THE HUNGER GAMES : CATCHING FIRE ; A SEQUEL THAT SETS FIRE

THE HUNGER GAMES : CATCHING FIRE 

Sutradara : Francis Lawrence

Produksi : Color Force, Lionsgate, 2013

CF7

            To some, young adult adaptations might be really annoying. Sebuah genre yang selalu berhadapan dengan haters, baik yang mungkin merasa terlalu dewasa untuk sebuah mindset beda, atau tak pernah suka dengan fantasi-fantasi dalam wrapping young romance yang memang diromantisasi sesuai template-nya ; in story, scenes or dialogues. Tapi inilah trend. Like it or not, ‘The Hunger Games’ yang diadaptasi dari novel trilogi best seller karya Suzanne Collins oleh Lionsgate sudah menghasilkan hampir 7 kali lipat dari bujetnya. Apalagi punya fanbase cukup gede, tak peduli banyak yang menganggapnya terinspirasi ‘Battle Royale’ yang sesungguhnya juga inspired products, tak ada alasan untuk tak melanjutkannya ke instalmen berikutnya.

CF2

            Berpindah ke tangan sutradara Francis Lawrence (‘I Am Legend’ & ‘Constantine’), instalmen kedua ‘Catching Fire’ melanjutkan petualangan Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) dan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) setelah kemenangan mereka di pertandingan sebelumnya yang berpotensi menyulut revolusi di tengah tirani Panem’s Capitol. Mengantisipasi ini, Presiden Corolianus Snow (Donald Sutherland) diam-diam mengunjungi Katniss yang tengah menjalani victory tour mereka di District 12 sambil menyiapkan taktik lain di pertandingan berikutnya. Katniss terpaksa mempublikasikan pertunangannya dengan Peeta dibawah arahan mentor mereka, Haymitch Albernathy (Woody Harrelson) walau berarti ini mengecewakan sahabat terdekatnya Gale Hawthorne (Liam Hemsworth) tanpa menyadari bahwa Snow bersama The Gamemaker baru Plutarch Heavensbee (Phillip Seymour Hoffman) sudah merancang pertandingan akbar Quarter Quell ke-3 dalam sejarah Panem, 25th anniversary Hunger Games yang secara spesial merekrut peserta dari para pemenang sebelumnya. Bersama Peeta dan tributes lainnya, Katniss pun harus sekali lagi bertarung demi menyelamatkan orang-orang kesayangannya.

CF1

            Walau sekilas berpremis simpel di tengah template deadly game among humans yang diusungnya, ‘The Hunger Games’ jauh lebih rumit dari yang terlihat dalam membangun universe terhadap pemirsa yang bukan pembaca novelnya. Kiprah Gary Ross dalam instalmen pertamanya bisa dibilang sudah cukup berhasil meletakkan fondasi ini untuk dilanjutkan oleh Lawrence dengan leluasa, dan skrip yang kali ini ditulis dua Academy Award-winning scriptwriter Simon Beaufoy (‘Slumdog Millionaire’) dan Michael Arndt (‘Little Miss Sunshine’) pun tak perlu bersusah payah kembali ke introduksi lebih dalam pengenalan karakter berikut universe-nya. Menyadari bahwa core dari franchise aslinya punya sisi lebih kuat ketimbang universe dan porsi seru-seruannya, Beaufoy dan Arndt memilih untuk mengekplorasi revolution subtexts yang jauh lebih dalam serta thought-provoking, dan hasilnya adalah elemen terkuat di sekuel ini.

ID_D24_10474.dng

            Jennifer Lawrence masih tampil sangat meyakinkan sebagai Katniss Everdeen, both with sweetheart quality dan gestur heroine-nya di tengah romance conflicts antara Peeta dan Gale yang diperankan Josh Hutcherson dan Liam Hemsworth. Selagi Hemsworth lagi-lagi belum mendapat porsi banyak kecuali di scene-scene penghujung yang bakal berlanjut ke instalmen selanjutnya, Hutcherson masih belum terlihat maksimal mengeksplorasi karakter sekuat performa Lawrence. Para pendukung yang kembali dari instalmen sebelumnya, Donald Sutherland, Stanley Tucci dan Lenny Kravitz juga tetap bermain konsisten bersama Elizabeth Banks dan Woody Harrelson yang kembali berhasil mencuri perhatian di tengah karakter-karakter utamanya, masing-masing sebagai the kinky Effie Trinket dan Albernathy. Masih ada pula karakter-karakter baru yang diperankan Phillip Seymour Hoffman, Jeffrey Wright, Amanda Plummer, Lynn Cohen, mostly Sam Claflin dan Jena Malone yang semuanya bisa tersorot dengan baik tanpa sekedar jadi side-characters tak penting. Hanya aktor laga Daniel Bernhardt, that if you did notice him, yang entah untuk apa di-cast tanpa sebuah peran lebih berarti.

CF11

            Di departemen teknisnya, ‘Catching Fire’ juga tampil semakin mencolok bersama bujet pembuatannya yang meningkat hampir dua kali lipat instalmen pertamanya. Sinematografi Jo Willems yang menggantikan Tom Stern, efek serta penanganan adegan-adegan aksi yang intensitasnya semakin meningkat, scoring yang tetap dibesut komposer James Newton Howard bersama up-to-date soundtracks yang diisi Christina Aguilera, Ellie Goulding, Imagine Dragons, Lorde selain tentunya theme song jagoan ‘Atlas’ dari Coldplay, serta satu aspek yang tak boleh diremehkan dari franchise ini, costume designs. Selain rancangan Trish Summerville dari Alexander McQueen, salah satunya dalam tampilan Effie Trinket yang bernuansa Lady Gaga’s outfits, as we heard before, Katnissremarkable wedding gown itu memang dirancang oleh desainer Indonesia Tex Saverio yang sebelumnya juga merancang kostum untuk Lady Gaga dan Kim Kardashian. Kekuatan desain kostum ini juga jadi salah satu bagian paling menarik untuk membangun keseluruhan universe-nya sebagai sebuah young adult fantasy adaptation yang sangat eye-catching selain juga bicara lantang tentang kelas-kelas sosial.

CF9

            So, sekali lagi, franchise ini membuktikan kiprahnya bukan sekedar main-main. Perolehan box office-nya yang tergolong cukup luarbiasa untuk tahun ini, 300 juta US$ lebih di minggu-minggu awal and still succcessfully counting, sudah membuktikan itu, bersama eksplorasi dan penggarapan sinematis yang semakin majestis, juga mengundang rasa penasaran pemirsanya yang masih bakal berlanjut ke sekuel ikonik ‘Mockingjay’ yang kabarnya akan dibagi dua sepanjang 2014-2015. To some, it’s just a young adult adaptation. To others, ‘Battle Royale’. But this sequel, has really set fire! (dan)

CFCF3

~ by danieldokter on November 26, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: