THE WOLF OF WALL STREET : MODERN ROBIN HOOD AND SCORSESE’S LOOSE SCREWS

THE WOLF OF WALL STREET

Sutradara : Martin Scorsese

Produksi : Red Granite Pictures, Appian Way Productions, Sikelia Productions, Emjag Productions, Paramount Pictures, Universal Pictures, 2013

WOWS11

            Not that it’s not good, tapi setelah ‘Hugo’ yang agak berbeda dari karya-karyanya sebelumnya, mungkin karena Scorsese sedang terlena oleh trend movies as love letters, it’s nice to see him got back on track. Oh no, ‘The Wolf Of Wall Street’ memang bukan ada di ranah gangster movies, if that’s what you think. Balutannya malah lebih pada sebuah black comedy. Tapi biopik yang diangkat dari memoir Jordan Belfort, motivator Amerika mantan pialang saham yang terjebak dalam aktifitas stock market fraud sejak akhir ‘80-an, memang sangat Scorsese. Atmosfer crime (not gangster) movies yang kental, survival principles dari friendship story over strong characters, jelas terbaca disana. Dan penampilan Leonardo DiCaprio yang kembali sebagai muse actor-nya, jelas menambah profil serta ekspektasinya.

WOWS7

            Chasing his own American dream, Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio) memulai pekerjaannya sebagai pialang saham di sebuah firma di Wall Street. Dengan cepat, bersama kesuksesan awalnya, ia beradaptasi termasuk ke gaya hidup hedonis yang diajarkan salah satu mentornya (Matthew McConaughey). Sayangnya tak lama kemudian, perusahaan itu bangkrut. Dibantu istrinya Terersa (Cristin Milioti), Belfort yang melamar ke sebuah suburban boiler room, firma-firma kacangan di Long Island menemukan tempat baru yang sesuai dengan bakatnya mensugesti para klien-nya. Donnie Azoff (Jonah Hill), tetangga se-apartemennya segera mengikuti jejaknya menjadi sidekick bersama sahabat-sahabat lama Belfort untuk membuka firma sendiri diatas nama Stratton Oakmont. Sepak terjang mereka tercium oleh Forbes yang lantas memberi julukan ‘The Wolf Of Wall Street’ pada Belfort, meskipun buntutnya juga menarik agen FBI Patrick Denham (Kyle Chandler) untuk menelusuri bisnis scam ini. Bisnisnya semakin berkembang, namun gaya hidupnya sebagai hedonis lantas menarik Belfort masuk kian dalam, termasuk meninggalkan Teresa untuk seorang desainer lingerie Naomi Lapaglia (Margot Robbie) yang berparas jauh lebih wah. Hingga di satu titik tertentu, Belfort menemukan dirinya berada dalam pilihan berat. Menjalani kegilaan ini terus dalam gelimang kekayaan di sekeliling orang-orang yang sama-sama makin tak terkontrol, atau berhadapan dengan segala tuntutan hukum atas bisnis kotornya.

WOWS8

            Sebagai biopik yang diangkat dari memoir tokoh aslinya, memang tak ada yang terlalu spesial dari ‘The Wolf Of Wall Street’. Proyeknya yang tertunda sejak 2007 juga baru menemukan jalan ketika perusahaan independen Los Angeles based Red Granite (juga memproduseri ‘Out Of The Furnace’ kemarin) yang dimotori produser asal Malaysia, Riza Aziz. Hanya saja, di tangan Terence Winter, penulis skrip serial ‘Boardwalk Empire’, durasinya yang mencapai waktu tiga jam, sepak terjang Belfort jadi tergelar dengan luarbiasa menarik, apalagi dengan pengarahan Scorsese yang seperti biasa memoles ‘Wolf’ dengan signature spesialnya, kali ini dengan kegilaan memuncak seolah melepas semua skrup-skrup-nya sebagai storyteller. Seolah mengajak semua pemirsanya ke dalam pesta gila-gilaan, with sex and drugs, like he knew it best, the more he pushed it to the limit, emosinya akan juga semakin melambung, terutama ke gambaran dilematis bahwa dibalik kejahatan finansial itu, pada akhirnya sosok Belfort juga jadi seorang pahlawan bagi komunitasnya, bak seorang modern Robin Hood.

WOWS6

            Penelusurannya tentang fraud/scam activity di stockmarket muncul begitu informatif, jokes-nya keren, dan chemistry karakter-karakternya, seperti yang biasa ada di film-film Scorsese, mengalir dengan mulus bersama adegan-adegan nyeleneh seputar sex and drug addictions yang membuat film dengan penggunaan kata ‘fuck’ terbanyak dalam sejarah sinema ini di-banned di Malaysia dan disensor lebih dari 40 menit di Arab. Selain penggarapan make-up yang cukup detil dalam rentang waktu kisahnya yang cukup panjang, star studded cast di dalamnya juga jadi nilai tambah. Walau tampil singkat, Matthew McConaughey, yang sempat jadi kandidat pemeran Belfort dan tahun ini akan berhadapan dengan DiCaprio sebagai saingan terberatnya sebagai nominee Oscar’s Best Actor, sudah mengantarkan money chant scene-nya yang sangat memorable sambil menepuk-nepuk dada itu. Ada juga Jean Dujardin sebagai bankir Swiss korup Jean Jacques-Saurel, Rob Reiner sebagai ayah Belfort, aktris senior Joanna Lumley (dari serial ‘The New Avengers’), Kyle Chandler, Jon Bernthal, Jon Favreau hingga Jonah Hill yang sukses menyabet nominee Oscar  untuk peran tipikal troublemaker sidekick di film-film Scorsese.

WOWS9

             Diatas semuanya, ada Margot Robbie yang tampil dengan extreme, i mean extreme, babes quality dan tentu saja Leonardo DiCaprio yang menokohkan Belfort dengan intensitas gila-gilaan, termasuk salah satu ultimate scene yang memuat interaksi hebatnya dengan Hill. Meski mungkin tak jauh beda dengan karakter DiCaprio di sejumlah film lain, harus diakui kalau ‘The Wolf Of Wall Street’ tak akan tampil dengan excitement sebagus ini tanpa DiCaprio. At many times, kualitas chemistry DiCaprio dengan ‘The Wolf Of Wall Street’ – Scorsese sudah nyaris menyamai Al Pacino dalam ‘Scarface’ – DePalma. It’s a crime movie with main criminal character, tapi sugesti akting lepas itu terhadap empati penontonnya bekerja dengan luarbiasa, made the audience really root for him.

WOWS3

              So yes, Scorsese lagi-lagi sudah menunjukkan kalau pilihan kolaborasi langganannya dengan sejumlah aktor, dari De Niro ke DiCaprio, bukanlah pilihan asal-asalan. ‘The Wolf Of Wall Streetis truly an immoral tale of life beyond fraudulent activities dimana nyaris semua adegan yang tampil di layar adalah ikon-ikon keburukan yang tabu serta penuh larangan, but I tell you what. Melewatkan waktu 3 jam di depan layar juga jarang-jarang bisa se-menyenangkan ini! (dan)

WOWS10

~ by danieldokter on January 31, 2014.

One Response to “THE WOLF OF WALL STREET : MODERN ROBIN HOOD AND SCORSESE’S LOOSE SCREWS”

  1. […] THE WOLF OF WALL STREET – Martin Scorsese, Leonardo DiCaprio, Riza Aziz, Joey McFarland, Emma Tillinger Koskoff, Producers […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: