THE HOBBIT : THE DESOLATION OF SMAUG ; THE ACTION UNLEASHED

THE HOBBIT : THE DESOLATION OF SMAUG

Sutradara : Peter Jackson

Produksi : New Line Cinema, Metro-Goldwyn-Mayer, WingNut Films, Warner Bros, 2013

DOS1b

            Awalnya mungkin banyak yang tak yakin dengan keputusan Peter Jackson membawa prekuel ‘The Lord Of The Rings’ ini dalam kemasan trilogi, masing-masing dalam durasi panjang pula, secara source aslinya sekilas tak punya potensi untuk dikembangkan sepanjang itu. Namun apa yang dilakukannya lewat instalmen pertama, mau tak mau sudah merubah persepsi banyak orang. Bahwa kemunculan berbagai jenis karakter dalam universe kisah asli besutan J.R.R. Tolkien ini masih sangat layak buat ditunggu, apalagi dalam usaha-usaha taktis menyambung benang merahnya dengan karakter-karakter memorable di trilogi ‘The Lord Of The Rings’.

DOS7

               Meninggalkan penontonnya dengan teaser kemunculan Smaug the dragon di penghujung ‘The Hobbit : An Unexpected Journey’, ‘The Desolation Of Smaug’ memulai kisahnya dari pertemuan Gandalf (Ian McKellen) dengan Thorin Oakenshield (Richard Armitage), pimpinan para Dwarves di sebuah bar kecil di Bree. Untuk memudahkan rencana Dwarves merebut kembali Lonely Mountain dari Smaug, Gandalf menganjurkan mereka untuk menemukan Arkenstone di sarang Smaug (disuarakan oleh Benedict Cumberbatch) Membawa kembali Bilbo Baggins (Martin Freeman) sambil menghindari kejaran Azog (Manu Bennett) dan pasukan Orc-nya, mereka memulai quest ini, walau Gandalf memutuskan berpisah, menetap di Dol Guldur untuk melacak keanehan yang dirasakannya atas kemunculan the necromancer. Diserang oleh sekelompok laba-laba raksasa, Thorin dan kelompoknya kemudian ditawan oleh Elves yang dipimpin Legolas (Orlando Bloom), putra Thranduil (Lee Pace), bersama Tauriel (Evangeline Lilly). Dalam pelariannya, mereka kembali diserang Bolg (Lawrence Makoare), putra Azog dan para Orcs dimana Legolas harus memutuskan lawan yang lebih penting. Dengan bantuan Bard (Luke Evans), pemanah dengan rahasia masa lalu yang menyeludupkan mereka ke Esgaroth the lake town, Thorin, Bilbo dan rekan-rekannya melanjutkan perjalanan mereka ke sarang Smaug di Lonely Mountain. Namun Smaug juga tak semudah itu diperdaya.

DOS16

            Tanpa harus mengulang pengenalan karakter-karakter yang memakan durasi awal instalmen pertamanya secara cukup panjang, Jackson bersama penulis skrip Fran Walsh, Philippa Boyens dan Guilermo del Toro memulai instalmen kedua ini dengan pace yang cepat. Tak sepenuhnya sesuai dengan novel, namun benang merah ke trilogi berikutnya mulai dimunculkan secara taktis dan lebih menarik. Set dan action scenes-nya digagas dengan gigantis, terutama river showdown yang kembali menampilkan Legolas-nya Orlando Bloom, yang sekaligus jadi salah satu highlight terbesar sekuel ini lewat penampilannya yang sangat kuat, jauh dari film-filmnya di luar franchise ini.

DOS2

         Memerankan Tauriel, elf-warrior yang tangguh, Evangeline Lilly juga kelihatan sangat pas bersama karakter baru Bard yang diperankan Luke Evans. Masih ada pula aktor senior Inggris Stephen Fry yang memerankan Master of Laketown, sementara Richard Armitage, Aidan Turner, Ken Stott, James Nesbitt dan karakter lainnya tetap bisa menghidupkan karakter Dwarves yang mendapat porsi makin besar. Tapi bukan juga berarti menenggelamkan peran Martin Freeman sebagai karakter yang diusung oleh judulnya.

DOS3

            Namun begitu, ‘The Desolation Of Smaug’ mau tak mau berhadapan dengan problem yang ada pada instalmen kedua sebuah trilogi. As the middle chapter, dimana klimaks-klimaksnya terkesan disimpan buat instalmen ketiga nanti, instalmen kedua ini memang tak se-nonstop instalmen pertamanya menghadirkan action ride yang seru selepas pengenalan karakter-karakter prekuel itu. Beberapa yang ada memang jauh lebih kick-ass, sedikit sadis serta tak lagi se-kekanak-kanakan pendahulunya, bahkan dengan gimmick 3D, IMAX 3D atau 4DX yang lebih lagi mengedepankan visual experience yang keren, namun pace itu masih naik turun di sepanjang paruh durasinya, termasuk di introduksi Smaug yang sangat terasa difokuskan sedikit lebih demi memanfaatkan potensi voiceover Benedict Cumberbatch. Pace itu memang kembali berjalan cepat dengan action climax di penghujungnya, namun sayangnya tak cukup lama buat penonton untuk kembali ditinggalkan dengan penantian ke instalmen ketiga yang baru akan hadir akhir tahun depan.

DOS6

            Di sisi teknis hampir tak ada flaws berarti yang menurun dari instalmen pertamanya. Scoring Howard Shore, sinematografi Andrew Lesnie berikut creature and special effects serta desain produksinya sama-sama sebesar sebelumnya, bahkan dilengkapi dengan end title song bagus dari Ed Sheeran, ‘I See Fire’, dengan melodic effort tak jauh dibawah ‘May It Be’-nya Enya di ‘The Fellowship Of The Ring’.

DOS1

            So there you go. Tak jauh beda dengan pola yang ada di trilogi lanjutannya, ‘The Hobbit : The Desolation Of Smaug’ bisa jadi akan lebih memuaskan banyak pemirsanya dengan action scenes yang lebih menonjol daripada sisi fun adventure ride-nya. Persis seperti ‘The Two Towers’ yang melepas landasan franchise-nya, unleashed the action ke sebuah klimaks yang komplit, mudah-mudahan ‘There And Back Again’ di 2014 nanti akan bisa melebihi, atau paling tidak menyamai ‘The Return Of The King’. (dan)

DOS12

~ by danieldokter on December 23, 2013.

4 Responses to “THE HOBBIT : THE DESOLATION OF SMAUG ; THE ACTION UNLEASHED”

  1. […] THE HOBBIT : THE DESOLATION OF SMAUG – Brent Burge […]

  2. Sangat ditunggu banget nih seri ke 3 nya The Hobbit : There and Back Again

  3. […] THE HOBBIT : THE DESOLATION OF SMAUG – Brent Burge […]

  4. dh g sbr utk mlht lg keindahan Midle-Eart di The Hobbit there & back again, smg adegan duel pamungkas antara orc pimpinan Azog dngn pasukan gabungan dwarf-human-elf bs dieksekusi dngn memuaskan sprti dlm LOTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: