THE LEGO MOVIE : EVERYTHING IS AWESOME!

THE LEGO MOVIE

Sutradara : Phil Lord & Chris Miller

Produksi : Warner Animation Group, Animal Logic, Village Roadshow Pictures, Lego System A/S, Vertigo Entertainment, Lin Pictures, Warner Bros, 2014

TLM3

            Menyebut beberapa adaptasi film dari toys lineup, kita mungkin mengenal ‘G.I. Joe’ atau ‘Barbie’. Tapi jangan lupakan Lego. Meski selama ini masih berkutat di homevideo dengan series likeBionicle’, ‘Lego Star Wars’, ‘Lego DC’ atau ‘Marvel Superheroes’, mereka kini merambah ranah layar lebar. Dengan skala yang jelas lebih besar, benturannya pasti ada pada masalah konsep. Bahwa mengangkat sebuah animasi petualangan penuh aksi yang ber-setting di dunia Lego, pasti bukan hal mudah. Bentuk mainan konstruksinya yang sangat basic walaupun kita tahu ada nilai interaksi serta edukasi yang lebih bagi para penggunanya, bisa jadi akan sangat segmented terutama bagi kalangan penonton dewasa yang bukan Lego fans or collectors/builders. Selagi adaptasi mainan lain bisa dengan mudah dipindahkan ke live action, Lego haruslah tetap menjadi Lego.

TLM6

            But hey, nanti dulu. Pilihan yang jatuh pada duo sutradara Phil Lord dan Chris Miller dari franchise animasi ‘Cloudy With A Chance Of Meatballs’ dan ’21 Jump Street’ layar lebar, agaknya membuat ekspektasinya sedikit agak berbeda. Selain artinya ini bakal memunculkan banyak karakter tak terbatas dari lineups mainan berikut sejumlah homage menarik, yang sebagian besar juga based on famous movie characters, susunan voice cast-nya pun bukan main-main. Dari komedian-komedian terkenal Will Ferrell, Will Arnett atau Charlie Day hingga aktor-aktor senior seperti Liam Neeson dan Morgan Freeman serta seabrek voice cameo, trailer-trailer promonya memang sudah terasa sangat menarik. Might be a bit childish, but c’mon. Siapa yang tak tahu Lego construction toys yang counter-nya selalu ada di tiap toko mainan?

TLM9

            Di dunia Lego, kegagalan penyihir Vitruvius (Morgan Freeman) melindungi senjata super ‘Kragle’ dari the evil Lord Business (Will Ferrell) berakhir dengan sebuah ramalan bahwa nantinya akan muncul sosok terpilih bernama ‘The Special’, seorang masterbuilder yang akan menemukan kepingan Lego bernama ‘The Piece Of Resistance’ yang akan mengakhiri semuanya. Tanpa diduga, kepingan misterius ini ditemukan 81/2 tahun setelahnya oleh pekerja konstruksi Emmet Brickowski (Chris Pratt). Hal ini membuat gusar Wyldstyle (Elizabeth Banks), cewek jagoan yang merasa misi ini jadi takdirnya dibalik kenyataan bahwa Emmet tak lebih dari rakyat biasa yang bukan juga seorang ‘masterbuilder’ yang bisa membangun apapun tanpa manual instructions, namun ia tetap menyelamatkan Emmet dari kejaran Bad Cop (Liam Neeson) untuk dibawa pada Vitruvius. Terpaksa menjadi pengawal Emmet, mereka kemudian bergabung dengan Batman (Will Arnett) yang ternyata kekasih Wildstyle, menuju ke Cloud Cuckoo Land buat mengumpulkan pasukan demi mengalahkan Lord Business sekaligus membuka misteri dibalik ramalan itu.

TLM4

            Sekilas, hal terbaik dari ‘The Lego Movie’ tentu ada pada eksplorasi visualnya yang sangat juara. Membangun set dengan konstruksi Lego bercampur polesan efek CGI, tim kreatif dari Animal Logic, Australian based animation company dan Warner Animation benar-benar membuat tampilan visual dari susunan brick serba absurd ini menjadi begitu nyata bak latar animasi CGI live action yang sangat luwes serta cantik, lengkap pula dengan gimmick 3D.

TLM11

            Lantas, tentu saja dengan tampilan karakternya. Meski Emmet dan Wyldstyle tetap menjadi karakter sentralnya, kemunculan banyak karakter Lego terkenal dari Batman, hingga ’80s space astronaut guy’ (Charlie Day), Superman yang disuarakan Channing Tatum, Green Lantern (Jonah Hill), Wonder Woman (Cobie Smulders), bahkan Anthony DanielsBilly Dee Williams yang mengulang karakter mereka di ‘Star Wars’, plus Han Solo yang disuarakan Keith Ferguson jelas sangat menarik. Voice casts lain pun tak kalah keren menghidupkan karakter-karakter Lego-nya, sebagian dengan homage-homage lucu ke universe terpisah, terutama karakter polisi schizophrenic dan Vitruvius the wizard yang masing-masing disuarakan Liam Neeson Morgan Freeman.

TLM7

            But if you look deeper, ada kekuatan terbesar diatas semua dayatarik ‘The Lego Movie’. Lebih dari kekuatan visual, homage serta ensemble voice casts-nya, skrip Lord-Miller berdasar konsep cerita yang ikut ditulis Dan dan Kevin Hageman, dengan cerdas menyelipkan esensi-esensi nyata konsep permainan aslinya yang dipindahkan ke crossover universe antara animasi dan live action sebagai konklusinya. Datang dengan cepat saat apa yang Anda saksikan terasa hampir berakhir sebagai klimaks di tengah adventure serunya, which you won’t see it coming, relevansi konklusi ini terasa begitu spesial bersama metafora-metafora karakter benda dalam kisahnya sendiri. Brought with big morals, an extreme zero to hero with thoughtful conclusion ini sekaligus menyentil para penggunanya termasuk kolektor mainan berbeda secara benar-benar luas serta universal, membuat ‘The Lego Movie’ jadi nyaman dinikmati oleh penonton dewasa serta para kolektornya. Ini jelas bukan sesuatu yang mudah, dengan kadar kecerdasan yang belum tentu bisa tercapai oleh adaptasi permainan lain yang selama ini pernah diangkat ke layar lebar.

TLM5

            Scoring dari Mark Mothersbaugh serta theme song dari Tegan & Sara feat The Lonely Island, ‘Everything Is Awesome’ merupakan kekuatan lain dari ‘The Lego Movie’. Selagi scoring Mothersbaugh terasa cukup majestis mengantarkan feel blockbuster bersama technical effects-nya, theme song earcatchy itu dengan mudahnya melengket di telinga para pemirsanya.  Tak heran kalau pada akhirnya ‘The Lego Movie’ bukan hanya berhasil meraih dua hal yang seringkali tak berjalan beriringan : rekor box office yang tak main-main bersama resepsi bagus dari para kritikus, plus instalmen sekuel yang sudah langsung mendapat lampu hijau dari studionya. Now go see it, coz like the song title, keseluruhan presentasi filmnya pun persis seperti itu. Everything Is Awesome! (dan)

~ by danieldokter on February 20, 2014.

3 Responses to “THE LEGO MOVIE : EVERYTHING IS AWESOME!”

  1. Truly Legostastic !

  2. […] Is Awesome” from THE LEGO MOVIE; Music and Lyric by Shawn […]

  3. […] Is Awesome” from THE LEGO MOVIE; Music and Lyric by Shawn […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: