BRICK MANSIONS : PAUL WALKER’S LAST COMPLETED LEGACY

BRICK MANSIONS
Sutradara : Camille Delamarre
Produksi : EuropaCorp, Canal+, Ciné+, D8, 2014

BM10

Whether you like it or not, ini adalah sebuah persyaratan pasti. Action luar Hollywood yang bagus atau groundbreaking jelas merupakan komoditas remake yang bagus bagi Hollywood. Tapi ini lain lagi ceritanya. Bukan merupakan produk Hollywood tapi hanya menggunakan beberapa cast-nya untuk bisa lebih kelihatan Hollywood dalam menembus pasar AS dan internasional.

BM2

And so, ‘Brick Mansions’ memang adalah French-Canadian remake Luc Besson sendiri dari French action hit-nya tahun 2004, ‘District 13’, a.k.a. ‘B13 / Banlieue 13’ yang juga sudah berlanjut ke sekuelnya, ‘B13-Ultimatum’ di tahun 2009. Tak hanya Besson tetap duduk di kursi produser dan penulis, David Belle, aktor dan action choreographer Perancis yang sekaligus salah seorang penemu Parkour tetap jadi pentolannya, dan sutradara debutan Camille Delamarre juga sejak lama merupakan editor di banyak film-film Luc Besson. But more than that,Brick Mansions’ menjadi terasa jauh lebih penting karena inilah film terakhir yang sempat dirampungkan Paul Walker sebelum kecelakaan maut yang merenggut nyawanya itu.

BM1

In Detroit’s near future, sebuah kawasan kumuh terbuang kini menjadi area bagi sekelompok kriminal paling berbahaya bersama populasi kaum marjinalnya hingga diisolir dengan dinding raksasa oleh petugas hukum. Namun sebuah transaksi obat bius milik drug kingpin Tremaine (RZA) yang berjalan kacau berujung pada sebuah pencurian bom atom dibalik rencana penghancuran kota akhirnya mempertemukan ex-con Lino (David Belle), salah satu kontak Tremaine, dengan polisi undercover Damien Collier (Paul Walker) yang sejak lama ingin meringkus Tremaine atas dendam masa lalunya.

BM5

Mostly if you’ve seenDistrict 13’, memang hampir tak ada yang istimewa dari remake ini. Kecuali opening sequence-nya yang meski hampir merupakan shot-to-shot remake dari banyak parkour action scenes di ‘District 13’ yang di tahun 2004 masih terasa benar-benar fresh, masih sedikit menyisakan atraksi-atraksi baru yang tetap seru, skrip Luc Besson yang kini turut digarap Robert Mark Kamen sayangnya memilih buat lebih menonjolkan buddy theme antara Walker dan Belle ketimbang meng-update action scenes-nya ke level baru.

BM7

Kelemahan ini juga terasa dengan penempatan RZA sebagai karakter antagonist with a twist-nya. Walaupun sosok RZA dengan aura rapper dan kegemarannya terhadap martial arts akan bekerja bagi sebagian orang, ia sama sekali tak bisa menyamai penampilan Bibi Naceri di ‘District 13’ yang sebenarnya merupakan salah satu penggagas film aslinya bersama Luc Besson (Naceri ikut menjadi penulis di film aslinya). Penampilan Aylia Issa sebagai Rayza, a black fierce female villain yang sangat komikal justru lebih sejalan dengan tema keseluruhannya, bersama interaksinya dengan Catalina Denis, pemeran love interest Walker termasuk di sebuah adegan catfight yang lumayan seru.

BM4

Begitupun, chemistry Walker dan Belle yang dimulai dengan lemah terasa semakin baik ke bagian-bagian pengujungnya. Tak sebaik chemistry Belle dan Cyril Raffaelli di source orisinilnya maupun Walker ke lawan-lawan mainnya di sejumlah Hollywood hits-nya, juga sedikit menahan kesempatan Belle agar tak sampai melebihi porsi Paul Walker, namun paling tidak, unlikely match ini terlihat menarik dengan batas-batas spesialisasi kemampuan masing-masing.

BM3

So begitulah. Sebagai sebuah remake, ‘Brick Mansions’ memang terasa sangat tak kreatif. Terbatas hanya seperti copy-paste substance dari source aslinya yang jauh lebih memorable itu, wujud keseluruhannya juga tetap terasa lebih Perancis sehingga tak jauh beda dari ‘District 13’. Yang paling berharga tentulah penampilan final Paul Walker yang memang ter-handle cukup efektif menunjukkan potensi lebihnya sebagai seorang action hero yang layak untuk terus dikenang. As his last completed legacy, don’t ever take it too seriously. Just sit back and enjoy the actions. (dan)

 

~ by danieldokter on May 11, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: