AKU CINTA KAMU : PIYU’S ROMANCE ANTHOLOGY

AKU CINTA KAMU

Sutradara : Acha Septriasa, Fajar Nugros, Fajar Bustomi, Piyu Padi

Produksi : Starvision, Indie Picture Productions, Upbeat Publishing, 2014

ACK9

            Sempat jadi trend sesaat di sinema kita, sebuah omnibus kembali hadir. Satu yang unik adalah benang merahnya yang diangkat dari lagu-lagu ciptaan Satriyo Yudi Wahono a.k.a. Piyu dari band Padi. Film kita yang diangkat berdasarkan lagu memang tak banyak. Diantaranya dulu ada ‘Madu Dan Racun’ (1986) dan beberapa film musikal dangdut. Bedanya, yang jadi source disini bukan juga lagu yang tergolong sangat populer, kecuali mungkin bagi penggemar Piyu. Ide yang sebenarnya cukup fresh mengangkat antologi cinta berdasar lagu ciptaannya, apalagi mencatat debut penyutradaraan Piyu sendiri di salah satu selain muncul sebagai cameo di semua segmen, ada juga Acha Septriasa, sayangnya, sama seperti banyak film-film yang menjual lagu yang sudah lebih dulu populer tadi, hasilnya hanyalah sebuah gimmick tanpa pengembangan lebih serius. Skrip yang ditulis oleh Cassandra Massardi lebih terlihat malas-malasan membangun premis yang seharusnya bisa jadi variasi genre yang menarik dibalik judul cantik yang diusungnya.

Firasatku (Acha Septriasa)

ACK2

            Menjelang pernikahannya dengan Randu (Rio Dewanto), Sita (Acha Septriasa) kian merasa bahwa Randu sepele dengan rencana pernikahan mereka. Selagi Sita ingin semuanya sempurna, Randu terlihat cuek dan lebih mementingkan kesibukan pribadinya. Firasat Sita atas adanya orang ketiga dalam hubungan mereka lantas memuncak kala ia mendapati Randu menyambangi seorang model bernama Rani (Fanny Fabriana) di depan matanya sendiri.

ACK3

            Sedikit mengejutkan, segmen yang menjadi debut penyutradaraan Acha Septriasa dan ditempatkan paling awal ini justru merupakan segmen terbaik dari omnibus ini. Tak ada yang terlalu istimewa dari akting Acha, Rio dan Fanny, namun selain setup-setup penceritaannya cukup efektif, romantic twist klise di penghujungnya juga tak jadi merusak bangunan keseluruhannya.

Cinta Adalah (Fajar Nugros)

ACK5

            Seorang pemain sepak bola naturalisasi yang tengah naik daun, Kim (Kim Kurniawan) mendapatkan bahwa tetangganya, Raisa (Eriska Rein) terobsesi pada dirinya. Walau Kim hanya menganggapnya tak lebih dari sahabat, Raisa terus menunjukkan kesetiaannya mendampingi Kim, hingga ketika sebuah kecelakaan terjadi pada Kim bersama kehadiran perawat cantik Yudith (Martina Tesela) ke dalam kehidupannya.

ACK4

            Segmen ini sebenarnya punya potensi sangat berbeda dalam variasi genre-nya, namun sayangnya, skrip Cassandra terlihat berantakan menyusun konflik-konfliknya. Kerap dipenuhi lagi-lagi ketidakwajaran bangunan karakternya sejak awal, storytelling Fajar Nugros pun jadi terlihat tak lancar. Debut akting Kim Kurniawan sama sekali tak spesial dalam meng-handle porsinya sebagai lead, sementara Eriska Rein juga terasa miscast dalam penerjemahan perannya sebagai wanita penuh obsesi. Sayang sekali.

Sakit Hati (Fajar Bustomi)

ACK6

            Gerry (Giorgino Abraham) yang sejak SMU sangat dekat dengan Lisa (Pevita Pearce) mengikat sebuah janji. Sayang usaha Gerry untuk menunaikan janjinya ternyata sama sekali tak disukai Lisa. Konflik diantara mereka semakin berkembang ketika Lisa mulai terjerat oleh pergaulan yang makin jauh dari kesederhanaan Gerry. Dalam sakit hatinya, Gerry mulai menggeluti bakatnya menciptakan lagu dengan serius, hingga satu saat, Lisa ingin kembali dalam kehidupannya.

ACK1

            Segmen terparah diantara keempatnya. Bukan saja premis menye-menye yang serba instan dan dangkal menerjemahkan lagunya dan sudah berulang kali muncul dalam film kita sejak puluhan dekade lalu, bangunan karakternya lagi-lagi serba tak konsisten. Dialog-dialognya, walaupun mungkin dimaksudkan untuk membidik sasaran penonton belia, tak kalah cemen dengan emosi akting terutama Pevita yang jatuhnya malah jadi sangat datar, meninggalkan keseluruhan segmennya bagaikan sebuah videoklip panjang tanpa niat lebih.

Jernih (Piyu)

ACK8

            Mengakhiri antologinya dengan genre komedi, Piyu yang turun tangan sebagai sutradara mengisahkan tentang love at first sight pedagang dvd bajakan asongan Tora (Dimas Anggara) pada wanita cantik Elena (Manohara Odelia). Tas yang tertukar dalam insiden perkenalan itu lantas menempatkan Tora dan rekannya, Gofar (Gofar Hilman) terjebak dalam intrik mafia ormas yang dikepalai Haji Joe (Joe P Project), yang notabene adalah tunangan Elena.

ACK7

            Comedy effort dibalik premisnya sebenarnya menarik, namun lagi-lagi, selain skrip, karakterisasi serta setup yang lemah, karakter utama yang diperankan Dimas Anggara benar-benar terasa miscast seperti banyak kasus sama dalam FTV-FTV kita. Semua pendukungnya yang hadir dengan lawakan-lawakan garing seakan benar-benar tak sanggup menciptakan comedic chemistry dengan Joe P Project yang jadinya terlihat asyik melawak seorang diri.

            Jadi begitulah. Sempat tertunda dari rencana rilis awalnya memeriahkan Valentine’s Day tahun ini, jauh dari judul universal yang dipilih untuk mendeskripsikan romance anthology dengan konsep fresh yang sebenarnya bisa jadi sangat menarik dalam beda-beda genre-nya, ‘Aku Cinta Kamu’ pada akhirnya hanya menyisakan segmen awal ‘Firasatku’ sebagai satu-satunya yang cukup baik. Bahkan penggarapan teknisnya tak lagi bisa menyelamatkan keseluruhannya. Kita tak akan pernah tahu sejauh mana Piyu pada akhirnya bisa nyaman dengan hasilnya, secara omnibus ini jelas punya kepentingan besar terhadap eksistensinya sebagai pemusik terkenal yang mulai merambah film layar lebar, tapi ini, lagi-lagi, sayang sekali. (dan)

~ by danieldokter on March 17, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: