POMPEII : A SWORD AND SANDAL FORMULAIC DISASTER ADVENTURE

POMPEII

Sutradara : Paul W.S. Anderson

Produksi : Constantin Film, Impact Pictures, 2014

P6

            Bersama arus trend biblical movies yang bakal dimulai ‘Noah’ nanti, Hollywood sepertinya juga tengah menggemari formula sword and sandal movies. However, ‘Pompeii’-nya Paul W.S. Anderson ini bukan merupakan adaptasi dari famous world literature ‘The Last Days Of Pompeii karya Edward Bulwer-Lytton yang sudah berkali-kali diangkat ke film. Dengan interpretasi baru diatas sebuah sajian popcorn yang menjadi trademark Anderson belakangan, hanya latar historikal Pompeii, sebuah kota di zaman Romawi Kuno yang hilang tertimbun bersama letusan gunung Vesuvius di tahun 79 M, yang digunakan menjadi landasannya.

P1

            Menyimpan dendam terhadap prajurit Romawi Corvus (Kiefer Sutherland) yang menghabisi keluarganya, Milo (dewasanya diperankan Kit Harrington) tumbuh menjadi seorang budak milik Graecus (Joe Pingue) yang mengelola pertarungan gladiator. Usaha Milo memberi bantuan pada putri penguasa kota, Cassia (Emily Browning) dan pelayannya Ariadne (Jessica Lucas) membuat Cassia jatuh hati padanya. Namun Cassia dan kedua orangtuanya, Severus (Jared Harris) dan Aurelia (Carrie-Anne Moss) juga tak berdaya melawan keinginan Corvus, yang sekarang menjadi Senator, untuk memperistri Cassia. Milo yang akhirnya menjalin persahabatan dengan rival-nya sesama budak gladiator Atticus (Adewale Akinnuoye-Agbaje) pun berusaha menyelamatkan Cassia, namun bencana letusan gunung Vesuvius juga siap menghadang semuanya di tengah kekacauan itu.

P4

            The truth, ini memang adalah filmnya Paul W.S. Anderson dengan sentuhan popcorn yang sangat kental seperti biasanya. Skrip yang ditulis Janet Scott Batchler, Lee Batchler dan Michael Robert Johnson juga tak sekalipun kelihatan berusaha membuatnya jadi lebih spesial. Di tengah formula-formula klise kisah cinta beda derajat seperti ‘Titanic’ dengan kombinasi historical disaster ditambah sword and sandal action pertarungan gladiator, racikannya tetap memunculkan sebuah kombinasi baru, tak jauh dari karya Anderson sebelumnya yang mempertemukan legenda ‘The Three Musketeers’ dengan gaya steampunk. Namun secara keseluruhan, hasilnya tetap saja serba klise.

P7

            Kesalahan paling fatal dalam ‘Pompeii’ terletak pada pilihan lead-nya. Bukan saja Kit Harrington yang sosok serta otot-ototnya terlihat kurang kokoh menokohkan seorang budak sekaligus gladiator tangguh dibandingkan sidekick-nya yang diperankan Adewale Akinnuoye-Agbaje, Emily Browning juga sangat lemah sebagai female lead-nya. Berkali-kali, aura lead itu malah terdistraksi oleh tampilan fisik Jessica Lucas yang jauh lebih memikat ketimbang Browning. Masih ada beberapa aktor senior seperti Jared Harris, Carrie-Anne Moss dan tentunya Kiefer Sutherland sebagai villain komikal yang wajib ada di tema-tema sejenis, namun tetap tak cukup kuat buat membawa ‘Pompeii’ ke level yang lebih tinggi dibalik emosi tak konsisten yang dimilikinya.

P5

            But however, sebagai tontonan hiburan, ‘Pompeii’ masih punya persyaratan kuat dalam tampilan keseluruhannya. Sinematografi Glen MacPherson yang biasanya juga ikut menggarap film-film Anderson tetap menampilkan kemegahan tersendiri di shot-shot-nya, dan jangan lupakan perempat akhir bagian terbaiknya yang memuat kehancuran Pompeii dengan disastrous CGI effect yang cukup wah. Tampil sebagai penyelamat utama, technical factors ini memang harus diakui muncul dengan cukup solid, membuat ‘Pompeii’ tetap layak buat dinikmati. I don’t believe inguilty pleasures’, but if it really existed, ‘Pompeii’ mungkin adalah salah satunya. (dan)

P3

~ by danieldokter on March 6, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: