POLICE STORY 2013 (警察故事2013) : THE FRANCHISE GOES MAINLAND

POLICE STORY 2013 (警察故事2013)

Sutradara : Ding Sheng

Produksi : Jackie Chan & JJ Productions, China Vision Media Group, Wanda Film and Television Media, Starlet HK International Media, Emperor Motion Pictures, 2013

PS8

            Mulai beralih ke peran-peran yang tak lagi hanya menonjolkan action, Jackie Chan masih punya komitmen penuh terhadap karirnya. Ia mungkin masih terus mencari formula secara hasil box office-nya tak lagi sehebat masa lalu sementara penonton masih terus mengharapkan jagoan idolanya beraksi seperti biasanya, tapi toh namanya masih punya trademark kuat. Salah satu caranya tentu dengan membawa franchise blockbuster tersukses yang dimilikinya kembali ke layar lebar, meski sama dengan ‘New Police Story’ (2004) dan ‘CZ12’ kemarin, masing-masing tak punya kontinuitas ke film series-nya.

PS3

            ‘Police Story 2013’ ini pun begitu. Sebagai, lagi, sebuah reboot lain dari franchise-nya, Jackie memang merancang sesuatu yang berbeda. Mungkin begitu terkesan dengan ‘Little Big Soldier’ (2010) tempo hari, Jackie memilih memindahkan set-nya dari Hong Kong ke Mainland China. Sutradara ‘Little Big Soldier’, Ding Sheng, kembali direkrut sekaligus sebagai penulisnya, berikut dua pendukung utama yang juga bukan aktor asal Hong Kong ; Liu Ye (‘The Promise’, ‘Curse Of The Golden Flower’) dan aktris yang barusan kita lihat dalam ‘Special ID’, Jing Tian. Resepnya mungkin tak terlalu jauh beda dengan rebootPolice Story’ sebelumnya, dengan suntikan dramatisasi yang jauh lebih kuat ketimbang sekedar action, tapi mungkin ia percaya, tim dan set barunya akan menghasilkan instalmen yang benar-benar fresh dari franchise ini. Bagaimana pula dengan demand penontonnya?

PS2

            Komitmennnya terhadap karir membuat detektif polisi Cina daratan, Zhong Wen (Jackie Chan), tak pernah bisa dekat dengan putrinya, Miao Miao (Jing Tian) dari kecil hingga sepeninggal sang istri. Pertikaian itu pun berlanjut ketika Miao Miao yang kini berhubungan dekat dengan pemilik underground niteclub, Wu Jiang (Liu Ye). Zhong Wen yang menyambangi Miao Miao kesana kembali terlibat pertengkaran, tanpa menyadari sebuah perangkap maut atas kasus masa lalu sudah disiapkan untuknya.

PS7

            Dibandingkan film-film Hong Kong yang rata-rata lebih menonjolkan kekuatan komersil sehingga jauh lebih dikenal ke luar, perfilman Cina sebenarnya menyimpan potensi ide-ide dan sumber daya yang jauh lebih fresh. Karena itu juga kompromi terhadap pendekatan dramatisasi dibalik usaha untuk memperkuat plot dalam rata-rata film Hong Kong hampir tak pernah bisa terlihat maksimal. Dengan kolaborasi ini, Jackie Chan jelas ingin menghindarinya.

PS6

         Dalam tendensi itu, surprisingly, ‘Police Story 2013’ berhasil memberikan keseimbangan yang cukup baik lewat kerja borongan Ding Sheng sebagai sutradara, penulis dan editor. Dalam dramatisasinya, emosi dalam ‘Police Story 2013’ terbangun jauh lebih kuat, sementara ketegangan yang dihadirkan juga agaknya mampu menutupi minimnya adegan action klasik ala Jackie walau tak sampai nyaris hilang seperti dalam ‘Little Big Soldier’. Resepnya memang mirip ‘Die Hard’ di set berbeda, tapi jauh lebih gritty seperti yang sejak lama terlihat dari trailer-nya.

PS5

          As a hard-boiled detective, dengan potongan rambut berbeda, Jackie Chan memberikan kedalaman yang pas dalam akting intensnya sebagai Zhong Wen. Jauh lebih baik dari apa yang dilakukannya dalam ‘Shinjuku Incident’, tanpa harus terlihat over-dramatic seperti di ‘New Police Story’. Pengembangan plot simpel menjadi sebuah cat and mouse game seru menuju klimaks yang cukup eksplosif tampil dengan intensitas luarbiasa tanpa sekalipun menanggalkan potensi dramatis yang satu demi satu disempalkan Ding Sheng dengan pas bersama twist elements-nya. Emotionally engaging. Jing Tian lagi-lagi bisa mencuri layar, menunjukkan kenapa ia layak menjadi aktris baru yang patut diperhitungkan. Chemistry-nya dengan Jackie mengalir dengan mulus, bersama Liu Ye yang memang jarang tampil mengecewakan di sejumlah filmografinya. As a bonus, ada theme song bagus yang dinyanyikan Jackie bersama Sun Nan, ‘Zheng Jiu’ (means : rescue) di end credits yang tetap menampilkan bloopers seperti biasanya.

PS4

            So be it. This might be one of  Jackie Chans finest works in his attempt to fit in some serious roles. Namun tanpa bisa ditampik, dengan tampilan gritty tanpa joke di sepanjang filmnya, ‘Police Story 2013’ mungkin tetap bukan showcase Jackie Chan yang diinginkan banyak orang dengan humorous action sebagai trademark-nya yang jauh lebih dikenal. Orang akan dengan mudah tetap datang ke bioskop, tapi sebagian mungkin tak akan suka dengan apa yang mereka saksikan. (dan)

~ by danieldokter on January 14, 2014.

One Response to “POLICE STORY 2013 (警察故事2013) : THE FRANCHISE GOES MAINLAND”

  1. Myaaaaahahahahaaaaaa… akhirnya Dr. Danil mengakui bahwa Jackie Chan tidak perlu operasi “ganti muka” terlebih dahulu untuk bisa bermain baik dalam sebuah drama action serius. Jarang-jarang loh ini terjadi ^^

    Glad to know U like the movie, Dan. One thing yang mungkin berbeda, for me, a true Jackie Chan fan (bukan Jackie Chan type of movie yaa) would love Police Story 2013. Setuju bahwa dari segi action memang tidak dapat dibandingkan dengan film-film khas Jackie Chan yang legendaris seperti the first two dari franchise Police Story, dwilogi Project A atau dwilogi Drunken Master, tapi a true Jackie Chan fan tidak akan bermasalah dengan hal itu karena mereka (baca: kami) akan sangat bahagia dan terpuaskan jika om Jackie (baca: idola/pahlawan kami) menemukan “rumah” baru untuk terus berkarya melewati batas usia.

    Dan di Police Story 2013 lah, om Jackie menemukan titik yang hampir sempurna dalam melakukan transformasi tersebut, dari film action super dahsyat dengan stunts yang menantang keberuntungan nyawa kucing yang dapat 8 kali menghindari maut, menuju film drama thriller serius dengan bumbu action yang tetap memiliki semangat untuk melakukan inovasi baru.

    Cerita, seting situasi dan keadaan di Police Story 2013 membuat Jackie Chan yang kini terlihat jauh lebih tua dan gempal menjadfi sangat wajar, sesuai dengan kebutuhan cerita dan karakter di dalam filmnya.

    Ta Ke is the best! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: