmati ensemble itu.

LV1

            Dimulai dengan masa kecil empat sahabat, Billy, Paddy, Sam dan Archie (dewasanya masing-masing diperankan oleh Michael Douglas, Robert De Niro, Kevin Kline dan Morgan Freeman), ‘Last Vegas’ berlanjut ke kehidupan mereka di usia sixty something. Billy yang selama ini melajang dibalik karir suksesnya baru saja melamar Veronica (Weronika Rosati). Untuk merayakan pernikahan pertamanya ini, ia kembali menghubungi sahabat-sahabat lamanya untuk sebuah bachelor party di Vegas. Disinilah konflik-konflik lama dalam persahabatan mereka yang selama ini belum terselesaikan menyeruak ke permukaan. Di tengah-tengah gegap gempita Las Vegas, dan seorang penyanyi paruh baya Diana (Mary Steenburgen) yang menyulut kembali rivalry antara Billy dan Paddy.

LV10

            Just being that simple, ‘Last Vegas’ memang dipenuhi oleh signature Jon Turteltaub dalam atmosfer feelgood yang menjadi spesialisasinya. Dan penulis skrip Dan Fogelman (‘Cars’, ‘Bolt’, ‘Tangled’ dan ‘Crazy Stupid Love’) tak membiarkan reuni para oldcrack ini berkembang menjadi komedi gila-gilaan yang tengah menjadi trend sekarang. Membangun semua konflik, dramatisasi serta komedinya dengan halus, Fogelman tetap meletakkan basic-nya ke old fashioned comedy yang penuh dengan hati, sambil sesekali menyentil real life para aktor berikut trademark peran mereka di film-filmnya selama ini. Begitupun, bukan berarti ‘Last Vegas’ jadi sulit untuk memancing tawa. You’ll seeThe Hangovereverywhere, tapi bangunannya penuh homage ke komedi era ’80 – ‘90an.

LV5

            Dan hasilnya adalah sebuah chemistry yang tergelar dengan kehangatan luarbiasa diantara aktor-aktor ini. Walau yang terkuat ada pada Michael Douglas dan Robert De Niro, bukan berarti porsi Freeman dan Kline jadi tertinggal. Dengan konflik pribadi masing-masing karakter yang dihadirkan dengan pas, kehadiran Mary Steenburgen juga memberikan blend sempurna ke tengah-tengah mereka. Masih ada pula penampilan bagus dari komedian-music producer Romany Malco dan trivial cameo rapper 50 Cent yang cukup bekerja membangun kelucuannya. Scoring dari Mark Mothersbaugh, komposer senior yang juga co-founder/lead vocal new wave bandDevo’ dan belakangan banyak berkolaborasi dengan Wes Anderson di film-filmnya pun ikut membangun atmosfer feelgood itu dengan kuat.

LV4

            So yes, ensemble aktor-aktor oldcrack dalam sebuah komedi itu mungkin membuat ‘Last Vegas’ tak lantas menjadi suguhan blockbuster yang lebih besar, tapi bersaing bersama blockbusters akhir tahun, kekuatan hiburan itu sudah mencetak perolehan box office yang tergolong cukup lumayan dari bujet kecilnya. Tak heran kalau mereka kabarnya sedang merencanakan sebuah sekuel. ‘Last Vegas’ memang tak terlalu spesial, terlebih buat penonton sekarang yang menganggapnya hanya sekedar ‘the hearty hangover’. But hey, ensemble itu jelas memberikan sesuatu yang lebih, and overall, hilarious comedy dengan kehangatan seperti ini mungkin sudah jarang-jarang muncul sekarang. So don’t miss this one! (dan)

~ by danieldokter on November 21, 2013.

One Response to “LAST VEGAS : THE HEARTY HANGOVER, AND MORE”

  1. Yg paling menarik adalah pesan moralnya. Yakni bagaimana menjalani kehidupan yang layak di hari tua, bisa bersenang senang dan tetap bersemangat menjalani hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: